Imunos – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

imunos-tablet-doktersehat

DokterSehat.Com – Imunos obat apa? Imunos adalah suplemen makanan yang mengandung kombinasi vitamin, mineral, dan tanaman herbal. Obat imunos digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penggunaannya tidak serumit obat tetapi Anda tetap harus mengetahui aturan pakai yang benar.

Jadi, bacalah penjelasan ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat imunos biasa dan imunos plus. Penjelasan ini juga berisi informasi tentang bentuk sediaan imunos, kandungan imunos, harga imunos tablet dan sirup, indikasi imunos, kontraindikasi imunos, manfaat imunos, dosis imunos, dan efek samping imunos.

  • Nama: Imunos
  • Kelas Terapi: Suplemen Makanan
  • Monografi Obat: Vitamin dan Mineral kombinasi Herbal

Bentuk Sediaan Imunos Biasa dan Imunos Plus

Obat imunos yang dijual tersedia dalam dua bentuk sediaan. Kedua bentuk sediaan obat imunos tersebut adalah dalam bentuk kaplet salut selaput dan cairan sirup. Orang-orang biasa menyebut imunos tablet untuk bentuk sediaan kaplet, sedangkan imunos sirup untuk bentuk sediaan cairan sirup.

Selain itu, masing-masing obat imunos tablet dan sirup ada jenis biasa dan jenis plus. Obat imunos plus memiliki tambahan kandungan yang akan disebutkan pada kandungan imunos. Setiap 1 dos imunos tablet (biasa atau imunos plus) berisi 5 strip dan setiap 1 strip berisi 4 kaplet.

Jadi, dalam 1 dos imunos tablet berisi 20 kaplet imunos. Imunos sirup tersedia dalam kemasan botol. Imunos biasa dan imunos plus dalam kemasan botol memiliki berat bersih sebanyak 60 mL cairan sirup. Imunos tablet dan sirup harus disimpan pada tempat yang terlindung dari cahaya dan kering agar struktur kandungannya tidak berubah.

Kandungan Imunos

Berdasarkan isi kandungannya, obat imunos dibedakan menjadi imunos biasa dan imunos plus. Obat imunos biasa baik tablet maupun sirup mengandung mineral zinc picolinate dan selenium, vitamin C (asam askorbat), dan tanaman herbal echinacea.

Setiap satu kaplet imunos biasa mengandung 10 mg zinc picolinate 10 mg, 15 mcg selenium. 50 mg asam askorbat, dan 500 mg Echinacea. Setiap 5 ml cairan sirup imunos mengandung zinc picolinate, Echinacea sebanyak 500 mg dan selenium sejumlah 15 mcg.

Kandungan imunos plus memiliki kandungan yang sama dengan imunos biasa tetapi imunos plus memiliki tambahan kandungan beta-1,3/1,6 glucan 175 mg. Setiap satu kaplet imunos plus dan 5 mL imunos sirup plus mengandung ekstrak Echinacea purpurea sebanyak 500 mg, beta-1,3/1,6 glucan 125 mg, 5 mg zinc picolinate, dan selenium sebanyak 15 mcg.

Harga Imunos Tablet dan Imunos Sirup

Ada empat jenis imunos, yaitu imunos tablet, imunos sirup, imunos plus tablet, dan imunos plus sirup. Keempat jenis obat imunos tersebut memiliki harga yang bervariasi. Harga imunos tablet adalah Rp30.000 hingga Rp37.000 per strip. Obat imunos sirup per botol dibanderol dengan harga Rp70.000 hingga Rp90.000.

Harga obat imunos plus sudah tentu lebih mahal bila dibandingkan imunos biasa. Imunos plus tablet memiliki kisaran harga jual mulai Rp35.000 hingga Rp50.000 per strip, sedangkan imunos plus sirup berkisar Rp110.000 hingga Rp130.000 per botol.

Indikasi Imunos

Penggunaan obat imunos baik jenis biasa maupun plus sama halnya dengan penggunaan suplemen pada umumnya. Obat imunos dipakai jika Anda memiliki indikasi yang lemah dalam hal sistem kekebalan tubuh.

Anda juga bisa menggunakan imunos bila memerlukan imunitas tubuh yang lebih baik karena tuntutan produktivitas kerja. Selain itu, obat imunos dapat digunakan sebagai terapi pendamping pada pasien yang mengalami infeksi saluran pernapasan akut dan berat.

Indikasi penggunaan imunos juga daapt meredakan gejala selesma seperti batuk kering, pilek, sakit kepala, nyeri dan lemah otot, mual, muntah, diare, dan demam. Suplemen imunos juga bisa dikonsumsi dalam rangka untuk memelihara daya tahan tubuh terhadap serangan kuman atau virus.

Kontraindikasi Imunos

Pada umumnya, obat imunos tidak memiliki kontraindikasi. Selama tubuh sehat dan Anda menggunakan imunos sesuai aturan pakai serta dosis yang tepat maka penggunaan obat imunos akan aman-aman saja.

Manfaat Imunos

Obat imunos memiliki beberapa manfaat. Manfaat imunos bisa meningkatkan kemampuan pertahanan tubuh untuk melawan kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Imunos juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh.

Manfaat imunos bisa meredakan beberapa gejala selesma. Selain itu, obat imunos bermanfaat untuk menjadi terapi pendamping pada penderita infeksi saluran pernapasan tingkat berat dan akut.

Dosis Imunos

Meskipun imunos adalah suplemen dan bukan obat-obatan kimia, tetapi minumlah imunos sesuai dengan dosisnya. Dosis imunos tablet bagi orang dewasa adalah 1 kaplet dalam sehari. Imunos sirup biasanya diperuntukkan bagi anak-anak.

Dosis imunos sirup untuk anak usia di bawah 2 tahun adalah 1/2 sendok takar sebanyak 1 kali dalam sehari, sedangkan pada anak usia lebih dari 2 tahun dosisnya menjadi 1 sendok takar sebanyak 1 kali sehari.

Dosis tersebut bisa digunakan sebelum ataupun sesudah makan. Pemakaian obat imunus sebelum makan tidak akan mengiritasi lambung. Namun, jangan menggunakan imunos selama lebih dari 8 minggu. Penggunaan jangka panjang bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Efek Samping Imunos

Selain tidak memiliki kontraindikasi khusus, obat imunos juga tidak menyebabkan efek samping sebagaimana yang terjadi pada penggunaan obat-obatan. Akan tetapi, obat imunos bisa menimbulkan beberapa efek samping jika digunakan dalam jangka panjang.

Beberapa efek samping yang bisa muncul jika menggunakan imunos untuk jangka waktu yang lama, di antaranya adalah mual, nafas berbau tidak sedap, demam, gangguan fungsi hati, dan gangguan ginjal.

Peringatan Penggunaan Obat Imunos

Apabila Anda memiliki beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit hati, dan penyakit ginjal maka beritahukanlah kepada dokter Anda sebelum menggunakan obat imunos. Beritahukan juga kepada dokter Anda mengenai semua daftar obat kimia, obat herba, dan suplemen yang sedang Anda gunakan.

Pemakaian obat imunos akan lebih aman jika Anda mendapatkan izin dokter setelah memberi tahu semua hal yang telah disebutkan. Berhati-hati di dalam menggunakan obat dan suplemen bisa menghindarkan Anda dari hal buruk yang tidak diinginkan.