Colchicine – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

colchicine-dosis-doktersehat

DokterSehat.Com – Colchicine obat apa? Colchicine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit gout atau asam urat. Namun, obat colchicine tidak bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Apabila Anda ingin menggunakan colchicine untuk meredakan nyeri dan tindak pencegahan, maka penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat colchicine termasuk informasi tentang bentuk sediaan colchicine, kandungan colchicine, colchicine harga, indikasi colchicine, kontraindikasi colchicine, manfaat colchicine, dosis colchicine, dan efek samping colchicine.

Rangkuman Informasi Obat Colchicine

  • Nama                                  : Colchicine atau Kolkisin
  • Golongan Obat                     : Obat Gout dan Hiperurisemia Karena Induksi Sitotoksik
  • Bentuk Sediaan                    : Tablet
  • Contoh merk                        : Recolfar
  • Colchicine harga                   : Rp60.000-65.000 per strip (10 tablet)
  • Manfaat                               : Mencegah gout dan meredakan nyeri gout akut
  • Indikasi Penggunaan             : Profilaksis gout dan nyeri karena gout
  • Kontraindikasi                       : Kehamilan dan hipersensitivitas
  • Dosis                                   : 1,5-10 mg per hari (tergantung kasus medis)
  • Cara pakai                            : Oral
  • Efek samping                        : Mual, muntah, sakit perut, diare, dan lainnya

Bentuk Sediaan Colchicine

Bentuk sediaan colchicine sama seperti kebanyakan obat, yaitu berupa tablet. Setiap satu tablet colchicine mengandung dosis sebanyak 0,5 mg. Simpanlah obat colchicine di tempat yang sejuk dan kering.

Selain itu, jangan menyimpan obat colchicine di tempat yang terbuka sehingga mudah terkena paparan sinar matahari terus menerus. Paparan sinar matahari secara terus menerus bisa mengubah struktur dan manfaat bahan aktif colchicine.

Cara Kerja Kolkisin

Colchicine atau kolkisin merupakan nama dari bahan aktif obat. Cara kerja colchicine adalah dengan memengaruhi cara tubuh sehingga bisa merespons kristal asam urat dengan baik.

Respons tubuh yang baik dalam menangani kristal asam urat bisa membantu penekanan rasa nyeri dan bengkak yang terjadi pada penyakit gout. Hal ini juga bisa bermanfaat sebagai tindak pencegahan penyakit asam urat.

Baca Juga: Gout Arthritis: Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Pengobatan

Colchicine Harga

Berapa harga obat colchicine? Harga colchicine adalah Rp60.000-65.000 per strip. Setiap satu strip berisi 10 tablet. Jadi, harga tiap tablet colchicine adalah Rp6.000-6.500 per tablet. Setiap satu dos berisi 3 strip sehingga kisaran colchicine harga adalah Rp180.000-200.000 per dos.

Indikasi Colchicine

Penggunaan obat kolkisin tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan efek samping tertentu. Gunakanlah obat colchicine jika memiliki indikasi medis. Obat colchicine bisa digunakan jika Anda ingin mencegah penyakit gout atau asam urat dalam jangka pendek.

Obat colchicine juga bisa digunakan pada penderita penyakit gout akut dengan tujuan untuk meredakan dan menghilangkan rasa nyeri yang muncul ketika ada serangan gout secara tiba-tiba atau berat.

Colchicine juga diindikasikan untuk mengurangi gejala sindrom Behcets. Gejala sindorm Behcets tersebut seperti pembengkakan, kemerahan, kehangatan, dan rasa sakit. Orang-orang yang mengalami demam Mediterania familial bisa menggunakan obat kolkisin.

Kontraindikasi Colchicine

Meskipun Anda ingin mencegah penyakit gout atau ingin mengurangi rasa nyeri akibat serangan gout, Anda tidak bisa menggunakan colchicine jika memiliki hal-hal yang menjadi kontraindikasi.

Wanita yang sedang hamil tidak boleh menggunakan obat colchicine. Hal ini dikarenakan cara kerja obat colchicine bisa memengaruhi kondisi fisiologis pada ibu hamil yang berakibat fatal pada janin dan kondisi kehamilan.

Penggunaan obat colchicine juga dikontraindikasikan bagi orang-orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap obat-obatan yang mengandung colchicine. Ini dikarenakan colchicine bisa memicu terjadinya reaksi alergi.

Peringatan Penggunaan Obat Colchicine

Sebelum menggunakan obat colchicine sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal. Ada beberapa kondisi tertentu yang membuat Anda harus berhati-hati di dalam menggunakan obat colchicine.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan colchicine:

  1. Berhati-hati jika ingin diberikan pada ibu menyusui, lansia, dan anak-anak
  2. Berhati-hati jika menderita gangguan fungsi hati, ginjal, dan jantung
  3. Berhati-hati jika sedang menjalani terapi obat tertentu seperti ketoconazole, nefazodone, digoxin, obat-obat HIV
  4. Tidak boleh digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit rutin untuk kondisi lain

Manfaat Colchicine

Manfaat obat colchicine umumnya memiliki kaitan erat dengan penyakit gout atau asam urat. Inilah mengapa obat colchicine termasuk ke dalam obat antigout atau agen antigout. Namun, manfaat colchicine juga bisa mengatasi masalah medis selain gout.

Obat colchicine bermanfaat untuk mencegah terjadinya asam urat pada orang dewasa. Manfaat colchicine juga bisa meredakan rasa nyeri akibat serangan penyakit gout secara mendadak dan cukup berat.

Colchicine juga bisa mengatasi kasus sindorm Behcets dan demam Mediterania familial. Akan tetapi, manfaat colchicine yang satu itu tidak populer dikarenakan sindrom Behcets dan demam Mediterani familial tidak lazim terjadi.

Dosis Colchicine

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat obat colchicine, maka minumlah colchicine sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis colchicine biasanya tertera pada kemasan. Anda juga bisa minum obat colchicine sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Dosis colchicine di awal adalah 1 mg dan diikuti dengan dosis 500 mcg setiap 2-3 jam. Gunakan dosis tersebut hingga rasa nyeri tidak terasa. Anda juga bisa menggunakan dosis tersebut hingga dosis total mencapai 10 mg.

Tindakan profilaksis gout atau pencegahan penyakit asam urat memerlukan dosis colchicine sejumlah 500 mcg sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Dosis profilaksis tersebut perlu dikombinasikan dengan alopurinol atau urikosurik.

Baca Juga: Nilai Normal dan Nilai Tidak Normal Asam Urat

Efek Samping Colchicine

Pemakaian obat colchicine bisa menimbulkan efek samping tertentu mulai dari efek samping yang paling umum terjadi hingga efek samping yang cukup serius. Efek samping colchicine yang paling umum terjadi berupa sakit perut, diare, mual, dan muntah.

Namun, jika Anda mengalami diare berat, maka itu dikarenakan penggunaan obat colchicine yang melebihi dosis atau overdosis. Obat colchicine juga bisa menimbulkan efek samping seperti ruam, gangguan ginjal, kelainan darah, miopati, pendarahan pada saluran cerna, dan alopesia.

Ada juga beberapa efek samping yang serius akibat penggunaan obat colchicine. Efek samping colchicine yang cukup serius, yaitu nyeri otot, jari-jari mati rasa, memar atau pendarahan yang tidak wajar, demam, infeksi, dan memucatnya bagian tubuh tertentu.

Orang-orang yang alergi terhadap kolkisin bisa mengalami reaksi alergi. Reaksi alergi ditandai dengan adanya ruam, gatal-gatal, sesak napas, sakit perut, sakit kepala atau pusing, mual, dan muntah.

Jika Anda mengalami efek samping yang telah disebutkan, maka hentikanlah segera pengobatan dengan obat colchicine. Segeralah mengunjungi rumah sakit atau klinik terdekat sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat dan cepat.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Kolkisin. http://pionas.pom.go.id/monografi/kolkisin [diakses pada 4 April 2019]
  2. Us National Library of Medicine: Colchicine. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682711.html [diakses pada 4 April 2019]
  3. Drugs: Colchicine. https://www.drugs.com/mtm/colchicine.html [diakses pada 4 April 2019]