Terbit: 19 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Medixon obat apa? Medixon adalah obat kortikosteroid yang mengandung metilprednisolon. Kandungan metilprednisolon di dalam obat medixon merupakan jenis glukokortikid yang merupakan turunan prednisolon. Tidak seperti jenis obat glukokortikoid lainnya, obat medixon tidak memiliki aktivasi retensi natrium.

Medixon – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat medixon termasuk informasi tentang indikasi medixon, kontraindikasi medixon, bentuk sediaan medixon, manfaat medixon, dosis medixon, dan efek samping medixon.

  • Nama: Medixon
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid » Glukokortikoid
  • Monografi Obat: Metilprednisolon

Indikasi Medixon

Obat medixon bisa diberikan kepada pasien atau konsumen dengan gangguan alergi dan supresi inflamasi. Para penderita penyakit rematik dan udema serebral boleh memakai obat medixon untuk mengatasi penyakitnya.

Pemberian obat medixon bisa dilakukan untuk pasien yang menderita penyakit kolagen dan hematologik. Apabila pasien atau konsumen terindikasi memiliki fungsi adrenokortikal yang abnormal dan hiperkalsemia maka ia bisa menggunakan obat medixon.

Pada kasus peradangan di kulit dan saluran pernapasan, obat medixon boleh digunakan sebagai obat untuk mengatasi kondisi medis tersebut. Kasus peradangan tersebut seperti lupus, psoriasis, radang sendi, kolitis ulseratif, dan gangguan kelenjar endokrin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Kontraindikasi Medixon

Obat medixon mempunyai kontraindikasi bagi pasien atau konsumen yang memiliki infeksi jamur sistemik. Pasien atau konsumen yang sedang mendapat vaksinasi tidak bisa mendapatkan obat medixon.

Pemberian obat medixon bisa menjadi kontraindikasi pada pasien atau konsumen yang menderita ulkus duodenum dan peptikum. Pasien lanjut usia yang cenderung mengalami osteoporosis berat juga memiliki kontraindikasi dengan obat medixon.

Kontraindikasi dengan obat medixon juga terjadi bagi pasien yang menderita penyakit herpes dan pernah mengalami gangguan jiwa. Hipersensitivitas atau alergi pada kandungan obat medixon yakni metilprednisolon sudah tentu akan mengalami kontraindikasi.

Bentuk Sediaan Medixon

Obat medixon yang biasa digunakan oleh khalayak memiliki bentuk sediaan berupa tablet. Bentuk sediaan tablet dari obat medixon memiliki tiga jenis bobot. Ada tablet medixon dengan kandungan metiprenisolon sebanyak 4 mg dab ada juga yang 8 mg & 16 mg pada setiap tabletnya.

Manfaat Medixon

Ada beberapa manfaat medixon yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan baik oleh dokter maupun dosis yang tertera pada setiap kemasan. Obat medixon yang merupakan jenis obat kortikosteroid memiliki manfaat untuk mengatasi peradangan.

Peradangan pada tubuh bisa diredakan dengan mekanisme yang dimiliki oleh medixon yaitu dengan mencegah pelepasan zat di dalam tubuh yang bisa menyebabkan peradangan. Manfaat medixon bisa untuk meredakan berbagai jenis peradangan seperti psoriasis, radang sendi, lupus, alergi, kolitis ulseratif, dan gangguan kelenjar endokrin.

Gangguan medis yang bisa memengaruhi kesehatan mata, kulit, sistem saraf, paru-paru, dan perut bisa diatasi dengan menggunakan obat medixon. Manfaat medixon juga bisa untuk mengatasi beberapa jenis kanker tertentu.

Dosis Medixon

Ada beberapa jenis dosis medixon tablet yang dipengaruhi oleh perbedaan usia. Dosis medixon untuk orang dewasa adalah 4 mg – 48 mg per hari sebagai dosis awalan. Itu bisa merupakan dosis tunggal atau dosis terbagi.

Pada kasus multiple sklerosis yang biasa dialami oleh orang dewasa memiliki dosis medixon sebanyak 160 mg sehari dalam seminggu. Dosis medixon tersebut bisa diturunkan secara perlahan menjadi 64 mg sebanyak 2 hari sekali dalam sebulan.

Dosis medixon untuk anak-anak adalah sebanyak  0,117 mg/kg berat badan pada kasus insufisiensi dan sebesar 0,417 mg – 1,67 mg per kg berat badan pada kondisi medis lainnya. Dosis tersebut merupakan dosis terbagi dalam sehari yang menjadi 3-4 bagian.

Efek Samping Medixon

Obat medixon memiliki beberapa efek samping yang bisa berkembang menjadi masalah medis yang lebih serius. Efek samping medixon dengan pemberian dalam jangka panjang bisa menyebabkan otot menjadi lemah, katarak, masalah cairan tubuh, gangguan dalam penyembuhan luka, tekanan darah meningkat, dan tukak lambung.

Pada anak-anak, efek samping bisa mengganggu pertumbuhannya. Efek samping medixon lainnya bisa menimbulkan osteoporosis, sindrom cushing, katarak, dan tubuh mengalamin penurunan resistensi terhadap infeksi.

Bagi pasien atau konsumen yang memiliki hipersensitivitas atau alergi, efek samping medixon bisa dimiliki yakni berupa tanda-tanda reaksi alergi. Segeralah mencari bantuan medis terdekat apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda-tanda reaksi alergi seperti pusing, mual, gatal, sesak napas, dan bengkak pada wajah, kulit, dan bibir.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com
  4. DexaMedica: Methylprednisolone. http://www.dexa-medica.com/id/our-product/searchs/Methylprednisolone%20


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi