Terbit: 18 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Inerson obat apa? Inerson adalah obat salep yang mengandung desoksimetason dan berfungsi untuk mengatasi beberapa keluhan pada kulit. Kandungan desoksimetason yang ada di dalam salep inerson termasuk ke dalam kelas terapi Kortikosteroid Topikal.

Inerson – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat inerson termasuk informasi tentang indikasi inerson, kontraindikasi inerson, bentuk sediaan inerson, manfaat inerson, dosis inerson, dan efek samping inerson.

  • Nama: Inerson
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid Topikal
  • Monografi Obat: Desoksimetason

Indikasi Inerson

Salep inerson bisa digunakan pada kondisi medis psoriasis dan kelainan kulit seperti alergi dan eksim. Pasien atau konsumen dengan keluhan berupa radang akut yang berat pada kulit juga bisa diberikan salep inerson.

Selain itu, salep inerson juga bisa digunakan pada pasien yang mengalami rasa gatal pembengkakan pada kulit hingga kemerahan. Kandungan desoksimetason pada salep inerson akan mengaktifkan bahan alami di kulit sehingga bisa mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan rasa gatal.

Kontraindikasi Inerson

Salep inerson tidak bisa digunakan untuk semua orang. Obat inerson tidak bisa digunakan pada pasien atau konsumen yang mengalami lesi kulit akibat bakteri, virus, atau jamur. Kontraindikasi salep inerson bisa terjadi pada pasien dengan keluhan jerawat rosacea, perioral dermatitis, dan plak-plak psoriasis yang menyebar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Penggunaan salep inerson tidak dianjurkan untuk akne vulgaris, tbc kulit, dan keluhan kulit akibat vaksinasi. Bagi Anda yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan desoksimetason sebaiknya menghindari penggunaan salep inerson. Hal ini bisa menimbulkan tanda-tanda reaksi alergi.

Bentuk Sediaan Inerson

Bentuk sediaan obat inerson yang ada di pasaran tersedia dalam bentuk topikal atau salep. Salep inerson dikemas di dalam tube dengan berat bersih 15 gram. Adapun salep inerson memiliki kekuatan 0,25% atau mengandung desoksimetason 2,5 mg untuk setiap 1 gram salep inerson.

Manfaat Inerson

Sama seperti obat salep pada umumnya, salep inerson memiliki beberapa manfaat di dalam penggunaannya. Manfaat inerson adalah untuk mengobati radang kulit. Akan tetapi, radang kulit yang bisa diobati dengan menggunakan salep inerson bukanlah radang kulit yang disebabkan oleh infeksi.

Sebagai contoh radang kulit yang tidak disebabkan oleh infeksi adalah eksim biasa, eksim skabies, gigitan serangga, dan dermatitis kontak. Manfaat inerson bisa untuk menghilangkan gejala penyakit kulit apabila cara sebelumnya yang biasa dijalani yakni dengan pemberian emolien terbukti tidak efektif.

Dosis Inerson

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat inerson maka patuhilah dosis inerson pada saat ingin memakainya. Hal ini juga akan mencegah Anda dari efek samping yang merugikan kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu, perhatikanlah dan ikutilah dosis inerson di bawah ini.

Dosis inerson adalah sebanyak 1-2 kali olesan dalam sehari. Pengolesan salep inerson dilakukan secara tipis-tipis pada kulit. Mungkin Anda bisa jadi harus menggunakan dosis inerson yang berbeda. Akan tetapi, pastikanlah dosis salep inerson tersebut sesuai dengan anjuran dokter.

Efek Samping Inerson

Obat inerson memiliki beberapa efek samping mulai dari tingkat ringan hingga berat. Adapun efek samping inerson yang bersifat lokal meliputi memburuknya jerawat, hipertrikosis, dermatitis kontak dan perioral, depigmentasi ringgan, dan striae atrofis permanen.

Berhati-hatilah di dalam pengolesan salep inersol. Hal ini dikarenakan pengolesan salep inerson yang tidak berhati-hati bisa memungkinkan terjadinya penyebaran infeksi dan perubahan pada kulit sehingga sulit untuk kembali seperti sediakala.

Efek samping inerson juga bisa menyebabkan tanda-tanda reaksi alergi. Apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berupa gatal-gatal, ruam, pusing, mual, muntah, sesak napas, dan terjadi pembengkakan pada wajah, mata, dan bibir maka segeralah pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan yang tepat.

Peringatan

Ada beberapa peringatan yang harus Anda perhatikan saat menggunakan salep inerson. Janganlah menggunakan salep inerson pada wajah untuk jangka waktu yang panjang karena bisa menimbulkan bekas tertentu dan tidak mudah untuk dihilangkan.

Penggunaan salep inerson pada anak-anak sebaiknya dilakukan setelah mendapatkan anjuran dan dosis dari dokter spesialis. Hal ini pun berlaku pada bayi yang mengalami ruam popok. Pemberian salep inerson tidak diperbolehkan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi