Jangan Langsung Minum Penurun Panas, Coba 8 Obat Demam Alami Ini!

obat-demam-doktersehat

DokterSehat.Com – Kondisi tubuh dengan suhu yang lebih tinggi dari suhu normal biasa disebut dengan demam. Mengobati demam biasanya digunakan obat seperti paracetamol dam ibuprofen. Tapi takhukah Anda jika tidak semua demam membutuhkan obat resep maupun non-resep. Berdasarkan tingkatan demam, gejala penyakit satu ini bisa juga disembuhkan dengan obat demam alami.

Demam dan Suhu Tubuh Normal

Apa itu demam? Demam bukanlah sebuah penyakit, namun merupakan sebuah gejala. Demam adalah reaksi tubuh yang muncul ketika tubuh sedang melawan infeksi. Suhu tubuh normal kita adalah sekitar 36° C. Ketika demam, kenaikan suhu tubuh berkisar antara 1 hingga 5 derajat.

Tubuh dengan suhu 37,7° C hingga 38,3 ° C sudah termasuk ke dalam demam ringan. Sedangkan jika kenaikan susu mencapai 39,4°C hingga 40°C, maka sudah termasuk ke dalam demam tinggi. Suhu tubuh yang melebihi 40° C sudah masuk ke dalam demam berbahaya. Gejala demam sering kali dibarengi dengan gejala lain seperti hidung tersumbat, mual, dan juga batuk.

Obat Demam Alami yang Efektif Menurunkan Panas

Jika yang Anda alami adalah demam ringan, ada baiknya Anda tidak langsung mengonsumsi obat penurun demam. Obat penurun demam memaksa tubuh untuk menurunkan suhu tubuh, padahal demam adalah keadaan di mana tubuh sedang melawan infeksi. Dari pada mengonsumsi obat penurun panas, lebih baik Anda mencoba obat penurun demam alami yang bisa dibuat sendiri di rumah berikut ini!

1. Jahe

Obat demam alami yang pertama adalah jahe. Tumbuhan yang satu ini dikenal tidak hanya ampuh untuk menurunkan panas, tetapi juga untuk mengobati pilek, batuk, dan meredakan mual. Manfat baik jahe ini didapat dari kandungan antibakteri yang terkandung dalam jahe, sehingga mampu untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Cara meredakan demam dengan jahe bisa dengan mengonsumsi air jahe. Cara membuatnya adalah dengan menggeprek jahe, lalu merebusnya. Tambahkan madu pada air rebusan jahe jika Anda menginginkan sedikit cita rasa manis.

2. Kunyit

Selain jahe, obat demam alami lainnya yang berasal dari bumbu dapur adalah kunyit. Kunit mengandug zat bernama kurkumin yang memiliki banyak sekali manfaat untuk melawan berbagai penyakit. Kurkumin bisa bertindak sebagai antibakteri, antivirus, antifungal, dan juga antioksidan yang baik bagi tubuh. Hal ini juga lah yang membuta kunyit mampu untuk menurunkan demam.

Cara membuat ramuan kunyi untuk obat demam adalah dengan memarut 3-4 batang kunyit. Kemudian siram parutan tersebut dengan air panas dan diamkan hingga mendingin. Setelah mendingin, peras parutan kunyit dan ambil airnya. Campurkan air tersebut dengan perasan jeruk nipis dan 2 sdm madu untuk menambah cita rasa.

Ramuan tersebut bisa diminum sebanyak tiga kali sehari untuk menurunkan panas. Selain untuk dijadikan ramuan, kunyit yang ditumbuk juga bisa untuk mengompres kening dan perut untuk menurunkan demam pada anak.

3. Pegagan

Obat demam alami yang ketiga adalah pegagan. Tumbuhan liar yang satu ini memang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Pegagan memiliki kandungan senyawa seperti saponin, triterpenoid, vellarine, dan hydrocotyline yang merupakan senyawa yang banyak terkandung dalam tanaman herbal.

Penggunaan obat demam alami yang satu ini sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, karena belum ada studi lebih lanjut mengenai ada tidaknya efek samping dari penggunaan tanaman yang satu ini. Cara menggunakannya adalah dengan direbus dan diminum airnya.

4. Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu obat demam alami yang sudah cukup populer. Bawang merah yang dipijatkan di kulit terbukti ampuh untuk melebarkan pembuluh darah sehingga mampu untuk meredakan demam.

Cara memanfaatkan bawang merah untuk obat demam adalah dengan cara ditumbuk lalu dicampurkan dengan minyak esensial atau minyak telon, lalu kemudian dibalurkan di dahi atau di tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga faktor ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan dari bau bawang.

5. Sambiloto

Obat demam alami selanjutnya adalah sambiloto. Tanaman yang sering disebut sebagai Raja Pahit ini meruapakan salah satu tanaman herbal yang ampuh menurunkan gejala penyakit seperti demam. Selain itu, sambiloto juga dipercaya dapat mengobati penyakit seperti gengguan pencernaan, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan juga menangkal malaria.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa efek sambiloto dalam menurunkan demam bisa seefektif paracetamol. Cara membuat ramuan sambiloto adalah dengan merebusnya bersama dengan kunyit kering. Rebus daun dan kunyit hingga airnya bersisa setengahnya saja. Sebelum diminum, tambahkan beberapa sendok madu untuk mengurangi rasa pahit.

Sama seperti pegagan, sambiloto juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui dan juga wanita hamil karena ditakutkan akan timbul efek samping.

6. Air kelapa muda

Obat demam alami selanjutnya adalah air kelapa muda. Belum ada penelitian mendalam tentang manfaat air kepala muda untuk menurunkan demam. Namun, sudah banyak masyarakan yang membuktikan khasiat ini. Diduga air kelapa muda sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi ketika demam.

Caranya adalah dengan meminum air kelapa muda yang dicampurkan dengan beberapa tetes perasan jeruk nipis. Konsumsi minuman ini sebelum pasien tidur atau beristirahat. Selain mengonsumsi ini, Anda juga diharuskan untuk minum banyak air putih ketika sedang demam.

7. Kompres air hangat

Masih banyak orang yang memperdebatkan mana obat demam yang lebih tepat, kompres air hangat atau kompres air dingin? Jawaban yang tepat adalah kompres air hangat. Tujuan dari kompres air hangat adalah untuk melebarkan pembuluh darah sehingga produksi keringat akan meningkat.

Ketika mengompres dengan air hangat, jangan lupa untuk mengambil kembali handuk dari dahi sebelum handuk mendingin. Selain mengompres di bagian dahi, Anda juga bisa mengompres bagian ketiak. Selain mengompres dengan air hangat, Anda juga bisa mencoba untuk mandi dengan air hangat untuk relaksasi tubuh.

8. Perbanyak konsumsi buah

Buah-buahan mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk meningkatka sistem kekebalan tubuh dan juga melawan infeksi. Pilihlah buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk membantu meredakan demam Anda.

Selain konsumsi banyak buah, makanlah makanan yang mudah untuk dicerna oleh lambung dan jangan lupa untuk konsumsi air putih yang banyak. Makan dan istirahatlah dengan jadwal teratur agar tubuh cepat kembali pulih.

Obat demam alami di atas adalah obat-obat alami atau tradisional yang memang sering digunakan masyarakat dan dianggap ampuh. Tetapi tidak ada jaminan demam dapat selalu sembuh dengan cara tersebut. Jika demam tergolong demam ringan, maka Anda bisa mencoba cara-cara di atas sebagai pertolongan pertama.

Jika demam ringan tidak kunjung turun dalam waktu 3 hari, sebaiknya segera kosultasikan ke dokter. Begitu juga jika demam merupakan demam tinggi. Ketika demam tinggi, tidak perlu menunggu tiga hari, sebaiknya langsung temui dokter sebelum suhu tubuh semakin naik dan berubah menjadi demam berbahaya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa demam merupakan sebuah gejala penyakit, sehingga cara yang paling tepat untuk mengobati demam sebenarnya adalah dengan cara mengetahui sumber penyakitnya. Anda juga perlu waspada jika demam dibarengi dengan gajala lain seperti sakit kepala, muncuk ruam di kulit, mual dan muntah, serta gangguan pencernaan lainya.