Terbit: 13 September 2018 | Diperbarui: 7 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Degirol obat apa? Degirol adalah obat berbentuk tablet hisap yang mengandung Dequalinium Klorida sebagai monografi obat. Obat degirol digunakan untuk mengobati beberapa gangguan pada tenggorokan, mulut, dan juga lidah.

Degirol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang obat degirol termasuk informasi mengenai indikasi degirol, kontraindikasi degirol, bentuk sediaan degirol, manfaat degirol, dosis degirol, dan efek samping degirol.

  • Nama: Degirol
  • Kelas Terapi: Obat yang Bekerja Pada Tenggorokan » Lozenges dan Spray
  • Monografi Obat: Dequalinium Klorida

Indikasi Degirol

Indikasi obat degirol bersifat antiseptik. Beberapa masalah atau gangguan pada tenggorokan dan mulut bisa diatasi dengan menggunakan obat degirol. Pasien atau konsumen yang memiliki sakit dan radang tenggorokan, radang mulut, dan infeksi pada selaput lendir mulut bisa menggunakan obat degirol.

Selain itu, pasien yang sedang mengalami sariawan dan radang amandel juga bisa diobati dengan minum obat degirol. Obat degirol yang berada pada kelas terapi obat tenggorokan juga bisa mencegah batuk, pilek, dan juga infeksi membran mukosa mulut.

Kontraindikasi Degirol

Obat degirol tidak bisa diberikan kepada anak-anak dengan usia di bawah 10 tahun, meskipun berupa tablet hisap. Kandungan obat degirol yakni dequalinium klorida tidak cocok untuk anak-anak yang masih belum memiliki metabolisme sempurna. Jika Anda menderita penyakit diabetes, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Selain itu, kontraindikasi juga dimiliki oleh orang-orang yang alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan obat degirol. Hal ini malah bisa memberikan efek samping degirol yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ada juga kasus intoleransi terhadap kandungan degirol yang memiliki kontraindikasi termasuk glukosa dan sukrosa.

Obat degirol mungkin tidak berbahaya untuk wanita yang sedang hamil atau ibu menyusui. Apabila Anda sedang hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk lebih memastikan kehamilan dan ASI Anda tetap baik-baik saja.

Bentuk Sediaan Degirol

Monografi dari obat degirol adalah dequalinium klorida. Obat degirol juga memiliki kandungan lain yaitu sukrosa dan glukosa yang membuat tersedia dalam bentuk tablet hisap. Jadi, obat degirol pastinya dikonsumsi dengan cara dihisap.

Anda tidak perlu khawatir walaupun termasuk jenis obat-obatan, degirol memiliki rasa yang enak untuk dihisap. Tablet hisap dari obat degirol memiliki kekuatan 0,25 mg pada kemasannya. 

Manfaat Degirol

Manfaat degirol bisa untuk mengobati beberapa masalah yang ada di tenggorokan, mulut, dan lidah. Beberapa masalah tenggorokan, mulut, dan lidah, di antaranya seperti radang mulut, radang tenggorokan, dan berbagai infeksi di mulut dan atau tenggorokan.

Obat degirol juga bermanfaat untuk mencegah radang amandel, sariawan baik pada gusi maupun bibir bagian dalam. Selain itu, manfaat degirol juga bisa untuk mencegah batuk dan pilek serta mencegah infeksi membran mukosa.

Dosis Degirol

Setiap obat pasti memiliki dosis atau batas konsumsi. Dosis degirol untuk satu hari adalah 1 tablet setiap 3 hingga 4 jam sekali. Janganlah minum obat degirol melebihi dosis. Batas maksisum penggunaan dosis degirol adalah 8 tablet sehari. Apabila Anda minum lebih dari 8 hari maka Anda bisa mengalami overdosis.

Obat degirol tidak bisa diminum untuk jangka waktu yang lama meskipun tetap sesuai dosis yang tertera pada kemasan. Segaralah hubungi dokter Anda apabila gejala dari masalah tenggorokan atau mulut Anda belum juga membaik agar dokter bisa memberikan penanganan selanjutnya dengan tepat.

Efek Samping Degirol

Efek samping degirol sudah pasti ada bagi pasien atau konsumen yang menggunakannya lebih dari dosis yakni melebihi 8 tablet sehari. Selain itu, para pasien yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan degirol juga akan merasakan beberapa efek samping alergi.

Segeralah mencari bantuan medis atau segera menghubungi dokter Anda apabila mengalami beberapa tanda-tanda alergi setelah minum obat degirol seperti gatal, pusing, ruam, sesak napas, mual, muntah, bibir, wajah & mata bengkak, dan lainnya.

Efek samping obat degirol juga bisa menimbulkan iritasi, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada tenggorokan, mulut, lidah dan bibir. Efek samping degirol juga bisa membuat lidah menjadi sakit dan sensitisasi.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi