Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dextral obat apa? Dextral adalah obat komersial dengan monografi obat dekstrometorfan yang digunakan untuk meredakan batuk. Obat dextral masuk ke dalam obat dengan kelas terapi antitusif. Cara kerja obat dextral adalah dengan memengaruhi sinyak otak agar tidak memicu batuk lagi.

Dextral – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat dextral termasuk informasi indikasi dextral, kontraindikasi dextral, bentuk sediaan dextral, manfaat dextral, dosis dextral, dan efek samping dextral.

  • Nama: Dextral
  • Kelas Terapi:  Antifusif dan Ekspektoran » Antitusif
  • Nama Dagang Lain: Komix, Konidin, Anaton, Lacoldin, Lapifed, Andonex, Antiza, Lapisiv, Benadryl, Bodrex, Mesaflukin, Mextril, Brocon, Decolsin, Mixagrip, OBH Nufa Plus, Oskadryl, Panadol Cold And Flu, Procold Flu & Batuk, Vicks Formula 44, Calortusin
  • Monografi Obat: Dekstrometorfan

Indikasi Dextral

Obat dextral digunakan untuk para pasien atau konsumen yang memiliki keluhan berupa batuk. Akan tetapi, obat dextral ini hanya bisa meredakan batuk tidak produktif yang biasanya disebabkan oleh pilek, flu, dan kondisi lainnya.

Dextral tidak bisa digunakan  untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh asma, emfisema, dan merokok. Anda telah melihat bahwa obat dextral masuk ke dalam kelompok obat antitusif. Obat dextral bisa mengurangi aktivitas otak yang menyebabkan batuk.

Kontraindikasi Dextral

Obat dextral yang digunakan untuk meredakan batuk tidak produktif memiliki indikasi terhadap batuk produktif. Selain itu, beberapa kondisi medis juga bisa memiliki kontraindikasi dengan obat dextal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Beberapa kontraindikasi tersebut di antaranya adalah asma dan gangguan fungsi hati. Kontraindikasi lain yang merupakan hal umum untuk semua jenis obat yaitu alergi adalah hipersensitivitas terhadap kandungan obat dextral.

Bentuk Sediaan Dextral

Obat dextral yang beredar di pasaran tersedia dalam dua bentuk sediaan. Kedua bentuk sediaan obat dextral adalah kaptabs salut selaput dan sirup. Bentuk sediaan sirup tersedia dalam kemasan 60 mL dan 100 mL. Kedua bentuk sediaan ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak mulai usia 6 tahun.

Manfaat Dextral

Manfaat dextral sesuai dengan indikasinya. Obat dextral bermanfaat untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh flu dan pilek. Manfaat obat dextral ini terbatas untuk meredakan dan bukan untuk mengobati atau mempercepat kesembuhan.

Selain itu, manfaat dextral tidak untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh kondisi medis seperti asma, emfisema, dan efek merokok. Mekanisme obat dextral dalam meredakan batuk tidak produktif adalah dengan mengurangi aktivitas di bagian otak tertentu yang menyebabkan batuk-batuk.

Dosis Dextral

Obat dextral memiliki beberapa jenis dosis yang berbeda. Perbedaan dosis dextral ada karena adanya perbedaan bentuk sediaan dan perbedaan usia pasien. Bentuk sediaan tablet, dosis dextral adalah 1 kaplet sebanyak 3 kali dalam sehari untuk dewasa, sedangkan dosis dextral untuk anak 6-12 tahun adalah 3 kali sehari ½ kaplet.

Dosis dextral dalam bentuk sediaan sirup untuk orang dewasa adalah 3 x sehari sebanyak 1 sendok takar, sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun adalah 1/2 sendok takar sebanyak 3 kali sehari. Kedua bentuk sediaan obat dextral bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

Efek Samping Dextral

Obat dextral memiliki efek samping tertentu yakni berupa psikosis dan depresi bagi pasien atau konsumen yang minum obat dextral dalam dosis besar. Efek samping dextral juga terjadi pada orang-orang yang memiliki hipersensitivitas atau alergi.

Pasien yang ternyata alergi dengan obat dextral akan mengalami tanda-tanda reaksi alergi berupa sakit kepala, sesak napas, mual, muntah, gatal-gatal, ruam, dan bengkak pada wajah, bibir, atau mata.

Segeralah mencari bantuan medis terdekat apabila Anda mengalami efek samping dextral yang cukup serius, yaitu rasa cemas, gelisah, gugup, bingung, sangat pusing, berhalusinasi, napas yang melambat.

Peringatan

Ada beberapa peringatan sebelum minum obat dextral yang harus diperhatikan. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya jangan minum obat dextral sebelum dianjurkan oleh dokter. Anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun tidak boleh diberikan obat dextral. Pastikanlah, Anda sudah mendapatkan resep dokter sebelum minum obat dextral terutama bagi anak-anak.

Berhati-hati menggunakan obat dextral bagi pasien yang mengalami hipertensi, stroke,  gangguan fungsi hati, masalah ginjal, lansia, hipertiroid, glaukoma, hipertrofi prostat dan retensi urine.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi