Counterpain: Manfaat, Dosis, Efek Samping

obat-counterpain-doktersehat
Photo Source: www.ebay.com

DokterSehat.Com – Counterpain obat apa? Counterpain adalah obat analgesik topikal yang berguna untuk meredakan nyeri sendi dan nyeri otot. Counterpain tersedia dalam dua sediaan yaitu Counterpain dalam bentuk krim dan Counterpain Cool dalam bentul gel.

Counterpain krim memiliki kandungan Methyl salicylate, Eugenol, dan Menthol, sedangkan Counterpain Cool hanya memiliki kandungan Menthol saja. Penggunaan dan manfaat Counterpain krim dan Counterpain Cool gel tidak jauh berbeda. Ketahui tentang kandungan, manfaat, dosis, efek samping, dan lainnya melalui artikel ini!

Kandungan Counterpain

Counterpain krim memiliki kandungan 102 mg Methyl Salicylate, 13,6 mg Eugenol, dan 54,4 mg Menthol dalam setiap gramnya. Counterpain krim tersedia dalam ukuran 5,15, 30, 60, 100, dan 120 gram. Counterpain Cool memiliki kandungan bahan aktif Menthol 4% dalam setiap kemasannya. Counterpain Cool tersedia dalam ukuran 5, 15, 30, dan 60 gram.

Berikut adalah cara kerja dari kandungan yang ada dalam obat Counterpain:

1. Methyl Salicylat

Methyl salicylate atau metil salisilat termasuk ke dalam golongan OAINS yang digunakan untuk mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi. Namun dalam sediaan topikal, metil salisilat tidak bekerja sebagai OAINS, melainkan hanya bekerja dengan mengalihkan rasa sakit dengan cara memberikan sesnsasi hangat pada kulit.

2. Eugenol

Eugenol adalah senyawa kimia yang dapat diekstraksi dari minyak cengkeh, kayu manis maupun rempah lainnya. senyawa ini diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antinosiseptif yang dapat menghambat metabolisme asam arakidonat dan sistetis senyawa prostaglandin. Senyawa ini merupakan senyawa yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada tubuh.

3. Menthol

Menthol atau mentol adalah senyawa yang masuk ke dalam golongan terpenoid. Mentol memiliki sifat analgetik yang dapat menimbulkan sensasi dingin pada kulit. Menthol memberikan rangsangan pada reseptor yang memberi tanggapan pada stimulus dingin.

Umumnya pasien akan merasakan sensasi dingin, namun sebagian juga mengartikannya sebagai rasa terbakar yang sejuk. Sensasi ini akan mengurangi rasa sakit meskipun sebenarnya mentol tidak mengurangi maupun meningkatkan suhu kulit.

Kegunaan Counterpain

Manfaat atau kegunaan Counterpain dan Counterpain Cool secara umum adalah untuk mentasi nyeri sendi dan nyeri otot. Berikut adalah beberapa kondisi yang umumnya dapat diatasi dengan Counterpain dan Counterpain Cool:

  • Keseleo
  • Encok
  • Nyeri otot akibat olahraga
  • Memar akibat berolahraga
  • Nyeri punggung

Selain kondisi di atas, obat Counterpain juga dapat digunakan untuk kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri otot dan sendi. Namun perlu diketahui obat Counterpain hanya meredakan nyeri dengan mengalihkan rasa sakit dan bukan mengobati penyebab nyeri tersebut.

Dosis Counterpain

Dosis Counterpain dapat disesuaikan dengan area yang terasa nyeri. Obat Countpain dapat diaplikasikan satu kali saja ketika nyeri dirasakan atau jika nyeri tidak hilang dalam waktu seharian maka obat ini dapat diaplikasikan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Jangan menggunakan obat Counterpain secara berlebihan. Jika ingin mengganti dosisnya maka harus berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker sebelumnya.

Petunjuk Penggunaan Counterpain

Berikut adalah petunjuk penggunaan obat Counterpain krim dan Counterpain Cool:

  • Hanya boleh digunakan sebagai obat luar.
  • Oleskan tipis-tipis pada bagian tubuh yang dirasa nyeri.
  • Obat Counterpain dapat digunakan seketika saat rasa nyeri otot dan sendi muncul.
  • Hati-hati penggunaan pada area sensitif seperti mata, hidung, mulut, dan lapisan membran mukosa.
  • Hindari area yang diolesi obat terhadap air untuk beberapa saat karena akan timbul rasa kurang nyaman ketika terkena air.

Petunjuk Penyimpanan Counterpain

Berikut adalah petunjuk penyimpanan untuk obat Counterpain dan Counterpain Cool:

  • Simpan di tempat sejuk dan kering.
  • Jauhi dari sinar matahati langsung.
  • Simpan pada suhu di bawah 30°.
  • Hindari dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak.

Efek Samping Counterpain

Semua jenis obat berpotensi untuk menimbulkan efek samping, begitu juga dengan obat Counterpain dan Counterpain Cool. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan obat ini:

  • Iritasi kulit ringan
  • Reaksi alergi

Efek samping tidak terjadi pada setiap orang. Efek samping dapat terjadi akibat kondisi tertentu atau karena dosis yang berlebihan. Jika muncul efek samping berat, segera hentikan penggunaan obat Counterpain. Apabila efek samping tidak membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Interaksi Obat Counterpain

Penggunaan obat Counterpain bersama dengan obat lain dapat menimbulkan interaksi obat yang dapat meningkatkan risiko efek samping dan menurunkan efektivitas obat. Hindari penggunaan obat Counterpain dengan obat resep, non-resep, maupun herbal lain, terutama jenis obat topikal lainnya.

Jika sedang menjalani pengobatan lain dan sedang menggunakan obat tertentu, selalu diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan obat Counterpain ini.

Peringatan dan Perhatian

Counterpain krim dan Counterpain Cool termasuk ke dalam golongan obat bebas sehingga dapat didapatkan di apotek maupun toko obat tanpa menggunakan resep dokter. Sebelum menggunakan obat Counterpain, berikut adalah beberapa hal yang perlu menjadi peringatan dan perhatian:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang hipersensitif terjadap salah satu komponen obat Counterpain.
  • Jangan gunakan obat ini pada area kulit yang mengalami iritasi atau terdapat luka terbuka.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada anak-anak karena efektivitas dan efek samping uang mungkin timbul belum diketahui.
  • Obat ini hanya untuk penggunaan luar. Jika terkena area sensitif seperti mata, hidung, dan rongga mulut, segera bersihkan. Jika tertelan, segera minta bantuan ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Obat ini relatif aman untuk digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Namun hindari penggunaan obat Counterpain pada area kulit yang terlalu luas karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.