Terbit: 12 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Gentamicin salep obat apa? Gentamicin salep adalah jenis obat antobiotik berbentuk salep yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah infeksi kulit akibat bakteri. Pada dasarnya Gentamicin tersedia dalam bentuk obat suntik, infus, tetes, dan juga oles atau salep. Kali ini yang akan kita bahas adalah khusus dalam bentuk obat oles atau Gentamicin salep.

Gentamicin Salep: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Gentamicin salep adalah jenis obat topikal yang penggunaannya tentu saja hanya untuk obat luar atau tidak untuk dimakan dan diminum. Gentamicin diproduksi oleh berbagai perusahaan obat dengan merek Gentamicin atau merek lainnya dan dengan mudah dapat Anda temukan di apotek. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Genatamicin salep meliputi manfaat, dosis, efek samping, hingga perhatian dan peringatan.

Manfaat Gentamicin Salep

Gentamicin atau Gentamisin adalah obat antibiotik yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit. Cara kerjanya adalah dengan menghambat proses sintetis protein pada bakteri yang sedang rentan. Bakteri-bekteri yang dapat diatasi oleh obat ini bermacam-macam, namun kebanyakan adalah bakteri gram negatif.

Berdasarkan cara kerjanya, manfaat Gentamicin salep adalah untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat bakteri. Beberapa kondisi yang bisa diatasi dengan obat ini seperti berbagai infeksi kulit ringan hingga sedang meliputi jerawat, pioderma, dan impetigo. Selain itu, Gentamicin salep juga dipercaya dapat mengobai berbagai kondisi seperti psoriasis, dermatitis, lecet, luka bakar ringan, dan berbagai luka pada kulit lainnya.

Gentamicin salep hanya bisa mengatasi infeksi kulit akibat bakteri dan tidak dapat mengatasi infeski kulit akibat dari virus dan juga jamur. Jadi sebelum menggunakan salep ini ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu penyebab infeksi kulit Anda. Jika tidak mengetahui penyebabnya, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Dosis Gentamicin Salep

Gentamicin salep umumnya tersedia dalam bentuk tube dengan isi 5 gram. Setiap 5 gram Gantamicin salep, terkandung 5 mg Gentamisin sulfat, sehingga kandungan Gentamisin sulfat di dalamnya adalah 0,1% dari keseluruhan komposisi Gentamicin salep.

Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan obat ini adalah 3-4 kali sehari, banyaknya salep yang digunakan mengikuti besarnya infeksi yang diderita pasien. Tidak perlu menggunakannya terlalu banyak, cukup dioleskan tipis saja pada luka.

Perhatikan kebersihan tangan Anda serta kebersihan bagian luka sebelum mengaplikasikan obat ini. Setelah selesai mengaplikasikannya, Anda boleh menutupnya dengan kasa steril jika diperlukan. Jangan aplikasikan obat ini pada area sensitif seperti mata, mulut, dan hidung. Penambahan dan pengurangan dosis serta penggunaan bersama obat lain harus dikonsultasikan lebih dulu pada dokter.

Efek Samping Gentamicin Salep

Gentamicin salep yang merupakan obat luar, memiliki kemungkinan kecil memberikan efek samping ke dalam tubuh. Efek samping yang mungkin muncul dalam penggunaan obat ini adalah seperti rasa gatal, kemerahan, dan iritasi ringan pada kulit. Efek samping lainnya yang mungkin terjadi namun jarang adalah seperti pembengkakan dan kesulitan bernapas.

Jika Anda mengalami efek samping seperti yang sudah disebutkan, lebih baik hentikan penggunaan obat ini. Jika gejala efek samping tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk ditindaklanjuti.

Perhatian dan Peringatan

Sebelum menggunakan Gentamicin salep, berikut adalah beberapa hal bisa menjadi perhatian dan peringatan bagi Anda:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap Gentamisin sulfat dan bahan lainnya yang terkandung dalam obat salep ini.
  • Penggunaan pada wanita yang sedang program hamil, wanita hamil, dan ibu menyusui tidak disarankan kecuali sesuai dengan rekomendasi dokter. Gentamicin salep termasuk obat kategori C untuk ibu hamil, yang artinya dapat berisiko dan hanya digunakan jika memang diperlukan. Sedangkan Gentamicin suntik dan infus masuk ke kategori D yang artinya terbukti berisiko dan hanya digunakan jika darurat.
  • Gentamicin salep adalah jenis antibiotik sehingga harus digunakan dengan resep dokter. Penggunaan obat jenis antibiotik untuk jangka waktu yang lama bisa membuat penyakit menjadi resisten terhadap obat tersebut atau terjadi infeksi sekunder. Konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami hal tersebut.
  • Jangan menghentikan penggunaan obat, menambahkan dosis, atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi pada dokter.
  • Jangan gunakan obat ini tanpa tahu jenis infeksi apa yang Anda alami.

Interaksi dengan Obat Lain

Efek dari beberapa obat dapat berubah jika Anda mengonsumsi obat lain atau produk herbal pada saat yang bersamaan, seperti dilansir WebMD. Ini dapat meningkatkan risiko untuk efek samping yang serius atau dapat menyebabkan obat-obatan Anda tidak berfungsi dengan benar. Interaksi sentamicin salep mungkin, tetapi tidak selalu terjadi. Dokter atau apoteker biasanya dapat mencegah atau mengelola interaksi dengan mengubah cara menggunakan obat-obatan Anda atau dengan pemantauan ketat.

Untuk membantu dokter dan apoteker memberi Anda perawatan terbaik, pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat yang tidak diresepkan, dan produk herbal) sebelum memulai perawatan dengan gentamicin salep. Saat menggunakan produk ini, jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat-obatan lain yang Anda gunakan tanpa persetujuan dokter Anda.

Overdosis

Gentamicin salep bisa berbahaya jika tertelan. Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, segera hubungi 118 atau 119.

Catatan: Jangan berbagi gentamicin salep dengan yang lain. Obat ini telah diresepkan hanya untuk kondisi Anda saat ini. Jangan menggunakannya nanti untuk infeksi lain kecuali dokter menyuruh Anda.

Tidak ada dosis: Jika Anda melewatkan jadwal obat atau lupa, gunakan segera setelah Anda ingat. Jika sudah mendekati jadwal obat berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian obat yang biasa Anda lakukan. Jangan menggandakan penggunakan untuk mengejar jadwal yang terlewat.

Penyimpanan gentamicin salep: Simpan pada suhu kamar antara 59-86 derajat F (15-30 derajat C). Jauhkan obat dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika sudah kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Hubungi apoteker Anda atau perusahaan pembuangan limbah setempat untuk perincian lebih lanjut tentang cara membuang gentamicin salep dengan aman.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi