Myco Z – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-myco-z-doktersehat
Photo source: Womantalk.com

DokterSehat.Com – Myco Z obat apa? Myco Z adalah obat antijamur dengan bentuk sediaan krim yang bisa mengobati dan mencegah jamur yang tumbuh di kulit. Obat myco z termasuk ke dalam kelompok obat antijamur yang mengandung nistatin dan seng oksida. Penggunaan obat myco z tidak bisa untuk semua infeksi jamur pada vagina.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat myco z termasuk informasi tentang indikasi myco z, kontraindikasi myco z, bentuk sediaan myco z, manfaat myco z, dosis myco z, dan efek samping myco z.

  • Nama: Myco Z
  • Kelas Terapi: Infeksi » Antijamur
  • Monografi Obat: Nistatin dan Seng Oksida

Indikasi Myco Z

Obat myco z bisa digunakan untuk pasien atau konsumen yang memiliki infeksi jamur. Infeksi jamur tersebut biasa disebut infeksi mikotik kutaneus. Infeksi jamur ini disebabkan oleh candida albikans. Beberapa contoh infeksi mikotik kutaneus adalah intertrigo, lecet pada kulit, mikosis, interdigitalis, ruam popok, dan lainnya.

Kontraindikasi Myco Z

Obat myco z memiliki kontraindikasi yang membuat pasien tidak bisa menggunakannya. Pasien atau konsumen yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan nistatin dan seng oksida tidak bisa memakai obat myco z. Hal ini dikarenakan bisa mengakibatkan tanda-tanda alergi.

Pasien yang alergi dengan seng, dimethicone, lanolin, minyak ikan cod, paraben, lili, minyak, dan mineral juga tidak bisa menggunakan obat myco z karena ada kandungan seng oksida yang juga bisa memicu reaksi alergi.

Selain itu, bayi, ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya menggunakan obat myco z setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Penggunaan obat myco z pada bayi harus di bawah pengawasan dokter. Pada wanita yang sedang melakukan program hamil, sebaiknya memberi dokter apabila Anda sedang memakai obat myco z.

Bentuk Sediaan Myco Z

Myco z tersedia dalam bentuk sediaan topikal, yaitu berupa salep atau krim. Obat myco z dijual di dalam kemasan modern dengan berat bersih 10 gram. Di dalam setiap myco z pada kemasan tersebut mengandung nistatin sebanyak 100000 u dan seng oksida sebanyak 200 mg.

Manfaat Myco Z

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan obat myco z. Kandungan nistatin topikal yang dikombinasikan dengan seng oksida membuat beberapa manfaat dikemas di dalam obat myco z.

Manfaat myco z adalah untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur pada kulit Anda. Akan tetapi, meskipun disebabkan oleh jamur, penggunaan obat myco pada area kelamin yang terkena infeksi jamur tidak bisa dilakukan. Contohnya, infeksi jamur pada vagina tidak bisa dilakukan walaupun disebabkan oleh jamur.

Kandungan nistatin di dalam obat myco z bisa mendatangkan beberapa manfaat. Manfaat myco lainnya adalah bisa  mengobati beberapa infeksi jamur atau lebih tepatnya adalah infeksi mikotik kutaneus. Beberapa contoh infeksi mikotik kutaneus di antaranya adalah intertrigo, lecet pada kulit, mikosis, interdigitalis, ruam popok, dan lainnya.

Obat myco z yang juga mengandung seng oksida membuat myco z bermanfaat untuk mengobati luka bakar tingkat ringan dan iritasi kulit tingkat ringan , ruam popok, mengobati rasa gatal, dan kulit pecah-pecah.

Dosis Myco Z

Manfaat myco z bisa Anda dapatkan apabila menggunakan obat myco z dengan dosis yang sesuai anjuran baik anjuran dokter maupun dosis yang tertera pada kemasan. Dosis myco z yang umumnya dianjurkan adalah 2-4 kali olesan dalam sehari.

Akan tetapi, dosis myco z ini bisa saja berbeda dengan dosis myco z yang Anda dapatkan setelah berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dikarenakan dokter menganjurkan dosis myco z yang lebih tepat berdasarkan keluhan Anda dan karakteristik Anda.

Efek Samping Myco Z

Sama seperti obat lainnya yang memiliki efek samping, obat myco z juga memiliki efek samping tertentu. Efek samping myco z bisa mengakibatkan terjadinya iritasi. Apabila terjadi iritasi maka sebaiknya segera hentikan penggunaan obat myco z.

Efek samping myco z yang mungkin terjadi bisa disebabkan sebagai reaksi alergi terhadap kandungan nistatin atau seng oksida yang ada di dalam obat myco z. Selain iritasi, efek samping myco z lainnya karena alergi bisa menyebabkan kulit terasa gatal.

Penggunaan obat myco z sebaiknya dihentikan apabila Anda mengalami reaksi alergi seperti ruam, gatal, nyeri, dan iritasi. Berhati-hatilah di dalam menggunakan obat myco z agar tidak sampai tertelan.

Obat myco z yang tertelah bisa menyebabkan Anda mengalami efek samping myco z yang lebih serius, yaitu seperti iritasi mulut dan tenggorokan, diare, mual, muntah, sakit perut, demam, dan bahkan bisa menimbulkan gejala jaundice berupa mata dan kulit yang menjadi berwarna kuning.

 

 

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com