Hydroquinone: Manfaat, Dosis, Efek Samping

hydroquinone-doktersehat

DokterSehat.Com – Hydroquinone obat apa? Hydroquinone atau hidrokinon adalah senyawa organik aromatik turunan dari benzena. Hydroquinone termasuk ke dalam jenis fenol. Senyawa ini merupakan agen pencerah kulit yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Ketahui lebih lanjut tentang Hydroquinone mulai dari manfaat, dosis, petunjuk penggunaan, efek samping, dan lainnya melalui artikel ini!

Rangkuman Informasi Obat Hydroquinone

Nama Obat Hydroquinone
Kategori Obat resep
Manfaat Obat Mengatasi hiperpigmentasi
Digunakan oleh Dewasa atau usia di atas 12 tahun
Sediaan Obat Krim atau salep

Apa Itu Hydroquinone dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Hydroquinone bekerja untuk mencerahkan kulit. Cara kerja Hydroquinone adalah dengan mengurangi jumlah melanosit pada kulit. Melanosit merupakan sel penghasil melanin dalam di kulit. Melanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit. Semakin tinggi jumlah melanin, maka akan semakin gelap warna kulit.

Hydroquinone membutuhkan waktu rata-rata 4 minggu untuk mulai berfungsi. Jika ingin mendapatkan hasil yang signifikan, penggunaannya mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan.

Manfaat Hydroquinone

Secara umum manfaat Hydroquinone adalah untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Hiperpigmentasi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai sebab. Hydroquinone umumnya digunakan pada beberapa masalah kulit tertentu seperti:

  • Bekas jerawat
  • Noda hitam karena penuaan
  • Freckles
  • Melasma
  • Bekas luka akibat psoriasis
  • Bekas luka akibat eksim.

Perlu diketahui bahwa Hydroquinone tidak bekerja pada peradangan aktif. Meskipun senyawa ini dapat digunakan untuk mengurangi bekas jerawat, namun Hydroquinone tidak akan memberikan efek pada jerawat yang masih aktif atau meradang.

Dosis Hydroquinone

Hydroquinone hadir dalam sediaan krim dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Senyawa ini juga bisa hadir dalam bentuk kombinasi dengan obat lain seperti tretinoin dan fluosinolon. Dokter akan memberikan dosis sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Penggunaan krim dengan kandungan Hydroquinone umumnya adalah dua kali sehari. Dosis ini mungkin dapat berubah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien. Ikuti petunjuk penggunaan yang disarankan oleh dokter dan jangan pernah mengganti dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Petunjuk Penggunaan Hydroquinone

Gunakan krim dengan kandungan Hydroquinone sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Berikut adalah petunjuk penggunaan umum krim Hydroquinone yang disarankan:

  • Gunakan produk yang mengandung Hydroquinone sesuai dengan aturan yang disarankan dokter atau tertera pada kemasan produk.
  • Oleskan obat tipis-tipis saja hanya pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Obat ini hanya digunakan pada kulit. Hindari penggunaan pada bagian mata, hidung, dan mulut. Jika terkena pada bagian tersebut, segera bilas dengan air.
  • Jika obat tidak sengaja tertelan, segera hubungi dokter atau petugas layanan kesehatan.

Petunjuk Penyimpanan Hydroquinone

Simpan obat Hydroquinone sesuai dengan petunjuk penyimpanannya untuk menjaga kualitas obat. Berikut adalah petunjuk penyimpanan untuk obat Hydroquinone:

  • Simpan Hydroquinone pada suhu di bawah 30° Celsius.
  • Jangan simpan produk dengan kandungan Hydroquinone di tempat yang lembap.
  • Hindari dari sinar matahari langsung.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Efek Samping Hydroquinone

Seperti zat lainnya, penggunaan Hydroquinone pada kulit juga berpotensi menimbulkan efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan Hydroquinone:

  • Kulit kemerahan
  • Kulit kering
  • Ochronosis
  • Reaksi alergi
  • Meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari

Efek samping yang disebutkan di atas tidak selalu terjadi. Efek samping Hydroquinone dapat terjadi pada kondisi tertentu atau karena penggunaan dosis yang kurang tepat. Efek samping ringan seperti kulit merah dan kering biasanya akan hilang setelah kulit terbiasa dengan produk.

Jika merasakan efek samping yang serius atau reaksi alergi, segera hentikan penggunaan produk. Jika efek samping tidak membaik, segera hubungi petugas medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Interaksi Obat Hydroquinone

Penggunaan Hydroquinone bersama dengan obat atau zat lainnya dapat menimbulkan interaksi obat yang dapat menurunkan efektivitas Hydroquinone atau meningkatkan potensi efek samping. Berikut adalah zat yang sebaiknya tidak digunakan bersama dengan Hydroquinone:

  • Benzoil peroksida
  • Hidrogen peroksida
  • Produk peroksida lainnya

Diskusikan dengan dokter tentang penggunaan Hydroquinone jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lainnya untuk menghindari terjadinya interaksi obat, terutama jenis obat topikal lainnya.

Peringatan dan Perhatian Hydroquinone

Hydroquinone masuk ke dalam golongan obat keras yang hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Hydroquinone:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang hipersensitif terhadap Hydroquinone atau komponen lainnya yang terkandung dalam produk.
  • Obat ini masuk kategori C penggunaan pada ibu hamil, artinya obat ini hanya boleh digunakan apabila manfaatnya lebih besar daripada efek samping yang mungkin terjadi.
  • Tidak diketahui apakah Hydroquinone dapat diserap melalui ASI atau tidak. Penggunaan pada ibu menyusui sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter sebelumnya.
  • Penggunaan pada anak-anak belum diketahui efektivitasnya sehingga hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan dokter.
  • Hydroquinone dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cuaca ekstrem. Gunakan pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit dari cuaca dan paparan udara.
  • Hydroquinone dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari. Pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Bahaya Hydroquinone

Banyak perdebatan tentang keamanan Hydroquinone sebagai perawatan kulit. Penggunaan Hydroquinone secara berlebihan dan berkepanjangan memang dianggap akan berbahaya bagi kulit. Hydroquinone dinyatakan aman oleh FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, namun konsentrasinya tidak boleh melebihi 2%.

Sedangkan di Indonesia sendiri kandungan Hydroquinone dalam kosmetik yang dijual bebas sudah tidak diperbolehkan. Hindari penggunaan obat bebas dengan kandungan Hydroquinone. Jika Anda menggunakan Hydroquinone, pastikan penggunaannya di bawah pengawasan dokter untuk menghindari bahaya Hydroquinone.

 

Sumber:

  1. Hydroquinone Skin Bleaching Cream – https://www.webmd.com/drugs/2/drug-87530/hydroquinone-skin-bleaching-topical/details diakses 1 Agustus 2019
  2. Everything You Need to Know About Hydroquinone – https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hydroquinone diakses 1 Agustus 2019
  3. What Is Hydroquinone Topical? – https://www.everydayhealth.com/drugs/hydroquinone-topical diakses 1 Agustus 2019