Terbit: 1 April 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Obat flu alami seperti jahe, madu, vitamin C, minuman probiotik, dll digunakan untuk meringankan gejala flu.. Ketahui rekomendasi obat flu alami yang paling ampuh dalam artikel ini.

obat-flu-alami-doktersehat

Obat Flu Alami yang Paling Manjur

Gejala flu seperti kedinginan, demam, hidung tersumbat, dan beringus mungkin membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda dapat menggunakan obat antiflu atau memilih alternatif obat herbal flu seperti:

1. Vitamin C

Vitamin C adalah agen pembentuk antibodi yang kuat untuk melawan virus termasuk virus penyebab flu biasa. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu meringankan gejala flu hingga meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sumber vitamin C untuk meningkatkan antibodi yang dapat ditemukan di jeruk, jeruk nipis, lemon, jeruk bali, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan lainnya.

Selain itu, teh hangat dengan perasan jeruk lemon sangat cocok untuk menenangkan gejala flu dan sakit tenggorokan. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan.

2. Jahe

Jahe adalah obat herbal flu yang paling sering digunakan. Beberapa produk obat flu juga menggunakan campuran ekstrak jahe karena jahe mengandung efek antiinflamasi dan efek menenangkan. Jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari patogen berbahaya.

Berdasarkan penelitian, jahe juga dapat mengatasi gejala mual, muntah, sakit tenggorokan, meredakan pilek, hidung tersumbat, dan membantu menenangkan gejala flu biasa lainnya. Anda dapat mengambil manfaat jahe ini dengan minum teh jahe atau susu jahe hangat setiap malam.

Baca Juga: 7 Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

3. Madu

Tahukah Anda madu juga termasuk dalam obat flu tradisional? Madu mengandung sifat antibakteri dan antimikroba alami yang dipercaya mampu mengatasi gejala flu.

Apabila sedang mengalami flu, segera minum teh hangat yang dicampur madu atau dengan tambahan jahe juga. Minuman herbal ini akan membantu melegakan pernapasan dan menghangatkan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada anak-anak yang sedang mengalami gejala flu dan batuk, anak-anak yang diberikan 10 gram madu setiap malam sebelum tidur mengalami penurunan gejala batuk dan flu sehingga mereka dapat tidur lebih nyenyak. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk obat flu alami.

4. Echinacea

Echinacea adalah tumbuhan berbunga yang tumbuh di Amerika Utara bagian timur dan tengah yang telah digunakan sebagai obat alami sejak 400 tahun. Echinacea memiliki bahan aktif yaitu flavonoid yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Berdasarkan penelitian terbatas, campuran ekstrak echinacea dapat meredakan hingga 50% gejala flu dan pilek. Anda dapat minum teh hangat dengan campuran 1 hingga 2 gram akar echinacea 3 kali sehari.

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu utama yang ada di hampir semua masakan tradisional. Selain menambah rasa dan aroma makanan, bawang putih juga memiliki senyawa allicin yang merupakan sifat antimikroba yang kemudian dikaitkan dapat meredakan keparahan gejala pilek.

Berdasarkan penelitian, bawang putih juga dapat mengatasi efek kedinginan akibat flu dan pilek. Anda dapat menambahkan bawang putih ke dalam berbagai menu makanan Anda untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan alami.

Baca Juga: 7 Perbedaan Corona dan Flu yang Perlu Diketahui

6. Sup Ayam

Menikmati semangkuk sup ayam hangat saat sedang flu adalah pilihan terbaik. Sup ayam bukan obat flu alami, namun dapat membantu Anda mengelola gejala flu, pilek, demam, dan kedinginan.

Berdasarkan penelitian terbatas, semangkuk sup ayam hangat dengan sayuran dapat memperlambat pergerakan neutrofil yaitu sel darah putih umum yang berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Berdasarkan studi lainnya, sup ayam mengandung nilai gizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Manfaat sup ayam juga untuk melegakan pernapasan dengan cara membersihkan lendir yang menyumbat akibat flu.

7. Minuman Probiotik

Probiotik juga termasuk obat flu tradisional. Probiotik adalah bakteri baik untuk menjaga fungsi usus agar tetap sehat. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan virus penyebab flu. Kandungan probiotik juga dapat mengurangi risiko sakit akibat infeksi saluran pernapasan atas.

Contoh probiotik adalah yogurt, kefir, tempeh, kimchi, miso, kombucha, acar, dll. Selain memiliki potensi untuk kekuatan sistem kekebalan tubuh, probiotik seperti yogurt juga termasuk cemilan sehat dan enak untuk berbagai manfaat kesehatan.

8. Minyak Esensial

Saat Anda flu, Anda mungkin mengalami hidung tersumbat yang membuat tidak nyaman serta mengganggu aktivitas.

Anda dapat menggunakan minyak esensial seperti minyak kayu putih yang memiliki sifat antivirus dan antimikroba untuk membantu melegakan hidung tersumbat dan menghangatkan. Selain itu, Anda dapat menggunakan jenis minyak esensial lainnya seperti minyak peppermint, minyak esensial lemon, dan lainnya.

9. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi flu lainnya adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat juga dapat mengurangi gejala pilek dan flu pada orang dewasa, terlebih lagi bila Anda menambahkan garam Epsom atau minyak esensial seperti tree tea oil, rosemary, thyme, jeruk, lavender, eucalyptus, dll.

Beberapa rekomendasi obat herbal flu tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus-virus penyebab flu serta meringankan gejala flu tersebut. Walaupun demikian, tetap konsultasikan pada dokter untuk gejala penyakit yang Anda alami demi pengobatan dan perawatan terbaik. Semoga informasi kesehatan tentang obat flu tradisional ini bermanfaat bagi Anda.

 

  1. Jovinally, Joann. 2017. 11 Cold and Flu Home Remedies. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies. (Diakses pada 1 April 2020).
  2. The Healthy Maven. 2017. Natural Cold and Flu Remedies That Work. https://www.thehealthymaven.com/10-natural-cold-and-flu-remedies-that-work/. (Diakses pada 1 April 2020).
  3. Wait, Marianne. 2013. Natural Cold Remedies: What to Know. https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/four-natural-cold-remedies-do-they-work#1. (Diakses pada 1 April 2020).
  4. White, Adrian. 2018. How Does Ginger Help a Sore Throat?. https://www.healthline.com/health/ginger-for-sore-throat. (Diakses pada 1 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi