Obat Kuat Bisa Sebabkan Hipertensi?

pil-obat-doktersehat
Photo Source: Flickr/stockcatalog

DokterSehat.Com– Banyak kaum pria yang terbiasa mengonsumsi obat kuat yang kini khawatir untuk mengonsumsinya karena adanya anggapan bahwa obat ini bisa menyebabkan datangnya hipertensi. Padahal, obat kuat sangatlah mereka butuhkan demi meningkatkan aktivitas seksual sekaligus menjaga keharmonisan rumah tangga. Lantas, apakah obat kuat memang benar-benar bisa menyebabkan datangnya hipertensi?

Dampak Konsumsi Obat Kuat Bagi Risiko Hipertensi

Banyak kaum pria yang kurang percaya diri dengan kemampuan seksualnya memilih untuk mengonsumsi obat kuat. Selain itu, mereka yang menderita disfungsi ereksi atau ejakulasi dini juga menganggap obat kuat sebagai solusi untuk masalah rumah tangganya.

Masalahnya adalah hal ini membuat para pria ini seperti ketergantungan dengan obat kuat dan bisa saja mengonsumsinya dengan berlebihan. Padahal, hal ini bisa saja menyebabkan efek samping bagi kesehatan yang tidak baik.

Lantas, apakah benar jika konsumsi obat kuat dengan sembarangan bisa menyebabkan hipertensi? Pakar kesehatan menyebut anggapan ini belum tentu benar. Hingga saat ini, belum ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi obat kuat terkait dengan masalah tekanan darah tinggi. Pakar kesehatan masih menyebut penyebab utama dari hipertensi adalah konsumsi garam atau stres.

Meskipun begitu, memang ada obat kuat yang bisa mempengaruhi pembuluh darah meskipun memang tidak secara langsung bisa menyebabkan datangnya hipertensi. Hal ini berarti, jika seseorang memang sudah mengalami gangguan tekanan darah atau masalah kardiovaskular sebelum mengonsumsi obat kuat, dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan tekanan darah.

Obat Hipertensi Justru Bisa Menyebabkan Gangguan Seksual

Menariknya, obat untuk mengatasi hipertensi justru bisa menyebabkan gangguan ereksi pada peminumnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan obat ini dalam mempengaruhi tekanan dan distribusi darah pada bagian tubuh tertentu.

Bagi penderita hipertensi, kondisi struktur dan pembuluh darah arteri pada penis juga mengalami perubahan sehingga konsumsi obat ini akhirnya memicu masalah disfungsi ereksi.

Meskipun begitu, penderita hipertensi tak perlu berkecil hati. Asalkan mau berkonsultasi ke dokter, mereka bisa mendapatkan obat atau terapi lainnya yang tidak akan menyebabkan dampak kesehatan tersebut.

Berbagai Efek Samping dari Obat Kuat

Meskipun tidak terbukti bisa menyebabkan hipertensi, pakar kesehatan menyebut ada beberapa efek samping yang bisa didapatkan jika terbiasa mengonsumsi obat kuat.

Berikut adalah efek samping-efek samping tersebut.

  1. Bisa menyebabkan sakit kepala

Salah satu efek samping yang paling umum dialami bagi orang yang mengonsumsi obat kuat adalah munculnya sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh perubahan sirkulasi darah dan meningkatnya jumlah oksida nitrat yang memicu datangnya masalah kesehatan ini.

Meski sudah mengganti merek obat kuat, bisa jadi masalah kesehatan ini tetap muncul. Karena alasan inilah sebaiknya kita berkonsultasi ke dokter untuk mengatasinya.

  1. Tubuh tidak karuan

Meski bisa membuat performa seksual meningkat, bisa jadi kita juga akan mengalami gejala tubuh yang tidak karuan seperti nyeri pada otot-otot di sekujur tubuh. Jika mengalaminya, sebaiknya kita menghentikan konsumsinya atau berkonsultasi ke dokter untuk mengatasinya.

  1. Gangguan pencernaan

Obat kuat bisa menyebabkan datangnya sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi dengan sembarangan. Hentikan konsumsinya jika mengalami gejala ini.

  1. Gangguan penglihatan

Meskipun tidak selalu dialami setiap orang, ada yang mengalami gangguan penglihatan setelah mengonsumsi obat kuat. Hal ini berarti, jika kita memililki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa mendapatkan obat yang aman.

  1. Gangguan pada hidung

Sebagian pengonsumsi obat kuat mengalami hidung tersumbat untuk sementara waktu.