Mediklin TR – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-mediklin-tr-doktersehat
Photo source: Hashimg.com @stuffbymega

DokterSehat.Com – Mediklin TR obat apa? Mediklin TR adalah obat antibakteri yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Obat mediklin tr merupakan obat topikal atau obat pemakaian luar. Di dalam obat mediklin mengandung klindamisin fosfat yang dikombinasikan dengan trtinoin sebagai kedua bahan aktif.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat mediklin tr termasuk informasi tentang bentuk sediaan mediklin tr, indikasi mediklin tr, kontraindikasi mediklin tr, manfaat mediklin tr, dosis mediklin tr, dan efek samping mediklin tr.

  • Nama: Mediklin TR
  • Kelas Terapi: Antibakteri Topikal dan Antijerawat Topikal
  • Kandungan Obat: Klindamisin Fosfat kombinasi dengan Tretinoin

Bentuk Sediaan Mediklin TR

Di pasaran telah beredar obat mediklin tr yang tersedia dalam beberapa jenis bentuk sediaan. Bentuk sediaan mediklin tr yang ada di pasaran di antaranya adalah dalam bentuk gel, krim, dan cairan obat luar.

Mediklin tr dalam bentuk sediaan gel dikemas di dalam sebuah tube yang memiliki berat bersih sebesar 15 gram. Di dalam setiap 1 gram gel mediklin tr mengandung klindamisin fosfat sebesar 1.2% dan tretinoin sebanyak 0.025%.

Pada bentuk sediaan krim, mengandung bahan aktif sebanyak 10 mg setiap 1 gram krim mediklin tr. Selain itu, ada juga obat mediklin yang tersedia dalam bentuk sediaan cairan obat luar dengan jumlah 30 mL per botol yang mengandung bahan aktif sebesar 1,2%.

Indikasi Mediklin TR

Pemakaian obat mediklin tr tidak boleh dilakukan tanpa disertai indikasinya. Hal ini dikarenakan obat mediklin tr mengandung klindamisin fosfat sebagai salah satu bahan aktif yang memiliki efek samping serius.

Orang dewasa atau anak di atas 12 tahun yang memiliki keluhan akne vulgaris atau jerawat parah bisa menggunakan obat mediklin tr. Pasien ini biasanya juga memiliki keluhan luka kulit akibat peradangan dari bakteri penyebab jerawat. Ada juga pasien dengan akne vulgaris yang disertai komedo.

Kontraindikasi Mediklin TR

Pasien yang memiliki kondisi jerawat yang cukup parah tetapi memiliki beberapa kontraindikasi maka tidak bisa menggunakan obat mediklin tr. Hal ini bisa menimbulkan beberapa efek samping yang bisa merugikan kondisi kulit Anda.

Apabila Anda memiliki eksim, kulit pecah-pecah atau terbakar, dan pernah menderita epitelioma kulit maka Anda tidak bisa menggunakan obat mediklin tr sekalipun Anda sedang mengalami akne vulgaris.

Kontraindikasi ini juga terjadi apabila pasien memiliki alergi terhadap kandungan klindamisin fosfat dan tretinoin yang dikandung oleh obat mediklin tr. Ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda. Pasien dengan riwayat kolitis pseudomembran juga tidak dapat memakai obat mediklin tr.

Para ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak yang kurang dari 12 tahun sebaiknya menghindari pemakaian obat mediklin tr ini karena memungkinkan terjadinya kontraindikasi. Orang-orang yang menggunakan obat ini bersama dengan linomisin dan beberapa jenis obat lainnya sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Manfaat Mediklin TR

Obat mediklin tr tentunya akan membawa manfaat apabila dipakai sesuai dengan aturan pemakaian dan dosis yang tepat. Manfaat mediklin tr akan mengatasi keluhan yang Anda miliki terkait dengan aktivitas bakteri.

Manfaat mediklin tr cukup fokus pada masalah kulit yang diakibatkan oleh aktivitas bakterial di kulit. Obat mediklin tr bermanfaat untuk mengatasi keluhan akne vulgaris atau jerawat parah. Selain itu, manfaat mediklin tr juga bisa untuk mengatasi komedo tertutup dan terbuka.

Dosis Mediklin TR

Salah satu indikator pemakaian obat mediklin tr yang benar dengan aturan adalah menggunakannya dalam dosis yang tepat. Ini akan mendatangkan manfaat mediklin tr dan juga bisa mengurangi risiko efek sampingnya.

Dosis mediklin tr adalah sebanyak 1-2 kali sehari yang dioleskan secara tipis di atas permukaan kulit yang sedang mengalami jerawat parah atau akne vulgaris. Mediklin tr dengan dosis ini juga berlaku pada pasien dengan keluhan tersebut yang disertai lecet dan komedo.

Efek Samping Mediklin TR

Ada beberapa efek samping mediklin tr yang perlu Anda ketahui karena bisa menyebabkan kerusakan serius pada kulit yang terkena akne vulgaris. Efek samping mediklin tr di antaranya bisa menimbulkan iritasi, eritema, dan fotosensitivitas.

Mediklin tr juga bisa memicu perubahan pigmentasi dan pengelupasan kulit. Efek samping mediklin tr juga bisa menimbulkan efek samping berupa kulit kering, gatal-gatal, dan ruam kulit. Segeralah mencari bantuan apabila Anda mengalami gatal dan ruam kulit karena merupakan salah satu tanda reaksi alergi.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Drugs.com