Terbit: 20 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Nutriflam obat apa? Nutriflam adalah obat yang digunakan untuk meredakan peradangan dan sekresi lendir vagina (keputihan). Obat nutriflam mengandung tiga jenis kandungan yang berbeda, yaitu serratiopeptidase, pankreatin, dan lechitin. Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan melalui ketiga jenis kandungan itu.

Nutriflam – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat nutriflam termasuk informasi tentang indikasi nutriflam, kontraindikasi nutriflam, bentuk sediaan nutriflam, manfaat nutriflam, dosis nutriflam, dan efek samping nutriflam.

  • Nama: Nutriflam
  • Kelas Terapi: Antiinflamasi
  • Kandungan Obat: Serratiopeptidase, Pankreatin, dan Lechitin

Indikasi Nutriflam

Penggunaan obat nutriflam hanya bisa diberikan untuk para pasien atau konsumen yang memiliki peradangan. Peradangan yang bisa diredakan dengan menggunakan obat nutriflam adalah peradangan yang diakibatkan oleh infeksi atau peradangan yang terjadi karena telah menjalani tindakan operasi.

Sering kali, wanita yang memiliki keluhan lendir vagina atau keputihan mendapat resep nutriflam dari dokter. Keputihan disebabkan karena adanya peradangan di dalam vagina. Kandungan obat nutriflam memang bisa mengatasi keputihan yang merupakan radang akibat infeksi jamur.

Kontraindikasi Nutriflam

Obat nutriflam tidak memiliki kontraindikasi secara khusus. Adapun kontraindikasi terhadap nutriflam dimiliki oleh para pasien atau konsumen yang alergi atau hipersensitif terhadap kandungan obat nutriflam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Para pasien yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap serratiopeptidase, pankreatin, dan lechitin tidak bisa mengonsumsi obat nutriflam. Hal ini bisa memicu adanya reaksi alergi. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk memastikan Anda aman dan tidak memiliki alergi dengan kandungan nutriflam.

Bentuk Sediaan Nutriflam

Obat nutriflam yang ada di pasaran hanya memiliki satu bentuk sediaan. Nutriflam yang dikemas secara modern memiliki bentuk sediaan kapsul. Bentuk sediaan kapsul menunjukkan bahwa obat nutriflam digunakan secara oral.

Manfaat Nutriflam

Ada beberapa manfaat nutriflam yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi obat nutriflam sesuai petunjuk dan dosis yang dianjurkan. Manfaat nutriflam yang utama adalah untuk meredakan peradangan yang ditimbulkan oleh infeksi jamur.

Peradangan ini biasanya terjadi setelah melakukan operasi. Obat nutriflam juga bermanfaat untuk mengatasi keputihan yang merupakan produksi dari adanya peradangan pada vagina karena jamur.

Melalui kandungan obat nutriflam, manfaat yang ada tidak hanya terbatas untuk mengatasi peradangan atau infeksi saja. Ada manfaat lain yang bisa didapatkan karena kandungan lain pada obat nutriflam. Manfaat nutriflam yang lain adalah untuk mengencerkan dahak dan juga bisa melancarkan proses pencernaan.

Pemberian obat nutriflam kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak kecil juga perlu berhati-hati. Janganlah mengonsumi obat nutriflam apabila Anda sedang hamil atau menyusui sebelum berkonsultasi dengan dokter. Hal ini juga penting untuk diperhatikan sebelum memberikan obat nutriflam kepada anak kecil.

Dosis Nutriflam

Setiap pasien yang ingin mengatasi masalah atau keluhan yang sedang dialaminya maka harus memperhatikan dan mematuhi dosis nutriflam yang tertera pada kemasan atau atas anjuran dokter. Selain tidak mendapatkan manfaat, Anda juga bisa memiliki efek samping tertentu apabila minum obat nutriflam dengan dosis yang tidak sesuai.

Dosis nutriflam untuk orang dewasa adalah 1 kapsul sebanyak 3 kali sehari. Pengonsumsian obat nutriflam dilakukan setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi pada lambung. Dosis nutriflam tersebut bisa jadi berbeda dengan anjuran dokter. Penting juga untuk selalu melihat dosis yang tertera pada kemasan.

Efek Samping Nutriflam

Obat nutriflam tidak memiliki efek samping yang khusus dan terlalu banyak. Efek samping nutriflam yang pasti adalah reaksi alergi bagi pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap salah satu atau beberapa kandungan obat nutriflam.

Efek samping nutriflam yang diakibatkan oleh adanya alergi adalah berupa gatal-gatal, ruam kulit, sakit kepala, sesak napas, mual, muntah, dan mengalami pembengkakan pada wajah , mata, dan bibir. Hentikanlah dan segeralah mengunjungi dokter untuk segera mendapatkan bantuan medis.

Anda juga perlu tahu bahwa obat nutriflam bisa menimbulkan diare dan iritasi pada mulut. Selain karena alergi, efek samping nutriflam juga bisa dikarenakan pengonsumsi obat nutriflam dalam jumlah berlebih atau overdosis. Efek samping overdosis obat nutriflam berupa peningkatan asam urat dan kerusakan pada usus.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi