Terbit: 26 April 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Obat radang tenggorokan yang alami maupun secara medis bisa mengatasi infeksi bakteri Streptococcus grup A di tenggorokan yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Radang tenggorokan dapat diderita oleh semua umur, namun lebih sering dialami anak-anak antara usia 5 sampai dengan 15 tahun dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

obat-radang-tenggorokan.doktersehat

Cara Mengobati Radang Tenggorokan secara Medis 

Infeksi pada tenggorokan dapat menular ke orang lain melalui percikan bersin dan batuk. Nah, sebelum menular ke orang lain, segera cari obat sakit tenggorokan yang menggunakan bahan alami maupun dengan obat-obatan di bawah ini.

Ada banyak pilihan bahan alami dan obat-obatan yang dapat meredakan radang tenggorokan dengan cepat dan ampuh. Berikut ini berbagai obat radang tenggorokan yang alami maupun obat apotek:

1. Antibiotik

Antibiotik dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti radang tenggorokan. Sekadar informasi, obat ini tidak dapat mengobati infeksi virus dan merupakan obat resep (tidak dijual dengan bebas)

Penderita radang tenggorokan perlu mengobatinya dengan antibiotik untuk mencegah komplikasi yang lebih serius seperti radang paru-paru, bronkitis, dan demam rematik. Antibiotik dapat membantu mengurangi nyeri tenggorokan sekitar satu hari, dan menurunkan risiko demam rematik.

Dokter biasanya meresepkan antibiotik yang berlangsung sekitar 5 sampai dengan 10 hari. Penting untuk meminum semua obat yang diresepkan, bahkan jika Anda mulai merasa lebih baik.

JIka berhenti minum obat antibiotik terlalu dini, kemungkinan dapat membuat beberapa bakteri hidup dan akhirnya mengalami kekambuhan. Beberapa obat antibiotik yang biasa diresepkan oleh dokter di antaranya penisilin, sefalosporin, dan makrolida

2. Ibuprofen

Hasil dari uji klinis menunjukkan bahwa obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) yang termasuk ibuprofen ini lebih efektif daripada acetaminophen dalam menghilangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh karena radang . Biasanya dosis akan ditentukan oleh dokter, tergantung keparahannya.

Obat radang tenggorokan  ini membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit yang bersifat sementara meskipun tidak cocok untuk semua orang.

Berdasarkan penelitian, ibuprofen ditemukan dapat  mengurangi sakit tenggorokan akut sebanyak 32% hingga 80% dalam waktu 2 hingga 4 jam.

3. Aspirin

Aspirin dalam dosis 325 miligram dapat menghilangkan sakit karena radang tenggorokan dalam 1 hingga 6 jam setelah meminumnya.

Penelitian menunjukkan bahwa aspirin tidak hanya membantu mengatasi sakit tenggorokan, tetapi juga secara signifikan bisa mengurangi sakit kepala dan nyeri otot.

Perlu diperhatikan, terlalu banyak mengonsumsi obat radang tenggorokan dapat membahayakan lambung dan kerongkongan. Itulah sebabnya harus menggunakannya dengan hati-hati.

4. Acetaminophen

Acetaminophen adalah alternatif sebagai obat sakit tenggorokan yang bagus, meskipun hanya memiliki sifat penghilang rasa sakit.

Penggunaan acetaminophen harus menjadi pilihan pertama jika Anda memiliki riwayat penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), sakit perut, atau penyakit ginjal. Menurut penelitian, 1000 miligram acetaminophen bisa mengurangi nyeri tenggorokan akut sekitar 50% setelah 3 jam.

Perlu diingat, usahakan tidak menggunakan di atas 4000 miligram sehari, karena terlalu banyak minum obat ini dapat menjadi racun bagi hati.

5. Lozenges

Obat radang tenggorokan di apotek memiliki banyak pilihan, salah satunya lozenges yang mengandung berbagai jenis bahan (seperti anti-inflamasi, anestesi, antiseptik) yang bekerja langsung pada tenggorokan yang sakit karena peradangan, dan juga membantu merangsang aliran air liur untuk menjaga tenggorokan tetap lembap.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Alami

Selain menggunakan obat-obatan yang telah dijelaskan di atas, Anda juga bisa mencoba berbagai pengobatan yang alami berikut ini:

6. Minum Air Rebusan Jahe dan Kayu Manis

Obat sakit tenggorokan alami pertama adalah jahe dan kayu manis yang biasa kita temukan di dapur. Lalu bagaimana cara meracik ramuan ini?

Pertama rebuslah segenggam jahe dan kayu manis dalam beberapa gelas air hingga mendidih, kemudian dinginkan dan siap untuk diminum. Bila ingin menambahkan rasa, Anda bisa tambahkanlah sedikit gula merah atau madu. Air rebusan jahe dan kayu manis ini berkhasiat membantu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat.

Hasilnya akan maksimal jika minum segelas air rebusan jahe dan kayu manis ini dua kali sehari. Ingat! jangan minum terlalu banyak karena akan menyebabkan efek samping perut panas atau mulas.

7. Berkumur Air Garam Hangat

Cara mengobati radang tenggorokan ini bisa membantu meredakan dan merangsang air liur. Air garam juga berkhasiat membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Buatlah campuran satu sendok teh garam dengan 200 mililiter air hangat. Berkumurlah secara tengadah dengan campuran ini untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Lakukan cara ini sekitar 2 sampai 3 kali sehari selama masa pengobatan.

8. Minum Madu yang Dicampur Air Hangat

Sebuah penelitian yang dilansir Healthline, menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa obat radang tenggorokan alami ini adalah penyembuh luka yang efektif, ini berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Buatlah campuran satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (bisa ditambahkan lemon). Ramuan dari campuran madu dan air hangat ini dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi akibat bakteri.

9. Berkumur Cuka Sari Apel yang Dicampur Air

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan karena mampu melawan bakteri. Ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa cuka apel sebagai antimikroba dalam mengatasi infeksi.

Sifatnya yang asam, cuka apel dapat digunakan untuk membantu merangsang air liur di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Cobalah membuat campuran satu atau dua sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air dan berkumurlah. Bila ingin meminumnya, campurkan sedikit madu. Anda dapat berkumur sebanyak tiga kali dalam sehari. Pastikan untuk minum banyak air setelah berkumur.

10. Mengonsumsi Bawang Putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih adalah antibiotik alami yang mampu melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Ini berkat kandungan allicin, senyawa organosulfur yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara rutin dapat membantu mencegah virus flu biasa. Mencampurkan bawang putih segar ke dalam makanan juga menjadi cara yang mudah sebagai antimikroba.

Orang tua atau nenek Anda mungkin pernah menyarankan Anda cara mengobati radang tenggorokan dengan mengulum satu siung bawang putih untuk meredakan radang tenggorokan. Mudah bukan?

Meski menimbulkan aroma yang kurang sedap di mulut, bawang putih memiliki banyak khasiatnya untuk pengobatan alami. Tenang, Anda bisa segera menyegarkan mulut dengan menyikat gigi.

Baca Juga: 6 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

11. Minum Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis adalah minuman menyegarkan dan juga sebagai obat radang tenggorokan alami. Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu.

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan, senyawa yang dapat menenangkan sakit tenggorokan dan membantu penyembuhan. Jeruk nipis juga dapat merangsang jumlah air liur yang bisa membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Mencampurkan air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan sedikit madu atau air garam adalah cara mengatasi radang tenggorokan terbaik. 

12. Minum Air Lemon

Selain air jeruk nipis, air perasan lemon juga dapat mengurangi radang tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon. Buah yang memiliki rasa asam ini juga meningkatkan jumlah air liur di mulut yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Cara terbaik untuk memaksimalkan manfaatnya dengan mencampurkan air perasan lemon, air hangat, dan menambahkan sedikit madu atau air garam.

13. Berkumur Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan makanan serbaguna yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang diuji pada hewan menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Minyak kelapa juga sangat menenangkan karena membantu melapisi selaput lendir di tenggorokan.

Anda bisa berkumur dengan minyak kelapa sekitar dua sendok makan per hari adalah cara mengobati radang tenggorokan terbaik. Namun jangan berlebihan ya, karena dapat menimbulkan efek pencahar.

Jika Anda belum pernah mencoba minyak kelapa, mulailah minum satu sendok teh sekaligus untuk mengurangi potensi efek samping.

14. Minum Cairan yang Banyak

Minum cukup air dapat membantu meredakan radang tenggorokan, karena air dapat melumasi, melembapkan, dan menghidrasi sehingga memudahkan Anda untuk menelan makanan.

Pilihlah cairan yang berkualitas tinggi seperti sup kaldu hangat (untuk menggantikan garam dan kehilangan cairan) dan larutan yang mengandung gula untuk membantu tubuh menyerap cairan lebih cepat. Minuman dingin dan es krim juga bisa menenangkan radang tengggorokan.

Meskipun cairan, hindari asupan kafein seperti kopi dan teh, karena dapat menyebabkan dehidrasi atau kehilangan cairan. 

15. Konsumsi Makanan yang Mudah Ditelan

Selain obat sakit tenggorokan alami di atas, tips ini juga merupakan salah satu cara mengatasi radang tenggorokan, lho!

Radang tenggorokan membuat Anda sulit menelan makanan, untuk itu makanlah makanan yang mudah ditelan seperti sup, kaldu, sereal yang dimasak, kentang tumbuk, jus buah-buahan, yoghurt, dan telur dadar atau omelet.

Anda juga bisa melembutkan atau menghaluskan makanan yang keras dengan blender untuk membuatnya lebih mudah ditelan.

_

Itulah obat radang tenggorokan alami maupun secara medis. Sebelum mencoba cara mengobati radang tenggorokan, yang terbaik adalah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2018. What’s the best sore throat medicine to use?. https://www.drugs.com/medical-answers/good-medicine-severe-sore-throat-612310/. (Diakses 16 Maret 2020)
  2. Doerr, Steven. Tanpa Tahun. Strep Throat Symptoms, Causes, Remedies, Antibiotic Treatment, and Cure. https://www.emedicinehealth.com/strep_throat/article_em. htm#what_should_you_know_about_strep_throat. (Diakses 16 Maret 2020).
  3. Higuera, Valencia. 2019. What is strep throat?. https://www.healthline.com/health/strep-throat. (Diakses 14 Agustus 2019).
  4. Mayo Clinic Staff. 2018. Strep throat. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/strep-throat/diagnosis-treatment/drc-20350344. (Diakses 14 Agustus 2019).
  5. Sharon Orrange. 2019. Treating a Sore Throat: Advil, Tylenol, or Aspirin for Pain Relief?. https://www.goodrx.com/blog/treating-sore-throat-pain-advil-tylenol-aspirin/. (Diakses 16 Maret 2020)
  6. Spritzler, Franziska. 2020. 15 natural remedies for a sore throat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631.php. (Dakses 16 Maret 2020).
  7. Watson, Stephanie. 2017. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/sore-throat#when-to-see-a-doctor. (Diakses 16 Maret 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi