Obat Kumur Ternyata Bisa Memicu Diabetes, Kok Bisa?

DokterSehat.Com– Penelitian terbaru yang dilakukan di Harvard University berhasil mengungkapkan fakta mengejutkan tentang penggunaan obat kumur yang ternyata bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan menggunakan obat kumur, maka bakteri baik dalam mulut justru akan ikut musnah. Padahal, keberadaan bakteri baik ini sangatlah penting dalam mencegah diabetes. Lantas, apakah hal ini berarti kita tidak usah lagi memakai obat kumur?

Ternyata, efek buruk ini hanya akan didapatkan oleh mereka yang menggunakan obat kumur dengan berlebihan. Sebagai contoh, jika kita menggunakannya sampai 2 kali dalam sehari, maka resiko terkena diabetes atau pre-diabetes bisa meningkat hingga 55 kali lipat dalam waktu 3 tahun saja. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam obat kumur yang ternyata akan membabat habis bakteri dalam mulut dengan tujuan membuat nafas menjadi lebih segar. Sayangnya, hal ini ternyata juga membuat bakteri baik dalam mulut ikut menghilang. Padahal, bakteri baik inilah yang akan membantu tubuh dalam memproduksi oksida nitrat yang berpengaruh besar dalam pengendalian kadar insulin dalam tubuh. Jika sampai kadar insulin tidak terkendali, maka resiko terkena diabetes jelas akan meningkat.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 1.206 orang dengan masalah berat badan dengan rentang usia 40 sampai 65 tahun ini, disebutkan bahwa 17 orang akhirnya menderita diabetes. Hanya saja, resiko terkena penyakit ini diketahui meningkat sampai 20 persen pada mereka yang memakai obat kumur sampai 2 kali dalam sehari dan 30 persen pada mereka yang memakainya pada pagi dan sore hari.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak menggunakan obat kumur dengan berlebihan agar tidak mudah terkena penyakit mengerikan ini.