Dolo Neurobion: Manfaat, Dosis, Efek Samping

dolo-neurobion-doktesehat

DokterSehat.Com – Dolo Neurobion obat apa? Dolo Neurobion adalah obat dengan kandungan Acetaminophene atau yang dikenal juga dengan Paracetamol, serta vitamin B kompleks meliputi Thiamine Mononitrate (vitamin B1), Pyridoxol Hydrochloride (vitamin B6), dan vitamin B12. Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi nyeri yang terkait dengan gangguan saraf.

Paracetamol dikenal sebagai obat antipiretik yang digunakan sebagai penurun demam. Selain itu, Paracetamol juga merupakan obat analgesik yang digunakan untuk meredakan nyeri. Cara kerjanya adalah dengan menghambat enzim Cyclooxygenase (COX). Enzim ini memiliki peran dalam pembentukan Prostaglandin yang merupakan senyawa penyebab nyeri.

Vitamin B kompleks memliki peran penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Thiamine atau vitamin B1 memiliki peran penting dalam proses metabolisme karbohidrat. Pyridoxol Hydrochloride atau vitamin B6 memiliki peran penting dalam mengubah protein menjadi energi dan metabolisme asam empedu. Kobalamin atau vitamin B12 memiliki peran penting dalam sintesa DNA.

Selain itu, vitamin B kompleks juga memiliki manfaat ketika bekerja bersama. Seperti Pridoksin dan Kobalamin yang membantu proses pembentukan Hemoglobin (Hb). Manfaat dari vitamin B kompleks ini kemudian berpengaruh pada pemeliharaan sistem saraf dalam tubuh.

Manfaat Dolo Neurobion

Melihat dari komponen yang terkantung dalam obat ini, manfaat Dolo Neurobion secara umum adalah untuk mengatasi nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada saraf. Berikut adalah kondisi spesifik yang biasa diatasi obat Dolo Neurobion:

  • Neuritis, peradangan saraf perifer
  • Neuralgia, kondisi nyeri yang disebabkan oleh gangguan pada sinyal saraf di sistem saraf. Penyebab dan jenis neuralgia bermacam-macam.

Dosis Dolo Neurobion

Dolo Neurobion tersedia dalam bentuk tablet yang setiap tabletnya mengandung Thiamine Mononitrate (vitamin B1) 50 mg, Pyridoxol Hydrochloride (vitamin B6) 100 mg, vitamin B12 100 mcg, dan Acetaminiphene (Paracetamol) 500 mg. Obat ini termasuk ke dalam obat bebas yang artinya bisa didapatkan tanpa resep dokter.

Penggunaan Dolo Neurobion bisa mengacu pada anjuran pakai yang tertera dalam kemasan obat. Berikut adalah dosis Dolo Neurobion yang dianjurkan:

  • Dewasa: 1 tablet, diberikan 2-3 kali per hari.

Obat ini bisa digunakan sesudah atau sebelum makan, namun lebih dianjurkan digunakan sesudah makan untuk mengurangi risiko pada saluran pencernaan. Jangan menggunakan obat di luar dosis yang disarankan, kecuali berdasarkan pertimbangan medis dari dokter.

Efek Samping Dolo Neurobion

Setiap obat tentunya memiliki risiko efek samping. Terjadinya efek samping bisa dipengaruhi oleh mpenggunaan dosis yang kurang tepat atau karena kondisi tertentu yang dialami pasien. Berikut adalah efek samping Dolo Neurobion yang mungkin terjadi:

  • Reaksi alergi seperti ruam merah, gatal, bersin-bersin, pembengkakan, hingga kesulitan bernapas.
  • Gangguan pencernaan meliputi mual, muntah, hingga diare.

Selain efek samping di atas, efek samping seperti gangguan kerusakan hati juga bisa terjadi jika obat ini digunakan untuk jangka panjang. Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti di atas, segera hentikan penggunaan obat ini. Jika gejala tidak membaik, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Peringatan dan Perhatian

Obat ini memang merupakan obat bebas yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Tapi bukan berarti Anda dapat mengabaikan keamanan dalam penggunaan obat ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan obat ini:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang memiliki riwayat alergi pada Paracetamol dan vitamin B kompleks.
  • Jangan gunakan obat ini melebihi 5 hari. Jika dalam jangka waktu tersebut gejala tidak juag membaik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.
  • Obat ini masuk ke dalam obat kategori C untuk ibu hamil, yang artinya hanya dapat digunakan jika manfaat yang didapatkan lebih besar dari risiko yang mungkin terjadi. Penggunaan obat ini bagi wanita yang sedang program hamil, wanita hamil, dan ibu menyusui harus di bawah pengawasan dokter.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada anak-anak. Penggunaan untuk anak di bawah 6 tahun tidak diperbolehkan.
  • Jangan sembarangan menggunakan obat ini jika Anda sedang menjalani pengobatan lain. Penggunaan obat ini bersaman dengan obat lain bisa menyebabkan timbulnya interaksi obat. Diskusikan dengan dokter tentang penggunaan obat ini jika memang Anda sedang menjalani pengobatan lain.