Terbit: 24 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Fituno adalah multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketahui Fituno obat apa, manfaat, dosis, efek samping, dan cara penggunaannya dalam informasi kesehatan ini. 

Fituno: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, dll

Rangkuman Informasi Obat Fituno 

 Nama Obat

 Fituno 

 Kandungan Obat

 Ekstrak echinacea, morindae, phyllanthi, vitamin B1, B6, dan vitamin E

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

 Kelas Obat

 Multivitamin 

 Kategori Obat

 Obat bebas 

 Manfaat Obat

 Membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus dan patogen penyebab penyakit. 

 Kontraindikasi Obat

 Hipersensitivitas

 Sediaan Obat

 Kaplet 

 Harga Obat

 Rp125.000/boks @30 tablet 

Harga vitamin Fituno mungkin berbeda pada setiap apotek atau toko obat online

Fituno Obat Apa?

Fituno adalah multivitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun agar kuat dalam melawan virus dan patogen penyebab infeksi tertentu. Multivitamin ini mengandung bahan herbal dan vitamin alami, termasuk: 

  • Echinacea/bunga coneflower (150mg)
  • Morindae/mengkudu (50 mg)
  • Phyllanthi/ tanaman meniran (100 mg)
  • Multivitamin B1 HCL (50 mg) dan vitamin B6 HCL (5 mg)
  • Kandungan vitamin E (5 mg) 

Konsumsi multivitamin dapat membuat tubuh menjadi kuat dan sehat sehingga tidak mudah tertular penyakit. Selain itu, kandungan herbal dalam multivitamin Fituno juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah paparan radikal bebas. 

Merek Dagang Fituno 

Fituno adalah merek dagang yang dikeluarkan dari perusahaan farmasi Kimia Farma PT. Multivitamin lain yang mengandung ekstrak echinacea, mengkudu, tanaman meniran, vitamin B1, B6, dan vitamin E juga dijual dengan merek dagang lain yaitu Imunos Plus. 

Fungsi Obat Fituno 

Vitamin Fituno bermanfaat untuk menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setiap orang harus memiliki sistem imun yang kuat agar terhindar dari penyakit dan infeksi, terutama pada masa pandemi. 

Fituno mengandung bahan herbal alami dengan fungsi masing-masing, termasuk: 

1. Fungsi Ekstrak Echinacea

Manfaat ekstrak echinacea meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan sebagai sistem imun untuk melawan infeksi. Echinacea dikenal sebagai obat herbal untuk mencegah pilek dan flu. 

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Payudara!

2. Manfaat Morindae Citrifolia

Ekstrak morindae citrifolia (mengkudu) untuk meningkatkan energi, meningkatkan kesehatan fisik, dan melancarkan pencernaan. Bahkan, banyak warga Eropa yang menggunakan mengkudu sebagai obat herbal untuk demam, meredakan nyeri, meningkatkan kualitas tidur, hingga mengatasi gejala asma. 

3. Manfaat Ekstrak Phyllanthi

Ekstrak phyllanthi dipercaya memiliki antigen alami yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun untuk melindungi kesehatan liver dan ginjal. Phyllanthi atau tanaman meniran juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi hepatitis B. 

Baca Juga: Meniran Hijau: Kandungan, Manfat, dan Efek Sampingnya

4. Manfaat Multivitamin B1 dan B6

Fungsi vitamin B6 dan B1 meningkatkan produksi energi, memperbaiki DNA, dan kesehatan sistem saraf. Anda bisa mendapatkan asupan alami vitamin B1 dan B6 dari makanan seperti daging, telur, nasi merah, susu, keju, brokoli, bayam, ikan, daging ayam, dan kacang-kacangan. 

5. Manfaat Vitamin E

Vitamin yang berperan sebagai antioksidan dan penting untuk kesehatan otak, fungsi darah, kulit, mata, dan reproduksi. Bukan hanya asupan vitamin C, vitamin E juga dapat meningkatkan sistem imun secara natural. 

Peringatan Obat Fituno 

Multivitamin ini cenderung aman digunakan untuk dewasa namun ada beberapa peringatan yang harus diketahui, seperti: 

  • Tidak ada standar khusus untuk menentukan dosis, fungsi, atau komposisi multivitamin jadi setiap produk dan merek dagang memiliki aturan masing-masing. 
  • Multivitamin in mengandung obat herbal yang mungkin tidak aman untuk orang yang alergi akan kandungan tersebut. 
  • Wanita hamil, menyusui, dan lansia harus berkonsultasi ke dokter sebelum memilih multivitamin tertentu. 

Interaksi Obat Fituno 

Interaksi obat adalah reaksi lain atau efek samping yang mungkin terjadi bila Anda menggunakan dua obat (atau lebih) dalam waktu yang sama. Banyak yang tidak mengira jika multivitamin juga dapat memicu interaksi obat bila digunakan bersamaan dengan obat lain termasuk obat herbal, obat resep, atau vitamin lainnya. Belum ada data mengenai interaksi vitamin Fituno dengan obat lain, namun sebaiknya Anda beri jeda 2-3 jam untuk mengonsumsi obat lain. 

Efek Samping Obat Fituno 

Belum ada catatan tentang efek samping vitamin fituno. Vitamin untuk kekebalan tubuh ini cenderung aman dikonsumsi tanpa efek samping.

Dosis Obat Fituno 

Dosis vitamin Fituno adalah 2 kapsul setiap hari. Minum vitamin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. 

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Terhindar dari Virus dan Bakteri)

Cara Pakai Obat Fituno 

Berikut ini panduan minum vitamin secara umum:

  • Minum vitamin ini dua kali sehari. 
  • Jangan minum vitamin lebih dari dosis karena ada risiko overdosis vitamin. 
  • Vitamin B kompleks sebaiknya diminum di pagi hari saat perut kosong karena dapat meningkatkan energi dan suasana hati. 
  • Sebaiknya, minum vitamin pada jam yang sama agar Anda mudah mengingatnya. 
  • Tetap perhatikan asupan makanan Anda agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. 

Petunjuk Penyimpanan Obat Fituno 

Berikut ini petunjuk penyimpanan obat-obatan secara umum:

  • Simpan vitamin pada suhu kurang dari 30°C.
  • Simpan obat dalam kotak P3K khusus, laci, atau wadah yang tertutup rapat dan terhindar dari paparan langsung sinar matahari atau tempat yang panas.
  • Bawa vitamin kemanapun Anda pergi, namun simpan pada kemasan aslinya. 
  • Jauhkan semua jenis obat dan vitamin dari jangkauan anak-anak.
  • Tidak boleh membuang sisa obat apapun sembarangan untuk mencegah pencemaran lingkungan atau penyalahgunaan sisa obat.

Itulah pembahasan Fituno obat apa. Fituno adalah vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Informasi ini tidak menggantikan konsultasi langsung dengan dokter. 

 

  1. Brett J. West, Shixin Deng, Fumiyuki Isami, Akemi Uwaya, Claude Jarakae Jensen. 2018. The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29641454/. (Diakses pada 24 November 2020).
  2. Busch, Sandi. 2018. What Are the Benefits of Vitamins B1, B6 & B12?. https://healthyeating.sfgate.com/benefits-vitamins-b1-b6-b12-7897.html. (Diakses pada 24 November 2020).
  3. Kimia Farma. 2020. Leaflet Obat Vitamin Fituno. (Diakses pada 24 November 2020).
  4. MIMS. 2020. Imunos Plus. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/imunos%20plus?type=brief&lang=id. (Diakses pada 24 November 2020).
  5. Palsdottir, Hrefna, MS. 2019. Do Multivitamins Work? The Surprising Truth. https://www.healthline.com/nutrition/do-multivitamins-work#_noHeaderPrefixedContent. (Diakses pada 24 November 2020).
  6. Wong, Cathy. 2020. The Health Benefits of Phyllanthus. https://www.verywellhealth.com/the-health-benefits-of-phyllanthus-89497. (Diakses pada 24 November 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi