Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Etabion obat apa? Etabion adalah suplemen mineral dan vitamin yang biasanya digunakan oleh penderita anemia dan. Para ibu hamil juga sering dianjutkan untuk minum obat etabion agar tetap terjaga asupan mineral dan vitamin yang dibutuhkan pada saat kondisi tersebut.

Etabion – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat etabion termasuk informasi tentang indikasi etabion, kontraindikasi etabion, bentuk sediaan etabion, manfaat etabion, dosis etabion, dan efek samping etabion.

  • Nama: Etabion
  • Kelas Terapi:  Anemia defisiensi besi dan Anemia megaloblastik
  • Monografi Obat: Fero glukonat, Asam folat, dan Sianokobalamin

Indikasi Etabion

Penggunaan obat etabion biasa dipakai oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan para ibu hamil membutuhkan tambahan asupan mineral dan vitamin terutama zat besi dan asam folat. Orang dewasa yang tidak hamil juga bisa menggunakan obat etabion apabila ia mengalami anemia.

Para penderita anemia baik anemia defisiensi besi dan anemia megaloblastik bisa minum obat etabion untuk mengatasi kekurangan zat besi atau kekurangan asam folat yang sedang diderita. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda benar-benar mengalami defisiensi besi atau asam folat sebelum minum obat etabion.

Tidak semua jenis anemia bisa diatasi dengan menggunakan obat etabion. Para penderita anemia yang disebabkan oleh erosi lambung, cacingan, atau adanya kanker pada saluran pencernaan tidak bisa diatasi dengan minum obat etabion.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Etabion bisa digunakan pada individu yang memiliki faktor risiko mengalami kekurangan zat besi. Etabion bisa diminum oleh orang-orang yang memiliki masalah penyerapan, menoragi, gastrektomi, hemodialisis, dan lainnya. Obat etabion bisa juga dipakai oleh orang-orang yang memiliki faktor risiko defisiensi asam folat seperti gastritis autoimun.

Kontraindikasi Etabion

Meskipun penggunaan obat etabion bisa digunakan untuk ibu hamil, tetapi para ibu hamil sebaiknya memastikan minum obat etabion setelah dianjurkan oleh dokter atau bidan. Pada etabion terdapat kandungan asam folat yang tidak bisa diberikan secara tunggal pada penderita anemia pernisiosa Addison.

Tidak boleh minum obat etabion sebelum memastikan kekurangan asam folat. Hal ini dikarenakan bisa memicu neuropati. Pastikanlah Anda tidak memiliki alergi atau hipersensitivitas pada kandungan obat etabion yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Bentuk Sediaan Etabion

Obat etabion yang ada di pasaran memiliki bentuk sediaan kapsul. Penggunaan obat etabion dilakukan secara oral. Kandungan obat etabion terdiri dari fero glukonat, asam folat, vitamin C, vitamin D, mangan mulfat dan cupri sulfat.

Penambahan kandungan vitamin C bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi. Simpanlah obat etabion ini di dalam ruangan dengan suhu di bawah 30 derajat celcius. Janganlah membiarkan obat etabion terpapar cahaya matahari secara langsung dan lama.

Manfaat Etabion

Etabion memiliki beberapa manfaat. Manfaat etabion tentunya bisa untuk mengatasi anemia. Jenis anemia yang bisa diatasi adalah anemia defisiensi besi (kekurangan zat besi) dan anemia megaloblastik (kekurangan asam folat/ vitamin B12).

Manfaat etabion yang mengandung mineral penting yaitu zat besi membantu tubuh untuk memproduksi dan mengatur hemoglobin sehingga seluruh anggota tubuh bisa mendapatkan oksigen dan zat-zat gizi yang diperlukan.

Kandungan asam folat pada obat etabion bermanfaat untuk menjaga tumbung kembang janin di dalam rahim dan berguna untuk proses sintesis purin dan pirimidin serta menjaga fungsi otak tetap normal. Manfaat etabion juga untuk pembentukan dan menjaga sel-sel darah merah.

Manfaat etabion bisa membantu proses pernapasan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh dari infeksi melalui kandungan vitamin C sebagai antioksidan. Obat etabion masih memiliki manfaat di dalam pembentukan tulang dan gigi janin dan juga menjaga tulang ibu hamil.

Dosis Etabion

Dosis etabion yang biasanya diperuntukkan bagi ibu hamil adalah 2 kapsul dalam sehari. Para penderita anemia atau yang memiliki faktor risiko anemia defisiensi besi dan anemia megaloblastik juga memiliki dosis yang sama yaitu 2 kapsul per hari. Pemberian pada anak-anak harus dengan resep dan anjuran dari dokter.

Efek Samping Etabion

Meskipun bisa diminum pada saat perut kosong, tetapi obat etabion sebaiknya diminum setelah makan. Hal ini bisa mencegah efek samping etabion yaitu perubahan warna tinja dan gastrointestinal.

Efek samping etabion juga bisa menyebabkan rasa mual dan sakit perut atau diare. Obat etabion juga bisa menyebabkan konstipasi pada pasien yang sudah berusia tua atau lansia. Obat etabion juga bisa saja memiliki efek samping berupa tanda-tanda alergi. Segeralah pergi ke dokter apabila anak Anda merasa gatal, muntah, sakit kepala, ruam, dan mual.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi