Terbit: 8 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Nofebril adalah obat parasetamol dalam sediaan intravena (IV) atau injeksi dan infus untuk meredakan nyeri dalam kondisi darurat. Ketahui kandungan Nofebril, manfaat, efek samping, penggunaan obat, dll.

Nofebril: Fungsi, Dosis, Aturan Penggunaan, dll

Rangkuman Informasi Obat Nofebril

 Nama Obat  Nofebril
 Kandungan Obat  Parasetamol
 Kelas Obat  Analgesik (Non Opiat) & Antipiretik
 Kategori Obat  Obat resep
 Manfaat Obat  Mengatasi nyeri sedang
 Kontraindikasi Obat  Hipersensitif pada Parasetamol atau Proparasetamol.
 Sediaan Obat  Intravena (IV): injeksi atau infus
 Harga Obat  Nofebril lar infus 10 mg/mL

Kandungan Nofebril adalah paracetamol yang tersedia hanya dalam bentuk cairan injeksi atau infus dan merupakan obat resep. Sementara itu, konsultasi pada dokter atau apoteker Anda tentang harga Nofebril.

Nofebril Obat Apa?

Nofebril adalah obat untuk mengatasi nyeri sedang seperti demam, sakit kepala, atau nyeri tubuh. Obat ini mengandung paracetamol dalam bentuk cair yang diberikan dengan cara injeksi atau infus. Obat ini digunakan untuk pasien yang membutuhkan obat pereda nyeri namun tidak dapat menggunakan obat oral karena kondisi darurat tertentu.

Umumnya, injeksi paracetamol dalam bentuk injeksi intravena (IV) diberikan untuk pasien pasca operasi. Obat ini langsung diinjeksikan ke pembuluh darah vena dengan jarum atau kateter IV. Obat injeksi akan langsung masuk ke dalam tubuh untuk hasil pengobatan yang lebih cepat menyerap ke tubuh.

Pemberian obat dalam bentuk intravena (suntik atau injeksi) hanya dapat dilakukan oleh dokter atau tenaga medis profesional. Dokter juga akan mengatur dosis dan jadwal pemberian obat intravena tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Baca Juga: Acetaminophen (Paracetamol): Manfaat, Dosis, Efek Samping

Merek Dagang Nofebril

Nama generik Nofebril adalah paracetamol. Obat paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, sirup, drops, infus, dan suppositoria. Sementara obat Nofebril hanya tersedia dalam bentuk intravena (IV) atau cairan injeksi dan suntik.

Fungsi Obat Nofebril

Obat dengan kandungan paracetamol (acetaminophen) digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang, seperti demam atau rasa sakit pada tubuh. Umumnya, obat paracetamol infus digunakan untuk keadaan darurat bila pasien tidak dapat menggunakan obat oral untuk meredakan nyeri.

Peringatan Obat Nofebril

Harap perhatikan beberapa peringatan penting ini sebelum menggunakan obat paracetamol (IV), sebagai berikut:

  • Beritahu dokter bila Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat paracetamol.
  • Beritahu dokter bila Anda memiliki riwayat alergi obat analgesik (non opiat) dan antipiretik lainnya.
  • Obat infus paracetamol hanya dapat diberikan oleh dokter atau petugas medis sesuai dengan prosedur dan kebutuhan pasien.
  • Obat infus paracetamol hanya digunakan sebagai pereda nyeri dalam keadaan darurat.
  • Dokter Anda akan menentukan apakah paracetamol aman untuk Anda gunakan selama kehamilan, sedang menyusui, atau berencana untuk hamil.
  • Jangan gunakan obat infus paracetamol tanpa saran dokter.
  • Obat ini tidak dapat digunakan untuk anak di bawah 2 tahun.

Dokter akan memberikan infus paracetamol sesuai dengan dosis dan durasi interval infus yang dibutuhkan.

Interaksi Obat Nofebril

Interaksi obat adalah reaksi pada tubuh akibat Anda menggunakan dua obat atau lebih di saat yang sama tanpa panduan dari dokter. Hasil dari interaksi obat umumnya menguatkan atau melemahkan salah satu atau kedua kandungan obat, kemudian ada risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Sementara itu, obat infus paracetamol akan memicu interaksi obat bila digunakan secara bersamaan dengan obat lain seperti probenesid, salisilamid, dan antikoagulan oral. Beritahu dokter bila Anda sedang menggunakan obat, herbal, suplemen, atau vitamin lain sebelum menggunakan obat ini.

Efek Samping Nofebril

Berikut ini beberapa efek samping obat Nofebril yang mungkin terjadi:

  • Tidak enak badan.
  • Reaksi hipersensitivitas.
  • Trombositopenia, trombosit darah rendah.
  • Leukopenia, jumlah sel darah putih rendah.
  • Neutropenia, jumlah sel yang sangat rendah.
  • Hipotensi, tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg.
  • Peningkatan transaminase, peningkatan sekelompok enzim.

Efek samping lain yang tidak tercantum dalam informasi ini mungkin terjadi. Setiap orang mungkin memiliki reaksi lain terhadap suatu obat.

Baca Juga: 12 Obat Penting di Kotak Obat dan Obat Nyeri dan Demam: Paracetamol

Dosis Obat Nofebril

Dosis setiap orang berbeda-beda tergantung pada:

  • Usia.
  • Jenis kelamin.
  • Tingkat keparahan penyakit.
  • Kondisi kesehatan saat ini.
  • Reaksi tubuh pada dosis pertama.

Berikut ini informasi tentang dosis obat infus paracetamol untuk mengatasi nyeri sedang:

  • Dewasa/Remaja BB >50 kg: Dosis 1 gram sehari dengan 4 kali per hari dengan interval sekurang-kurangnya 4 jam. Dosis maksimal 4 gram per hari.
  • Dewasa/Remaja <50 kg atau >33 kg: Menggunakan dosis 15 mg/kg BB dalam interval sekurang-kurangnya 4 jam. Dosis maksimal 3 gram per hari.

Dokter akan menentukan dosis dan waktu interval infus sesuai dengan gejala nyeri yang Anda alami. Informasi ini tidak menggantikan konsultasi dokter secara langsung.

Cara Pakai Nofebril

Menggunakan obat intravena (IV) injeksi atau infus hanya dapat dilakukan oleh dokter. Dokter akan mencari pembuluh darah vena di tangan Anda lalu memasukan obat infus menggunakan jarum atau kateter.

Sementara untuk infus paracetamol, biasanya digunakan sebagai perawatan jangka pendek dengan interval infus sekitar 3-4 jam. Tanyakan apoteker atau dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar penggunaan infus atau injeksi paracetamol  ini.

Petunjuk Penyimpanan Nofebril

Pada dasarnya, Anda tidak dapat membawa pulang dan menyimpan infus/injeksi paracetamol di rumah kecuali dalam keadaan darurat dan dokter sudah memberitahu Anda cara menggunakan intravena (IV) paracetamol. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyimpan obat lain.

Disarankan untuk tidak menyimpan obat sembarangan karena akan mengurangi kinerja obat. Perhatikan petunjuk penyimpanan salep berikut ini:

  • Jangan menyimpan obat di tempat yang terpapar matahari langsung, lembap, atau berair.
  • Sebaiknya simpan obat di suhu 30°C. Simpan obat di tempat yang sejuk dan kering.
  • Simpan obat di kotak P3K khusus. Bila tidak ada, simpan obat di laci yang tertutup.
  • Gunakan jarum suntik untuk satu kali pakai. Setelah selesai, segera buang jarum suntik yang sudah tidak bisa digunakan lagi.
  • Jangan membuang obat sembarangan karena akan mencemari lingkungan.
  • Tanyakan apoteker Anda tentang instruksi penyimpanan obat dan cara membuang obat yang lebih spesifik.

Itulah pembahasan lengkap tentang kandungan Nofebril. Obat intrvena (IV) infus atau injeksi ini digunakan untuk meredakan nyeri dalam keadaan darurat. Informasi ini tidak menggantikan konsultasi langsung dengan dokter.

 

  1. Drugs. 2020. Acetaminophen. https://www.drugs.com/acetaminophen.html. (Diakses pada 8 Agustus 2020).
  2. MIMS. 2020. Nofebril. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/nofebril?type=brief&lang=id. (Diakses pada 8 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi