Disflatyl – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-disflatyl-doktersehat
Photo source: Finnvitamin.ru

DokterSehat.Com – Disflatyl obat apa? Disflatyl adalah obat dengan kandungan dimetilpolisiloxane yang biasa digunakan untuk mengobati gejala perut kembung karena kelebihan gas di dalam perut. Obat Disflatyl termasuk ke dalam kelas terapi Antasida dengan kandungan Simetikon.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat disflatyl termasuk informasi tentang indikasi disflatyl, kontraindikasi disflatyl, bentuk sediaan disflatyl, manfaat disflatyl, dosis disflatyl, dan efek samping disflatyl.

  • Nama: Disflatyl
  • Kelas Terapi: Antasida dengan Kandungan Simetikon
  • Monografi Obat: Dimethylpolysiloxane

Indikasi Disflatyl

Obat disflatyl hanya bisa diberikan kepada orang-orang yang memiliki indikasi. Pemberian obat disflatyl bisa diberikan kepada pasien atau konsumen yang memiliki keluhan perut kembung karena adanya timbunan gas yang berlebih di dalam saluran cerna.

Pasien yang mengalami sindrom gastrokardiak dan merasa penuh pada epigastrium bisa mengonsumsi obat disflatyl. Selain itu, obat disflatyl juga bisa diminum oleh pasien yang baru menjalani operasi dan sebelum melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar X.

Obat disflatyl juga diberikan sebelum melakukan gastroskopi. Dalam bentuk perawatan paliatif, obat disflatyl juga boleh diminum pasien yang memiliki keluhan cegukan. Pastikanlah Anda memiliki indikasi tersebut sebelum mengonsumsi obat disflatyl.

Kontraindikasi Disflatyl

Pada umumnya, obat disflatyl tidak memiliki kontraindikasi secara khusus. Akan tetapi, kontraindikasi bisa saja terjadi bagi orang-orang yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan dimethylpolysiloxane. Pasien atau konsumen yang alergi dengan obat disflatyl tidak bisa mengonsumsi obat disflatyl.

Pemberian obat disflatyl yang merupakan golongan antasida sebaiknya dihindari pengonsumsian bersamaan dengan obat lain. Hal ini dikarenakan interaksinya dapat mengganggu penyerapan obat lain. Obat disflatyl bisa merusak salut enterik yang dirancang untuk mencegah pelarutan obat di dalam lambung.

Meskipun belum diketahui sebagai kontraindikasi, para ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya tetap pergi dokter untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Hal ini penting karena agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan karena kondisi janin yang rentan dan air susu ibu yang mendapat campuran kandungan obat.

Bentuk Sediaan Disflatyl

Obat disflatyl yang ada di pasaran umumnya tersedia dalam bentuk sediaan tablet kunyah. Tablet kunyah obat disflatyl tentu saja memiliki tekstur yang bisa dikunyah. Jadi konsumsilah obat disflatyl dengan cara dikunyah sampai habis dan dilakukan setelah makan.

Manfaat Disflatyl

Ada beberapa manfaat disflatyl yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakannya sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang dianjurkan. Manfaat disflatyl yang utama adalah untuk mengatasi perut kembung dengan cara mengurangi timbunan gas di dalam saluran pencernaan.

Manfaat disflatyl juga bisa untuk mengatasi sindrom gastrokardiak dan merasa penuh epigastrium. Obat disflatyl bermanfaat bagi pasien atau konsumen yang telah menjalani operasi. Manfaat disflaty juga bisa membantu orang yang hendak menjalani pemeriksaan dengan sinar X.

Obat disflatyl juga memiliki manfaat bagi pasien yang ingin melakukan gastroskopi. Manfaat disflatyl bisa untuk mengatasi cegukan apabila diberikan dalam bentuk perawatan oaliatif. Disflatyl yang merupakan golongan Antasida dengan kandungan simetikon juga masih memiliki manfaat yang lain.

Dosis Disflatyl

Obat disflatyl akan mendatangkan manfaat apabila dikonsumsi sesuai dengan dosis yang tepat. Dosis disflatyl untuk orang dewasa adalah 1-2 tablet dikunyah. Pengonsumsian obat disflatyl dilakukan setelah makan agar terhindar dari iritasi lambung.

Dosis disflatyl untuk pemeriksaan sinar X adalah 1-2 sehari selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan dilakukan. Kunyahlah obat disflatyl sampai halus. Akan tetapi, untuk lebih memastikan mendapat dosis yang tepat sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi.

Efek Samping Disflatyl

Pada umumnya, obat disflatyl tidak memiliki efek samping. Penggunaan obat disflatyl  yang sesuai petunjuk dan dosis yang tepat tidak memiliki efek samping. Akan tetapi, efek samping bisa terjadi apabila dosis melebihi dari yang seharusnya.

Efek samping disflatyl yang mungkin terjadi adalah reaksi alergi yang ditandai dengan gatal-gatal, ruam kulit, pusing atau sakit kepala, mual, muntah, sulit bernapas, dan adanya pembengkakan di bagian wajah.

Hentikanlah penggunaan obat disflatyl apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda-tanda reaksi alergi tersebut. Segeralah mencari bantuan medis terdekat atau kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov