Terbit: 22 Agustus 2018 | Diperbarui: 5 Januari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – FG Troches obat apa? FG Troches atau FG Troches Meiji adalah obat tablet hisap dengan bahan antibiotik Fradiomycin dan Gramicidin. Obat ini dapat membantu mengatasi peradangan dan juga infeksi akibat bakteri tertentu seperti bakteri Fusobacterium spp, Propionibacterium acnes, Stafilokokus, Streptokokus, dan Bacteroides.

FG Troches: Manfaat, Dosis, Efek Samping, DLL

Manfaat FG Troches

FG Troches dikenal sebagai obat pereda radang tenggorokan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa obat ini mengatasi peredangan akibat bakteri. Selain radang tenggorokan, FG Troches juga ampuh untuk mengatasi amandel, sariawan, radang gusi, radang mulut, bronkitis, dan juga infeksi gusi.

Bentuknya yang merupakan tablet hisap meyerupai permen membuat pengunaan FG Troches dianggap sepele. Padahal setiap obat tentunya sudah memiliki aturan pakainya masing-masing. Penggunaan FG Troches yang termasuk golongan antibiotik harus sesuai indikasi dan harusnya dengan resep dokter.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan FG Troches

Penggunaan obat FG Troches diberikan setelah makan. Cara menggunakannya adalah dengan cara dihisap hingga habis. Simpan obat di suhu ruangan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Tanyakan pada apoteker jika ada petunjuk penyimpanan obat yang masih kurang jelas. Jika produk sudah memasuki masa expired, jangan simpan obat tapi jangan buang sembarangan. Minta petunjuk pada apoteker untuk petunjuk pembuangan obat.

Dosis FG Troches

FG Troches tersedia dalam bentuk tablet dengan komposisi 2,5 mg Fradiomycin Sulfate dan 1 mg Gramicidin. Tablet hisap FG Troches Meiji berbentuk bulat dengan lubang ditengah agar dapat lebih mudah dihisap. Dosis harus disesuaikan dengan petunjuk dokter, namun dosis umum yang diberikan adalah sebagai berikut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement
  • Dosis FG Troches untuk dewasa : 1-2 tablet hisap diberikan 4-5 kali perhari
  • Dosis FG Troches untuk anak: 1 tablet hisap diberikan 4-5 kali perhari.

Penggunaan FG Troches tidak boleh melebihi waktu satu minggu. Jika setelah penggunaan seminggu kondisi belum juga membaik, segera hubungi dokter kembali.

Efek Samping FG Troches

Secara umum obat ini jarang menimbulkan efek samping serius. Meskipun begitu ada beberapa efek samping yang tetap harus Anda waspadai dari penggunaan obat ini. Efek samping tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Lidah berubah warna kehitaman, mukosa mulut kemerahan, dan juga infeksi lidah seperti Glositis.
  • Defisiensi vitamin K, ditandai dengan adanya risiko pendarahan.
  • Defisiensi vitamin B, ditandai dengan sariawan, Glositis, nyari saraf, dan juga nafsu makan yang berkurang

Efek samping bisa terjadi akibat penggunaan obat yang tidak sesuai aturan, pada lansia, dan juga pada orang kekurangan gizi. Jika timbul efek samping yang disebutkan di atas atau efek samping lainnya, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter.

Peringatan dan Perhatian FG Troches

Sebelum mengonsumsi obat ini, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Sebagai salah satu jenis obat antobiotik, penggunaan obat harus tepat sasaran. Gunakan FG Troches hanya apabila bakteri penyebab infeksi adalah bakteri yang sensitif terhadap FG Troches. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan diagnosa penyakit sebelum penggunaan obat ini.
  • Dilarang menggunakan obat ini dalam jangka waktu terlalu lama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak boleh menggunakan obat ini lebih dari satu minggu.
  • Penggunaan obat ini pada lansia bisa menyebabkan avitominosis atau kondisi kekurangan vitamin penting tertentu. Pastikan konsumsi pada lansia di bawah pengawasan dokter.
  • Jika timbul reaksi alergi seperti gatal, kulit kemerahan, hingga kesulitan bernapas, hentikan penggunaan obat dan segera hubungi dokter.
  • Fradiomycin Sulfate masuk ke dalam Kategori D untuk penggunaan pada ibu hamil yang artinya digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan dan dalam kondisi mengancam jiwa. Sedangkan Gramicidin belum diketahui kategorinya, namun tetap tidak disarankan. Lebih baik dihindari dan diganti dengan antibiotik lain sesuai saran dokter.
  • Sama seperti pada ibu hamil, ibu menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi FG Troches karena ditakutkan akan memberi efek tidak baik pada bayi.

Interaksi Obat

Interaksi obat dengan makanan, minuman, dan juga jenis obat lainnya bisa menurunkan cara kerja obat menjadi tidak efektif dan juga menaikkan risiko efek samping. Untuk mengetahui daftar obat (resep, non-resep, herbal), makanan, dan minuman yang mungkin berinteraksi dengan FG Troches, konsultasikan dengan apoteker atau dokter. Pergantian dosis juga harus dengan persetujuan dokter.

Harga FG Troches

FG Troches tersedia di berbagai apotek dan toko obat. Harga FG Troches di setiap apotek dan toko obat dapat berbeda-beda.

Sumber:

  1. Anonim. FG Troches Meiji. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/fg%20troches%20meiji. (Diakses 5 Desember 2019).
  2. Anonim. FG Troches Meiji. drugs.com/international/fg-troches-meiji.html. (Diakses 5 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi