Cerebrovit Excel: Manfaat, Dosis, Efek Samping

cerebrovit-excel-doktersehat

DokterSehat.Com – Cerebrovit excel obat apa? Cerebrovit excel adalah salah satu merek suplemen multivitamin yang mampu untuk meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. Cerebrovit excel diperuntukkan untuk remaja mulai usia 12 tahun hingga usia 22 tahun. Sedangkan untuk dewasa lebih disarankan untuk menggunakan varian lain yaitu Cerebrovit Ginkgo dan penggunaan untuk anak usia di bawah 12 tahun lebih disarankan untuk menggunakan suplemen dengan merek dagang Cerobrofort.

Kandungan Cerebrovit Excel

Cerebrovit excel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari. Berikut adalah daftar zat-zat yang terkandung dalam Cerebrovit Excel beserta dengan takarannya dan juga penjelasannya:

1. Asam L Glutamat (200 mg)

Kandungan yang satu ini adalah yang paling besar terdapat dalam Cerebrovit excel. Glutamat adalah salah satu jenis asam amino non esensial yang umumnya terkandung dalam makanan berprotein tinggi. Gltamat memiliki beberapa peren penting dalam tubuh seperti mebnatu metabolisme gula dan lemak, menjadi bahan dasar energi bagi otak, dan dijadikan obat untuk berbagai penyakit seperti bisul, epilepsi, gangguan kepribadian pada anak, keterbelakangan mental.

2. Asam Folat (150 mg)

Kandungan selanjutnya yang terdapat dalam suplemen ini adalah asam folat. Zat yang termasuk ke dalam golongan vitamin B kompleks ini memiliki berbagi fungsi seperti membantu produksi sel darah merah dan juga berperan aktif dalam memperbaiki dan memproduksi DNA.

3. Vitamin E (30 mg)

Kandungan yang ketiga adalah vitamin E. Jenis vitamin yang satu ini tentunya sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tubuh. Vitamin E dapat berperan menjadi antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga memiliki berbagai manfaat lainnya seperti baik untuk kulit dan juga baik kesehatan otak dan sistem saraf.

4. Zinc (15 mg)

Zinc atau seng adalah salah satu senyawa yang menyusun DNA, RNA, dan asam nukleat. Selain itu, Zinc juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

5. Vitamin B1 (5 mg)

Cerebrovit excel juga memiliki kandungan B1 yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh seperti sebagai pemecah lemak dan prostein, mengubah karbohidrat menjadi glukosa kemudian energi, menjaga kesehatan jantung, menjaga sistem saraf, dan mecegah penyakit beri-beri.

6. Vitamin B6 (2 mg)

Kandungan selanjutnya adalah vitamin B6 yang memiliki sangat banyak manfaat untuk tubuh. Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti anemia, nyeri otot, insomnia, dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh peran vitamin B6 yang sangat penting bagi kekebalan tubuh dan metabolisme sel darah merah.

7. Vitamin C (60 mcg)

Vitamin C adalah salah satu vitamin lainnya yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dari vitamin C antara lain adalah membantu produksi kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga sebagai pelindung sel tubuh.

8. Selenium (50 mcg)

Selenium adalah salah satu senyawa yang bisa menjadi antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam radikal bebas. Selain itu, selenium juga berperan dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh.

9. Vitamin B12 (1.5 mcg)

Zat terakhir yang terkandung dalam suplemen ini adalah vitamin B12. Meskipun jumlahnya tidak banyak tetapi vitamin ini memiliki banyak sekali fungsi bagi tubuh seperti memicu pebentukan sel darah merah, baik untuk sistem saraf, membantu pembentukan DNA, dan melepaskan energi dari makanan.

Manfaat Cerebrovit Excel

Berdasarkan dari kandungan zat-zat yang ada di dalamnya, manfaat dari Cerebrovit excel adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh dan juga sebagai nutrisi bagi otak.

Dosis Cerebrovit Excel

Dosis untuk Cerebrovit excel adalah satu kapsul perhari untuk usia 12-22 tahun. Tidak ditemukan dosis untuk usia di bawah 12 tahun atau di atas 22 tahun karena sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdaapt varian produk lainnya yang serupa namun memiliki sasaran usia yang berbeda-beda.

Efek Samping Cerebrovit Excel

Belum ada efek samping yang ditemukan dari penggunaan suplemen yang satu ini. Jika terjadi gejala yang kurang menyenangkan dari penggunaan suplemen ini, segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter.

Terdapat juga beberapa kondisi yang memerlukan perhatian khusus untuk penggunaan suplemen ini seperti anak di bawah 12 tahun, wanita hamil, ibu menyusui, serta pasien yang hipersensitif terhadap zat-zat yang terkandung dlama suplemen ini.