Em Kapsul – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-em-kapsul-doktersehat
Photo source: Sjinternasional.com

DokterSehat.Com – Em Kapsul obat apa? Em Kapsul adalah obat yang terbuat dari beberapa jenis bahan-bahan herbal. Penggunaan obat em kapsul yang paling umum adalah untuk mengatasi masalah siklus haid yang tidak teratur. Obat em kapsul digolongkan ke dalam jenis jamu dan dijual secara bebas. Ada juga orang yang menyebut m kapsul.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat em kapsul termasuk informasi tentang indikasi em kapsul, kontraindikasi em kapsul, bentuk sediaan em kapsul, manfaat em kapsul, dosis em kapsul, dan efek samping em kapsul.

  • Nama: Em kapsul
  • Kelas Terapi:  »
  • Monografi Obat:

Indikasi Em Kapsul

Obat em kapsul bisa digunakan oleh para pasien atau konsumen yang memiliki indikasi. Wanita yang memiliki masalah terlambat datang bulan atau siklus haid yang tidak teratur bisa mengonsumsi m kapsul agar siklus haid menjadi lancar dan teratur.

Penggunaan obat m kapsul juga bisa digunakan pada pasien yang sedang mengalami dismenor atau kram perut sebelum atau saat sedang haid. Obat em kapsul mampu meredakan nyeri haid.

Perempuan yang sedang mengalami keputihan yang tidak wajar atau memiliki bau tidak sedap pada area kewanitaan bisa diobati dengan mengonsumsi m kapsul. Wanita haid yang biasanya lebih lesu dan lemah bisa mengonsumsi em kapsul untuk meningkatkan vitalitas tubuh.

Kontraindikasi Em Kapsul

Obat m kapsul memiliki kontraindikasi sehingga pasien atau konsumen yang memiliki kontraindikasi tersebut tidak bisa mengonsumsi em kapsul. Para wanita yang sedang mengandung atau hamil tidak bisa menggunakan obat m kapsul.

Hal ini dikarenakan em kapsul bisa meningkatkan risiko keguguran pada wanita hamil. Selain itu, obat m kapsul juga tidak boleh digunakan oleh orang-orang yang memiliki riwayat alergi atau hipersensitivitas terhadap salah satu atau beberapa kandungan em kapsul.

Bentuk Sediaan Em Kapsul

Di pasaran, obat em kapsul tersedia dalam dua jenis bentuk sediaan. Ada m kapsul dalam bentuk kapsul dan pil. Kedua jenis bentuk sediaan em kapsul memiliki komposisi bahan-bahan herbal yang sama. Akan tetapi, pada obat em kapsul dengan bentuk sediaan kapsul, bahan-bahan herbal tersebut telah mengalami pengekstrakan.

Beberapa kandungan bahan obat em kapsul di antaranya adalah Anisi vulgaris Fructus , Phyllanthi Herba, Curcumae Rhizoma , Piperis nigri Fructus, Cinnamomi Cortex, Coriandri Fructus, Foeniculi Fructus, dan Nigellae sativae Semen. Simpanlah obat m kapsul di tempak yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari.

Manfaat Em Kapsul

Ada beberapa manfaat em kapsul yang bisa Anda dapatkan. Anda akan mendapatkan manfaat m kapsul ini apabila menggunakannya sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang dianjurkan.

Manfaat em kapsul yang utama adalah untuk memperlancar siklus haid. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para wanita yang sedang terlambat datang bulan atau memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Obat em kapsul juga bermanfaat untuk meredakan nyeri haid yang terjadi sebelum atau pada saat haid sedang berlangsung. Manfaat em kapsul yang lain juga bisa untuk mengatasi masalah keputihan yang tidak wajar dan menghilangkan aroma tak sedap pada area kewanitaan.

Em kapsul memiliki manfaat untuk menangkal serangan bakteri terhadap darah haid. Hal ini dikarenakan di dalam obat m kapsul terdapat kandungan bahan yang bersifat antibakteri. Selain itu, manfaat m kapsul juga bisa untuk meningkatkan stamina tubuh pada saat sedang haid.

Dosis Em Kapsul

Manfaat em kapsul tentunya bisa Anda rasakan apabila mengonsumsi m kapsul sesuai dengan dosis yang tepat. Penggunaan dosis em kapsul yang tepat juga bisa menghindari efek samping overdosis yang tidak baik untuk kesehatan.

Dosis em kapsul dalam bentuk kapsul adalah 2 kapsul sebanyak 3 kali sehari, sedangkan dosisi m kapsul dalam bentuk pil adalah 5 pil sebanyak 3 kali sehari. Pengonsumsian dilakukan sekitar 4 hari sebelum haid dan diminum setelah makan agar terhindar dari iritasi lambung.

Efek Samping Em Kapsul

Ada beberapa efek samping em kapsul yang perlu Anda ketahui. Efek samping em kapsul bisa menyebabkan ruam kulit, rasa gatal, sesak napas, mual, muntah, sakit kepala, dan pembengkakan di area wajah, bibir, atau mata.

Hal tersebut bisa terjadi karena pasien atau konsumen memiliki kontraindikasi yaitu hipersensitivitas terhadap salah satu atau beberapa kandungan yang ada di dalam em kapsul. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa em kapsul bisa menyebabkan keguguran apabila digunakan oleh wanita hamil.