Terbit: 21 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Moloco B12 obat apa? Moloco B12 adalah obat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Obat moloco b12 termasuk obat yang dijual bebas tetapi sebaiknya digunakan atas resep dokter.

Moloco B12 – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat moloco b12 termasuk informasi tentang bentuk sediaan moloco b12, indikasi moloco b12, kontraindikasi moloco b12, manfaat moloco b12, dosis moloco b12, dan efek samping moloco b12.

  • Nama: Moloco B12
  • Kelas Terapi: Hipogalaktia Primer dan Sekunder
  • Monografi Obat: Vitamin B12 dan Ekstrak Plasenta

Bentuk Sediaan Moloco B12

Moloco b12 tidak hanya tersedia di apotek-apotek rumah sakit saja. Obat moloco b12 juga dijual oleh pihak-pihak tertentu. Bentuk sediaan obat moloco b12 hanya terdiri dari satu jenis saja, yaitu tablet salut gula.

Kandungan obat moloco b12 terdiri dari vitamin b12 dan ekstrak plasenta. Ekstrak plasenta di dalam obat moloco b12 mengandung beberapa hormon penting seperti estrogen, progesteron, prolaktin, dan oksitosin.

Setiap satu tablet salut gula mengandung vitamin b12 sebanyak 20 mcg dan ekstrak plasenta sejumlah 15 mg. Satu strip moloco b12 mengandung 10 tablet dan satu dus mengandung 6 strip.

Apabila Anda sudah memiliki obat moloco b12 atau berencana untuk membelinya maka simpanlah obat tersebut di tempat yang kering dan terlindung dari cahaya. Hal ini bertujuan agar sifat kimia kandungan moloco b12 tidak mengalami perubahan.

Berapa Harga Moloco B12?

Obat moloco b12 yang dijual bebas di pasaran bisa per tablet, strip, atau per dus. Harga jualnya pun juga beragam tergantung pada keputusan penjual. Moloco b12 dibanderol dengan harga Rp3.900 hingga Rp4.200/tablet.

Harga moloco b12 per strip sekitar Rp38.000 hingga Rp42.000/strip atau 10 tablet. Dengan begitu, harga moloco b12 untuk satu dus memiliki kisaran 200 ribuan rupiah. Anda bisa melakukan survei harga secara online ataupun offline.

Beli obat Moloco B12 aman dan asli di sini!

Indikasi Moloco B12

Penggunaan obat moloco b12 memiliki indikasi tertentu dan tidak boleh digunakan jika tidak memiliki indikasi tersebut. Pasien boleh menggunakan obat moloco b12 jika Anda adalah seorang ibu menyusui yang ingin meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

Ibu menyusui biasanya mengalami hipogalaktia primer dan sekunder. Hipogalaktia adalah sebuah kondisi di mana seorang perempuan memiliki produksi ASI yang sedikit. Kandungan vitamin b12 dan beberapa hormon dapat membantu melancarkan ASI.

Kandungan vitamin b12 atau sianokobalamin di dalam obat moloco b12 memiliki indikasi lainnya. Ibu menyusui yang juga mengalami anemia megaloblastik cocok untuk mengonsumsi obat moloco b12.

Kandungan di dalam moloco b12 tidak hanya akan meningkatkan produksi ASI melainkan juga dapat mengatasi masalah kekurangan vitamin B12. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat moloco b12.

Kontraindikasi Moloco B12

Obat moloco b12 juga memiliki kontraindikasi tertentu. Ibu hamil tidak boleh memakai moloco b12. Pasien yang pernah memiliki riwayat alergi terhadap vitamin b12 dan ekstrak plasenta yaitu hormon-hormon tertentu juga tidak boleh menggunakan obat moloco b12.

Hal ini dikarenakan riwayat alergi dapat memicu terjadinya beberapa tanda reaksi alergi. Apabila Anda memiliki gangguan hati dan ginjal maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum menggunakan moloco b12.

Manfaat Moloco B12

Obat moloco b12 memiliki manfaat yang cukup jelas. Manfaat moloco b12 adalah untuk merangsang hormon tertentu yang berperan terhadap peningkatan produksi ASI. Moloco b12 juga memiliki manfaat yang tak disebutkan yaitu bisa mengatasi kekurangan vitamin b12.

Moloco B12 Halal?

Memang tersiar kabar mengenai kontroversi kehalalan obat moloco b12. Para ibu menyusui terutama yang beragama Islam pun merasa ragu untuk menggunakan moloco b12 sebagai obat pelancar ASI.

Isu haram terhadap moloco b12 sempat mencuat. Tudingan sebagai obat yang haram itu dilontarkan karena adanya kandungan ekstrak plasenta yang ada di dalam obat moloco b12. Namun, hingga kini, kontroversi tersebut masih menjadi misteri.

Hal ini dikarenakan pihak produsen obat moloco b12 masih belum memberi tahu plasenta apa yang digunakan untuk memproduksi molocco b12. Apabila plasenta yang digunakan adalah plasenta manusia maka obat moloco b12 sudah jelas haram.

Akan tetapi, jika plasenta yang dipakai adalah plasenta hewan maka ada selisih pendapat terkait kehalalannya. Sayangnya, sampai kini konsumen masih belum tahu moloco b12 halal atau tidak.

Kondisi tersebut merisaukan konsumen dan akhirnya banyak konsumen yang meninggalkan penggunaan obat moloco b12. Kegelisahan ini semakin menjadi karena produsen dari produk obat moloco b12 masih belum mengantongi sertifikat halal.

Anda bisa membuktikannya sendiri dengan memeriksa di situs LPPOM MUI. Anda pasti kesulitan menemukan obat moloco b12 sebagai suplemen yang masuk ke dalam daftar suplemen halal.

Dosis Moloco B12

Pemakaian obat moloco b12 harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis moloco b12 adalah 1 tablet sebanyak 3 kali dalam sehari selama masa menyusui. Obat moloco b12 sebaiknya diminum setelah makan.

Moloco B12 Efek Samping nya Apa?

Obat moloco b12 yang digunakan memiliki efek samping tertentu. Pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan moloco b12 akan mendapatkan efek samping berupa reaksi alergi.

Orang-orang yang mengalami reaksi alergi akibat obat moloco b12 efek samping nya berupa sakit kepala atau pusing, mual, muntah, sesak napas, gatal-gatal, dan ruam. Efek samping moloco b12 bisa berakibat fatal jika digunakan oleh ibu hamil.

Hentikan penggunaan obat moloco b12 jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi tersebut. Ibu hamil yang memakai moloco b12 akan mengalami kontraksi rahim bahkan bisa mengakibatkan pendarahan.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi