DokterSehat.Com – Interlac obat apa? Interlac adalah suplemen makanan dengan kandungan probiotik Lactobacillus reuteri Protectis yang sudah teruji klinis mampu untuk menjaga saluran pencernaan. Selain mengandung probiotik L. reuteri Protectis, suplemen ini juga mengandung sunflower oil, silicon dioxide, dan medium chain triglyceride oil yang juga sudha dinyatakan aman sebagai bahan suplemen untuk dewasa maupun anak-anak.

interlac-doktersehat

Kandungan utama dari Interlac adalah probiotik L. reuteri Protectis. Apa arti dari probiotik itu sendiri? Menurut WHO, probiotik adalah jenis mikroorganisme hidup yang jika diberikan dalam jumlah yang tepat, maka akan memberi manfaat kesehatan bagi penggunanya. Probiotik L. reuteri Protectis adalah salah satu jenis probiotik yang sudah sangat banyak diteliti di dunia, sehingga sudah dapat dipastikan memiliki manfaat kesehatan untuk bayi, anak, maupun dewasa, jika dibandingkan dengan jenis probiotik lainnya.

Probiotik L. reuteri Protectis dalam Interlac juga telah memenuhi syarat Live and True Probiotic atau probiotik baik menurut WHO. Kriterianya antara lain adalah berasal dari manusia, tidak bersifat patogen, memiliki ketahanan terhadap asam lambung dan cairan empedu, mampu menempel pada dinding usus, memiliki efek antimikroba, dan tahan terhadap proses produksi dan stabil secara genetik.

Manfaat Interlac

Berdasarkan dari kebaikan probiotik dan bahan lain yang ada dalam Interlac dan juga berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh produsen Interlac, berikut adalah berbagai manfaat Interlac yang sudah teruji:

  • Mengatasi gangguan pencernaan bayi prematur
  • Mengurangi angka kematian bayi akibat kerusakan lapisan usus (kejadian NEC) pada bayi prematur
  • Menurunkan angka kejadian feeding intolerance pada bayi prematur
  • Mengurangi kolik pada bayi
  • Mempercepat penyembuhan diare pada bayi, anak-anak, dan dewasa
  • Mengatasi konstipasi pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa
  • Meningkatkan sistem imun pada bayi prematur, bayi, anak-anak, hingga dewasa
  • Mengurangi efek samping pemberian antibiotik pada anak-anak dan dewasa.

Dosis Interlac

Interlac tersedia dalam 3 bentuk kemasan yaitu drops, sachet, dan juga tablet kunyah. Berikut adalah dosis Interlac yang disarankan beradasarkan kemasannya:

  • Interlac Drops: 1×5 tetes per hari.
  • Interlac Sachet: 1 sachet per hari.
  • Interlac tablet: 1 tablet per hari.

Interlac drops diutamakan untuk bayi atau usia di bawah 1 tahun. Interlac sachet bisa diberikan pada usia 1-3 tahun. Sedangkan Interlac tablet bisa dikonsumsi oleh anak usia di atas 4 tahun hingga dewasa. Interlac drops dan sachet memiliki rasa netral, sedangkan Interlac tablet memiliki pilihan rasa seperti stroberi dan lemon.

Dosis Interlac untuk dewasa dan anak-anak sama karena kebutuhan probiotik untuk dewasa dan anak-anak juga sama yaitu sebanyak 100 juta probiotik L. reuteri Protectis yang setara dengan 1 tablet, 5 tetes, atau 1 sachet Interlac. Probiotik akan masuk ke dalam saluran cerna dan berkembang serta berkolonisasi untuk dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya.

Efek Samping Interlac

Interlac adalah suplemen yang aman digunakan dan belum terindikasi efek samping hingga saat ini. Interlac juga tidak mengandung berbagai alergen, termasuk juga laktosa. Jadi suplemen yang satu ini juga aman dikonsumsi oleh pasien dengan intoleransi laktosa.

Namun, jika memang terjadi gejala seperti alergi, sakit kepala, atau yang lainnya setelah penggunaan suplemen ini, sebaiknya hentikan penggunaan suplemen. Jika gejala tidak juga mereda, segera konsutasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan untuk ditindaklanjuti.

Petunjuk Penggunaan

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan sumpelem Interlac:

  • Pemberian Interlac drops bisa langsung ke mulut atau bisa menggunakan sendok. Kocok botol dahulu sebelum mengambil isi suplemen.
  • Pemberian Interlac bisa dicampurkan dengan minuman atau makanan, tapi perlu diingat bahwa makanan dan minuman tersebut tidak boleh dalam keadaan panas.
  • Interlac drops atau sachet juga aman dicampurkan dengan ASI dan juga susu formula, dengan syarat susu susu tidak melebihi 70 derajat celcius.
  • Interlac aman untuk digunakan oleh penderita HIV namun umumnya diberikan pada pasien yang sedang di rawat di rumah sakit.

Interlac adalah suplemen yang baik digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan saluran cernas serta meningkatkan imunitas tubuh. Gunakan suplemen ini sesuai dengan dosis yang disarankan dan juga dianjurkan.