Folamil Genio: Manfaat, Dosis, Efek Samping

folamil-genio-doktersehat

DokterSehat.Com – Folamil Genio obat apa? Folamil Genio adalah suplemen dengan kandungan multivitamin, asam folat, DHA, kalsium, dan mineral lainnya. Suplemen ini merupakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu hamil dan menyusui. Ketahui selengkapnya tentang kandungan, manfaat, dosis, hingga efek samping dari suplemen ini!

Kandungan Folamil Genio

Berikut adalah kandungan Folamil Genio berikut dengan takaran dan sedikit penjelasan tentang manfaatnya:

1. Asam Folat 1 mg

Asam Folat merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan pembelahan sel. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan sejak mempersiapkan kehamilan hingga masa menyusui.

2. Beta-karoten 10,000 IU

Beta-karoten merupakan pigmen warna merah-jingga yang sering ditemukan dalam buah dan sayur. Di dalam tubuh, beta-karoten diubah menjadi vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Pada wanita hamil, manfaat zat ini adalah untuk membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan, hingga mencegah gangguan pasca melahirkan seperti demam hingga diare.

3. Vitamin B1 3 mg

Vitamin B1 memiliki peran untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan berbagai masalah tubuh yang nantinya dapat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Vitamin ini juga memiliki peran dalam pembentukan dan pemeliharaan sistem saraf.

4. Vitamin B2 3.4 mg

Vitamin B2 baik untuk kesehatan penglihatan dan kulit. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam pembentukan energi serta pencegahan anemia jika dikombinasikan dengan zat besi.

5. Nikotinamida 20 mg

Nikotinamida merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3. Vitamin ini jika dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mengurangi risiko keguguran hingga mencegah terjadinya cacat lahir.

6. Vitamin B6 2 mg

Vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah merah dan sintetis serta pemecahan protein. Vitamin ini juga berperan dalam perkembangan sel saraf dan otak, serta dapat mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil.

7. Calsium D-pantothenate 7.5 mg

Calsium D-pantothenate adalah zat yang biasa digunakan untuk perawatan tulang keropos, kekurangan kalsium, defisiensi vitamin D, dan masih banyak lagi. Bersama dengan kalsium karbonat, zat ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

8. Kalsium karbonat 100 mg

Memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil dan menyusui bersama dengan calsium D-pantothenate.

9. Vitamin B12 4 mcg

Vitamin B12 memiliki peran dalam sintetis DNA, sehingga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

10. Vit D3 400 IU

Vitamin D baik untuk dikonsumsi saat persiapan kehamilan dan sepanjang kehamilan. Vitamin ini berperan untuk memaksimalkan penyarapan kalsium dan fosfat dalam tubuh agar pertumbuhan tulang dan gigi tetap terjaga.

11. Vitamin K1 50 mcg

Vitamin K1 memiliki peran penting pada pebekuan darah. Vitamin ini memiliki fungsi untuk mencegah pendarahan pada bayi yang baru saja lahir.

12. Biotin 30 mcg

Biotin atau vitamin H atau bentuk lain vitamin B7 ini juga merupakan vitamin yang penting untuk perkambangan janin. Biotin memiliki peran dalam perkembangan rambut dan kuku hingga perkembangan sumsum tulang belakang dan sel-sel darah.

13. Copper gluconate 0.1 mg

Copper gluconate adalah zat yang berfungsi untuk mencegah defisiensi tembaga, berperan dalam penyembuhan luka, dan berfungsi memelihara tulang dan sendi.

14. Iron polymaltose complex (IPC) 30 mg

Iron polymaltose complex atau zat besi juga merupakan zat penting dalam masa kehamilan. Zat besi mencegah berperan dalam pembentukan hemoglobin. Zat besi juga membantu Anda untuk terhindar dari infeksi serta menurunkan risiko bayi lahir dengan berat di bawah normal.

15. DHA dari alga 40 mg

DHA adalah asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan selama pertumbuhan janin. DHA diklaim sangat penting untuk perkembangan otak janin dan anak agar dapat tumbuh cerdas.

16. Asam arakidonat 8 mg

Asam arakidonat atau ARA adalah bentuk asam lemak lainnya yang juga penting untuk perkembangan otak bayi seperti DHA.

Manfaat Folamil Genio

Berdasarkan kandungan multivitamin dan mineral yang menyusun suplemen ini, manfaat Folamil Genio adalah sebagai nutrisi tambahan bagi ibu hamil dan juga menyusui. Suplemen ini dapat mencegah terjadinya cacat bawaan, mencegah keguguran di awal kahamilan, memberikan nutrisi yang baik untuk otak bayi, dan membantu pertumbuhan jaringan lainnya pada bayi.

Pada masa ibu menyusui, bayi juga masih membutuhkan berbagai nutrisi yang diberikan melalui ASI. Suplemen ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang mineral yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayinya.

Dosis Folamil Genio

Folamil Genio adalah jenis suplemen sehingga bisa didapatkan secara bebas tanpa resep dokter. Tetapi suplemen ini tetap harus digunakan sesuai dengan dosis yang disarankan karena asupan multivitamin dan mineral yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut adalah dosis Folamil Genio yang disarankan:

  • Ibu hamil: 1 kapsul lunak per hari.
  • Ibu menyusui: 1 kapsul lunak per hari.

Suplemen ini sebaiknya dikonsumsi sehabis makan. Pada kehamilan trimester kedua hingga masa menyusui, Anda juga bisa menggunakan Folamil Gold yang memiliki kandungan DHA dan kalsium karbonat lebih tinggi. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter tentang penggunaan suplemen ini agar dapat mengetahui suplemen mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, jangan mengganti dosis suplemen tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Efek Samping Folamil Genio

Folamil Genio merupakan jenis suplemen sehingga relatif aman untuk digunakan. Hingga saat ini belum dilaporkan adanya efek samping Folamil Genio yang dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Jika Anda mengalami reaksi yang tidak diinginkan setelah menggunakan obat ini, sebaiknya langsung hentikan penggunaan obat dan konsultasikan ke dokter.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum menggunakan suplemen ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang hipersensitif terhadap salah satu komponen yang ada dalam komposisi suplemen ini.
  • Jangan gunakan obat ini pada pasien hiperkalsemia, penderita penyakit Wilson, gangguan hati dan ginjal akut, kelebihan zat besi, asma, hepatitis, dan sirosis hati.
  • Jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini.