Terbit: 19 September 2018 | Diperbarui: 8 Juli 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mefinal adalah obat untuk atasi nyeri dan peradangan. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang Mefinal obat apa, indikasi, kontraindikasi, bentuk sediaan, manfaat, dosis, efek samping, dan harga obat.

Mefinal: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, Harga, dll

Rangkuman Informasi Obat Mefinal

Nama Obat Mefinal
Kandungan Obat Asam mefenamat (mefenamic acid)
Kelas Obat Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs) atau Obat Anti Inflamasi Nonsteroid (NSAID)
Kategori Obat resep
Manfaat Obat Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap turunan dihydropyridine, amlodipine, atau salah satu komposisi obat. 
Sediaan Obat Kaplet 250 mg dan 500 mg 
Harga amlodipine Rp1.700/tablet Mefinal 500 mg

*Harga obat mungkin berbeda di setiap apotek.

Mefinal Obat Apa?

Mefinal adalah obat yang mengandung asam mefenamat yang biasa digunakan untuk mengatasi peradangan atau rasa nyeri ringan hingga sedang. Obat ini merupakan obat analgesik yang termasuk ke dalam kelompok obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID).

Cara kerja obat asam mefenamat untuk meredakan peradangan adalah dengan mengurangi hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit di dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah bisa mengurangi rasa nyeri karena sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, nyeri haid, dan gejala nyeri ringan hingga sedang lainnya.

Pasien atau konsumen yang memiliki rasa nyeri akibat trauma dan setelah menjalani operasi tertentu juga bisa mendapatkan manfaat asam mefenamat. Namun, khusus pasien yang menjalani operasi CABG tidak bisa mendapatkan manfaat asam mefenamat dan malah sebaliknya akan mengalami kontraindikasi.

Merek Dagang Mefinal

Mefinal adalah merek dagang obat dari manufaktur Sanbe. Obat ini tersedia dalam bentuk sediaan berupa kaptabs salut selaput, terdiri dari dua jenis kandungan asam mefenamat yaitu 500 mg dan 250 mg.

Indikasi Mefinal

Pemberian obat mefinal yang mengandung asam mefenamat bisa diberikan kepada pasien yang sedang mengalami peradangan dan merasakan rasa sakit atau nyeri di dalam tubuh. Peradangan ini biasanya terjadi oleh beberapa hal.

Pasien yang memiliki keluhan sakit kepala mulai dari tingkat ringan hingga sedang bisa mengonsumsi obat ini. Selain itu, pasien yang sedang sakit gigi, nyeri otot, dan nyeri setelah menjalani operasi juga bisa menggunakan obat asam mefenamat, kecuali untuk pasien pasca operasi penyakit jantung koroner.

Wanita yang cenderung mengalami nyeri haid atau dismenore boleh mengonsumsi obat asam mefenamat ini untuk mengatasi rasa nyeri karena haid. Pasien atau konsumen yang sedang merasakan rasa nyeri karena trauma juga boleh menggunakan obat asam mefenamat.

Obat dengan asam mefenamat juga berguna untuk mengatasi nyeri rematik, cedera jaringan lunak, nyeri pasca operasi, nyeri pada kondisi muskuloskeletal, dan beberapa kondisi nyeri lainnya. 

Kontraindikasi Mefinal

Ada beberapa kontraindikasi yang bisa dialami oleh pasien atau konsumen tertentu. Beberapa kontraindikasi terhadap obat asam mefenamat harus dihindari. Apabila pasien yang memiliki kontraindikasi terhadap obat asam mefenamat tetap meminum obat ini, maka bisa menimbulkan beberapa efek samping.

Kontraindikasi terhadap obat asam mefenamat adalah radang usus besar dan nyeri setelah menjalani operasi Coronary Artery Bypass Grafting (CABG). Pasien yang telah menjalani operasi CABG, yaitu operasi untuk mengobati penyakit jantung koroner tidak boleh memakai obat asam mefenamat.

Peringatan Obat Mefinal

Sebelum menggunakan obat ini, baca beberapa peringatan sebagai berikut:

  • Jangan konsumsi obat asam mefenamat ini bila sedang hamil atau menyusui. 
  • Tidak boleh untuk pasien ulkus peptikum atau usus.
  • Harus berdasarkan resep dokter. 
  • Bila sakit atau rasa nyeri berlanjut lebih dari 3 hari, konsultasi lagi dengan dokter. 

Interaksi Obat Mefinal

Interaksi obat adalah reaksi antara dua obat atau lebih yang dikonsumsi secara bersamaan. Hasil reaksi dapat melemahkan atau meningkatkan fungsi obat, namun memicu efek samping lain. 

Jangan gunakan obat asam mefenamat dengan obat antikoagulan apapun. Obat antikoagulan adalah obat untuk mencegah pembekuan atau penggumpalan darah. Selain itu, beri tahu dokter semua obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk obat resep lain, obat bebas, obat herbal, vitamin, atau suplemen. 

Efek Samping Mefinal

Ada beberapa efek samping asam mefenamat yang bisa terjadi karena dosis berlebih atau adanya kontraindikasi dan alasan lainnya. Efek samping asam mefenamat bisa menyebabkan diare dan juga anemia hemolitika. Apabila Anda mengalami efek samping tersebut maka hentikanlah penggunaan obat mefinal.

Efek samping lainnya yang bisa terjadi adalah hipoplasia sumsum tulang, leukopenia, eosinofilia, pansitopenia, dan purpura trombositopenia. Gangguan sistem darah dan limfatik juga bisa terjadi.

Apabila obat mefinal memiliki efek samping terhadap sistem saraf, maka bisa memicu terjadinya meningitis aseptik. Efek samping berupa kejang akan terjadi apabila overdosis asam mefenamat. Obat ini juga memiliki efek samping yang ringan adalah berupa rasa kantuk.

Para pasien yang memiliki hipersensitivitas atau alergi akan memiliki efek samping berupa reaksi alergi. Beberapa tanda reaksi alergi tersebut seperti sesak napas, sakit kepala atau pusing, mual, muntah, gatal-gatal, ruam kulit, dan mengalami pembengkakan pada bagian bibir, wajah, dan mata. Segeralah mencari bantuan medis apabila Anda mengalaminya.

Dosis Mefinal

Manfaat mefinal yang bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan bisa didapatkan dengan mengikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter. Dosis mefinal 500 mg sebanyak 3 kali sehari untuk orang dewasa sebagai dosis awalan.

Dosis tersebut tidak boleh melebihi tujuh hari pengobatan. Minumlah obat asam mefenamat setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi lambung. Jangan lupa untuk memberitahu tentang semua keluhan Anda dan terapi obat yang sedang Anda jalani kepada dokter Anda.

Baca Juga: 7 Logo Obat pada Kemasan yang Artinya Perlu Diketahui

Aturan Pakai Mefinal

Konsumsi obat asam mefenamat bersama makan atau segera setelah makan. Khawatir akan memicu masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau iritasi lambung bila Anda konsumsi sebelum makan. Ikuti sesuai resep dan saran dokter. 

Cara Penyimpanan Obat

Berikut ini petunjuk penyimpanan obat-obatan secara umum:

  • Simpan obat di tempat yang sejuk dan wadah kering. Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.
  • Jangan konsumsi obat bila obat mengalami perubahan tekstur, aroma, atau warna.
  • Jangan membuang sampah obat sembarangan untuk mengurangi risiko penyalahgunaan limbah obat.

Itulah Mefinal 500 obat apa. Ini adalah obat kandungan asam mefenamat untuk mengatasi nyeri dan peradangan. Semoga informasi ini bermanfaat! 

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional. 2018. Asam Mefenamat. http://pionas.pom.go.id. (Diakses pada 21 September 2018).
  2. Us National Library of Medicine. mefenamic acid. http://medlineplus.gov. (Diakses pada 21 September 2018).
  3. MIMS. 2021. Mefinal mefenamic acid. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/mefinal. (Diakses pada 8 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi