10 Obat Herbal Darah Tinggi Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah!

beberapa-obat-herbal-darah-tinggi-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi? Hampir kebanyakan orang dewasa pada masa kini memiliki darah tinggi akibat pola hidup yang kurang sehat. Sebagian besar biasanya minum obat atau terapi lainnya. Padahal ada beberapa obat herbal darah tinggi yang bisa menurunkan tekanan darah.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui informasi mengenai obat herbal darah tinggi apa saja yang bisa menurunkan tekanan darah Anda. Beberapa obat herbal di bawah ini bisa menurunkan tekanan darah Anda sehingga hipertensi bisa segera di atasi.

Apa itu hipertensi?

Sebelum mengetahui obat herbal darah tinggi yang bisa mengobati hipertensi, sebaiknya Anda mengenal lebih dulu tentang apa itu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang di mana aliran darah terhadap dinding arteri Anda memiliki tekanan yang tinggi.

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Hal ini pun bisa menimbulkan dampak negatif yang lebih luas lagi, seperti penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, dan lainnya. Oleh karena itu, tekanan darah tinggi harus segera di atasi dengan obat herbal darah tinggi.

Obat herbal darah tinggi

Penggunaan obat herbal darah tinggi ini merupakan cara alami yang bisa mengobati darah tinggi. Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat herbal di bawah ini. Hal ini dikarenakan penggunaan obat herbal dalam jumlah yang berlebihan dan dalam jangka panjang bisa memberikan efek samping.

Baca juga: Hipertensi Tingkatkan Risiko Alzheimer

Berikut ini beberapa obat herbal darah tinggi yang bisa menurunkan tekanan darah:

1. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata tidak hanya berguna untuk bumbu masakan melainkan juga bisa sebagai obat herbal darah tinggi yang ampuh menurunkan tekanan darah Anda. Bawang putih bisa mengatasi hipertensi dengan cara meningkatkan jumlah zat nitrit oksida di dalam tubuh.

Zat nitrit oksida dalam jumlah yang lebih banyak bisa membuat pembuluh darah Anda menjadi lebih lebar dan lebih rileks. Pelebaran diameter pembuluh darah pun akhirnya berdampak pada berkurangnya tekanan darah terhadap dinding arteri. Hipertensi atau tekanan darah tinggi pun bisa diobati.

Mungkin Anda kurang suka dengan aroma dan rasa bawang putih mentah sehingga tidak memungkinkan bagi Anda mengunyah mentah-mentah bawang putih. Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara enak yaitu tambahkanlah bawang putih ke dalam makanan Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan manfaat bawang putih.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu obat herbal darah tinggi yang bisa secara efektif membuah tekanan darah menjadi lebih rendah. Selain itu, pengonsumsian jahe bisa membantu tubuh Anda mengontrol tekanan darah.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jahe bisa membuat otot-otot pembuluh darah menjadi lebih kendur. Hal ini pun membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan tentunya tekanan darah menjadi normal kembali.

Anda bisa mengonsumsi jahe pada makanan atau minuman Anda. Dalam bentuk minuman, Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara minum wedang jahe dan teh jahe, sedangkan pada makanan Anda bisa menambahkannya pada sup, tumisan, atau permen jahe.

3. Kayu Manis

Obat herbal darah tinggi lainnya adalah kayu manis. Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, kayu manis juga bisa mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pastinya tidak sulit untuk mengonsumsi kayu manis dengan cara ditambahkan ke dalam masakan Anda.

Ada banyak aneka masakan lezat baik makanan khas Indonesia maupun makanan mancanegara yang menggunakan kayu manis sebagai bumbu masak. Kayu manis pun juga bisa disajikan dalam bentuk minuman. Anda bisa mendapatkan ekstrak kayu manis dan meracik minuman segar atau hangat.

4. Biji rami

Apakah Anda pernah melihat atau mendengar biji rami? Biji rami juga merupakan obat herbal darah tinggi yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Obat herbal darah tinggi yang satu ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 tersebut telah dibuktikan melalui penelitian bisa menurunkan tekanan darah. Konsumsilah sekitar 40 gram biji rami utuh setiap hari selama 3 bulan. Anda akan mendapatkan khasiat biji rami dan penyakit hipertensi Anda akan segera sembuh.

Anda juga perlu tahu bahwa biji rami juga dapat mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular aterosklerotik, meningkatkan toleransi glukosa, dan bisa sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

5. Basil

Basil tidak hanya berguna sebagai bahan-bahan di dalam resep masakan. Tanaman basil juga bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa ekstrak basil terbukti bisa membuat dinding arteri melebar dan aliran darah menjadi normal.

Anda bisa menambahkan basil segar ke dalam makanan Anda dengan sangat mudah. Pengonsumsian basil bisa terasa menyenangkan dengan cara menambahkan daun basil segar ke dalam sop, pasta, salad, dan aneka masakan lainnya.

6. Biji seledri

Mungkin Anda sudah akrab dengan seledri yang biasa dipakai pada hidangan bubur. Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa ada bagian dari tanaman seledri yang bisa dipakai untuk menurunkan tekanan darah. Bagian dari seledri tersebut adalah bijinya.

Biji seledri merupakan ramuan yang biasa dipakai untuk memasak aneka masakan seperti semur, sop, dan hidangan lainnya. Di negara lain, biji seledri sudah diterapkan pada orang-orang yang menderita hipertensid dan terbukti ampuh.

Anda bisa menikmati biji seledri dengan cara menambahkannya ke dalam jus buah. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi dan mendapatkan khasiat obat herbal darah tinggi yang satu ini dengan cara enak.

7. Kapulaga

Kapulaga adalah salah satu bumbu yang sering dipakai terutama pada makanan khas Sumatra dan mancanegara Timur Tengah dan Asia Selatan. Tanaman herbal kapulaga memang berasal dari India.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa obat herbal darah tinggi yang satu ini yaitu kapulaga bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan. Konsumsilah 1-2 gram kapulaga dalam bentuk bubuk selama 3 bulan. Pengonsumsian bisa dilakukan dengan cara menambahkan bubuk kapulaga ke dalam masakan.

8. Pistachio

Pistachio juga merupakan salah satu obat herbal yang bisa untuk mengobati tekanan darah tinggi. Tanaman herbal yang biasanya dijadikan topping pada berbagai makanan dan cemilan bisa mengurangi pembuluh darah perifer dan mengencangkan pembuluh darah.

Milikilah satu porsi pistachio dalam sehari untuk membantu Anda mengobati tekanan darah tinggi. Pistachio bisa dimasukkan ke dalam makanan dan minuman Anda seperti es krim, puding roti, kue bolu, saus pesto, dan salad.

Baca juga: Super, Ini 3 Kombinasi Jus Sederhana yang Ampuh Lawan Hipertensi

9. Cakar kucing

Mungkin tanaman ini jarang Anda dengar. Tidak seperti lidah kucing yang merupakan nama kue kering yang lezat, cakar kucing adalah salah satu jenis obat herbal darah tinggi yang mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali.

Tanaman cakar kucing biasa dipakai di Cina pada pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ada sebuah penelitian yang membuktikan obat herbal cakar kucing membantu mengurangi tekanan darah. Cakar kucing ini mudah didapatkan dalam bentuk suplemen.

10. Bunga lavender

Bunga lavender tidak hanya cantik dan cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap dekorasi ruangan. Obat herbal darah tinggi yang cantik ini bisa menurunkan detak jantung dan juga tekanan darah.

Mungkin aneh rasanya mengonsumsi bunga lavender dalam bentuk aneka makanand dan minuman. Anda tidak perlu bingung karena bunga lavender yang indah ini bisa Anda konsumsi dengan cara meletakannya pada ayam, ikan, atau daging yang sedang dipanggang atau dibakar.