Terbit: 19 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan iritasi kulit seperti alergi, kulit kering, penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok, udara lembap, dll. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, bersisik, hingga peradangan. Untuk mengatasinya, ketahui obat iritasi kulit secara medis dan alami berikut ini.

10 Obat Iritasi Kulit yang Ampuh (Medis dan Alami)

Obat Iritasi Kulit

Sebagian orang mungkin pernah mengalami iritasi kulit yang disebabkan berbagai faktor seperti alergi, paparan zat kimia, atau salah menggunakan produk kecantikan tertentu yang menyebabkan gangguan kulit.

Iritasi kulit menyebabkan gejala berupa ruam, sisik, penebalan kulit, lecet, dan sensasi kulit terbakar. Dalam kondisi yang lebih parah, iritasi kulit mungkin terjadi akibat gejala infeksi kulit, dermatitis, eksim, atau psoriasis.

Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami iritasi kulit, berikut ini adalah rekomendasi obat iritasi kulit, yaitu:

1. Hidrokortison

Cara mengatasi kulit iritasi dan kering yang disertai dengan gatal dan kemerahan adalah dengan obat OTC hidrokortison. Obat hidrokortison adalah agen steroid topikal yang digunakan untuk mengatasi peradangan kulit seperti alergi, eksim, atau psoriasis.

Obat hidrokortison dapat mengurangi efek gatal dan mengurangi dampak iritasi pada kulit. Anda dapat menggunakan salep hidrokortison untuk pengobatan selama maksimal dua minggu.

2. Calamine

Calamine adalah obat iritasi kulit yang terbuat dari campuran zinc oksida dan besi oksida untuk meringankan gejala ruam kulit dan gatal-gatal. Calamine tersedia dalam bentuk obat-obatan generik dan losion.

Selain itu, fungsi obat calamine adalah untuk mengatasi gejala iritasi kulit akibat gigitan serangga dan racun dari pohon ivy atau poison ivy.

3. Pramoxine

Pramoxine adalah obat iritasi kulit untuk meringankan rasa gatal dan sakit pada berbagai masalah kulit. Obat pramoxine juga digunakan untuk mengatasi sengatan serangga, paparan racun, poison ivy, oak, dll.

Obat pramoxine mengandung hidrokortison dan bahan aktif lainnya yang efektif untuk mengatasi gejala iritasi kulit ringan. Pramoxine juga menjadi kandungan efektif untuk beberapa produk anti gatal.

Baca Juga: Penyebab Iritasi pada Kulit Vagina dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Secara Alami

Selain dengan salep atau obat iritasi kulit lainnya, Anda juga dapat mengatasi iritasi kulit dengan beberapa cara alami. Berikut ini adalah cara mengatasi kulit iritasi dan kering, yaitu:

1. Aloe Vera

Aloe vera memiliki efek antiinflamasi. Aloe vera juga mengandung antioksidan, enzim, mineral alami, Vitamin A dan C yang berperan dalam mengatasi gejala kulit iritasi dan masalah kulit lainnya seperti jerawat, kulit kering, dan meredakan sensasi kulit terbakar.

Manfaat aloe vera untuk wajah adalah untuk membantu melembapkan, menyejukkan, serta menyembuhkan kulit. Ada dianjurkan untuk menggunakan aloe vera atau lidah buaya segar yang diambil gelnya dan diaplikasikan ke area kulit yang iritasi sebagai masker.

2. Oatmeal

Terdapat berbagai manfaat oatmeal untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah untuk mengatasi iritasi kulit. Food and Drug Administration (FDA) pada 2003 juga menyetujui oatmeal koloid sebagai zat pelindung kulit, namun hanya untuk penggunaan luar bukan oatmeal yang dimakan.

Cara mengatasi kulit iritasi secara alami adalah:

  • Siapkan satu mangkuk oatmeal organik atau yang sudah ditumbuk.
  • Tambahkan air secukupnya dan masak sampai teksturnya menjadi seperti pasta kental.
  • Setelah jadi, aplikasikan pasta oatmeal pada area kulit yang iritasi.
  • Diamkan selama 10-20 menit atau sampai masker oatmeal mengering.
  • Bilas hingga bersih dan gunakan pelembap setelahnya.

Masker oatmeal ini juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan perawatan kulit wajah secara general.

Baca Juga: 11 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Dikenali dan Cara Mengobatinya

3. Gunakan Moisturizer 

Menggunakan moisturizer atau pelembap adalah cara mengatasi kulit iritasi di wajah yang efektif. Gunakan moisturizer yang mengandung ceramide untuk mengatasi kulit kering, kulit bersisik, kulit kering, ruam, dan gatal.

Menggunakan pelembap secara teratur dapat meringankan gejala iritasi kulit ringan, namun Anda harus berhati-hati memilih produk moisturizer yang cocok untuk kulit Anda. Serta, gunakan produk yang tanpa pewangi buatan dan tidak mengandung paraben.

4. Madu

Obat iritasi kulit alami selanjutnya adalah dengan menggunakan produk alami dari madu. Madu mengandung pelembap alami, antibakteri, antimikroba, dan agen humektan. Kandungan alami dari madu tersebut dapat mengatasi iritasi kulit ringan, jerawat, dan noda hitam.

Cara mengatasi kulit iritasi di wajah adalah:

  • Bersihkan area kulit yang teriritasi.
  • Oleskan madu secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas kembali sampai bersih.

Madu juga mengandung antioksidan yang berperan sebagai agen anti penuaan dan mencerahkan kulit.

5. Cukup Minum Air Putih

Salah satu gejala iritasi kulit adalah kulit menjadi kering dan bersisik. Untuk mengatasinya, pastikan Anda cukup minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Manfaat air putih adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan menutrisi kembali sel-sel kulit mati, serta memperbaiki jaringan kulit yang teriritasi. Selain itu, air putih yang cukup juga meningkatkan kesehatan kulit Anda secara general.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan penyebab peradangan kulit seperti gluten, susu, gula, dll karena akan memicu gejala iritasi kulit semakin memburuk. Sebaliknya, perbanyak konsumsi yang sehat untuk kulit seperti yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan yang bagus untuk kulit, yaitu:

  • Pepaya: Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berperan dalam produksi kolagen dan memelihara kesehatan kulit Anda.
  • Alpukat: Alpukat mengandung lemak baik untuk menambah kekenyalan dan elastisitas kulit.
  • Kubis: Jenis sayuran berdaun hijau ini mengandung vitamin C, lutein, karotenoid, dan antioksidan untuk mengatasi kulit kering.

Anda juga dapat memilih makanan makanan sehat lain untuk kulit sesuai dengan kesehatan Anda.

Baca Juga: 7 Penyebab Kulit di Tangan Mengelupas dan Terasa Tidak Nyaman

7. Petroleum Jelly

Petroleum jelly juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi iritasi kulit. Cukup oleskan petroleum jelly di area kulit yang teriritasi untuk melembapkan serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak.  Berdasarkan American Academy of Dermatology, manfaat petroleum jelly lainnya adalah untuk mengatasi kulit lecet, kulit kering, infeksi kulit, dan agen penyembuhan berbagai gangguan kulit lainnya.

Tips Mengobati Iritasi Kulit Secara Alami

Berikut ini adalah tips untuk mengobati iritasi kulit, yaitu:

  • Jangan menggaruk area kulit yang teriritasi, walaupun terasa sangat gatal.
  • Jangan mengelupas kulit-kulit mati.
  • Jangan menggunakan baking soda karena pH-nya sangat tinggi dan akan merusak kelembapan kulit dan berisiko memperburuk iritasi kulit Anda.
  • Jangan gunakan produk kecantikan atau perawatan kulit lainnya yang kandungannya terlalu kuat untuk sementara waktu.
  • Berikan kulit istirahat.
  • Olahraga teratur dapat membuka pori-pori untuk mengeluarkan bakteri, sel-sel kulit mati, dan penumpukan kuman di dalam kulit.

Itulah tips dan obat iritasi kulit. Iritasi kulit dapat terjadi karena berbagai faktor. Bila cara-cara alami tersebut tidak bekerja, harap hubungi dokter. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

 

  1. Brucculieri, Julia. 2018. How To Soothe Irritated Skin, According To Dermatologists. https://www.huffpost.com/entry/how-to-soothe-irritated-skin_n_5a7b601de4b08dfc92ff75d6. (Diakses pada 19 Desember 2019).
  2. Harrar, Sari. 2017. Pick the Right Products to Stop Itchy Skin. https://www.consumerreports.org/medical-conditions/right-products-to-stop-itchy-skin/. (Diakses pada 19 Desember 2019).
  3. Lampert, Lynda. 2019. 8 Home Remedies for Skin Rashes That Your Body Will Thank You For. https://www.thehealthy.com/skin-health/natural-remedies-rashes/. (Diakses pada 19 Desember 2019).
  4. Murphy, Kate. 2019. 5 Remedies I Use to Help Soothe My Irritated Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/natural-remedies-irritated-skin#1. (Diakses pada 19 Desember 2019).
  5. McClees, Heather. 2017. Natural Remedies to Heal a Skin Rash. https://www.onegreenplanet.org/natural-health/natural-remedies-to-heal-a-skin-rash/. (Diakses pada 19 Desember 2019).
  6. The Gerson Institute. 2018. 8 Natural Remedies for Itchy and Irritated Skin. http://gerson.org/gerpress/8-natural-remedies-for-itchy-and-irritated-skin/. (Diakses pada 19 Desember 2019).
  7. Villines, Zawn. 2018. What are the benefits of petroleum jelly?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324039.php#what-is-petroleum-jelly. (Diakses pada 19 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi