Terbit: 25 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Cendo Xitrol obat apa? Cendo Xitrol adalah obat untuk mata yang sedang mengalami infeksi akibat bakteri. Obat mata cendo xitrol mengandung polimiksin b sulfat yang dikombinasikan dengan neomisin sulfat dan deksametason natrium fosfat. Pengobatan dengan menggunakan obat tetes mata cendo xitrol termasuk ke dalam kelas antibakteri.

Cendo Xitrol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat mata cendo xitrol termasuk informasi tentang indikasi, kontraindikasi, bentuk sediaan, manfaat cendo xitrol, dosis cendo xitrol, dan efek samping.

  • Nama: Cendo Xitrol
  • Kelas Terapi: Antiinfeksi untuk Mata » Antibakteri
  • Monografi Obat: Polimiksin B Sulfat
  • Kombinasi Obat: Deksametason natrium fosfat + Neomisin sulfat

Indikasi Obat Tetes Mata Cendo Xitrol

Mata yang terkena infeksi superfisial akut bisa diobati dengan menggunakan cendo xitrol secara topikal baik dalam bentuk sediaan tetes mata maupun salep mata. Pasien atau konsumen yang memiliki keluhan infeksi mata akibat bakteri seperti blefaritis.

Pasien atau konsumen dengan kondisi medis blefaritis bakterial bisa diobati dengan pemberian cendo xitro dalam bentuk sediaan salep mata di kantung konjungtiva atau pada bagian pelupuk mata.

Selain blefaritis, kondisi medis seperti konjungtivitis juga disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Bagi Anda yang sedang mengalami keratitis dan endoftamitis yang disebabkan oleh bakteri bisa diobati dengan menggunakan obat tetes mata cendo xitrol atau salep mata cendo xitrol.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Apabila beberapa kondisi medis yang telah disebutkan tidak mengalami perbaikan setelah menggunakan obat mata cendo xitrol maka ada kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh virus atau alergi. Kondisi peradangan pada mata yang disertai adanya infeksi oleh bakteri juga bisa diatasi dengan menggunakan obat cendo xitrol.

Kontraindikasi Cendo Xitrol

Meskipun obat mata cendo xitrol tidak memiliki kontraindikasi secara khusus, pemakaian obat tetes mata atau salep mata cendo xitrol tetap memerlukan perhatian khusus. Kontraindikasi bisa terjadi bagi Anda yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan obat cendo xitrol.

Pasien atau konsumen yang memiliki riwayat alergi terhadap salah satu atau beberapa kandungan obat cendo xitrol yaitu polimiksin b sulfat, neomisin sulfat, dan deksametason natrium fosfat. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter apabila memiliki alergi terhadap komponen tersebut agar bisa mendapatkan obat antiinfeksi mata alternatif.

Perhatian

Ada beberapa hal yang penting untuk menjadi perhatian Anda. Janganlah menggunakan obat cendo xitrol melebihi dosis yang dianjurkan dan tidak boleh juga menggunakan lebih lama dari yang direkomendasikan. Jangan pernah memberikan obat mata cendo xitrol kepada anak-anak sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter.

Beritahulah kepada dokter Anda bahwa Anda sedang menggunakan obat cendo xitrol apabila berencana untuk melakukan terapi obat lainnya. Sebaiknya Anda juga memberi tahu kepada dokter jika Anda sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil sebelum obat cendo xitrol digunakan. Hal ini juga berlaku pada ibu menyusui.

Bentuk Sediaan Cendo Xitrol

Obat cendo xitrol yang tersedia di pasaran memiliki dua bentuk sediaan. Kedua bentuk sediaan obat mata cendo xitrol tersebut yaitu berupa tetes mata dan salep mata. Bentuk sediaan tersebut sama-sama digunakan untuk pemakaian luar.

Bentuk sediaan tetes mata cendo xitrol dalam kemasan 5 mL memiliki kandungan yang sama dengan salep mata cendo xitrol kemasan 3.5 mg. Kedua jenis bentuk sediaan tersebut mengandung polymixin B sulfate sebanyak 10.000SI, neomycin sulfate sebanyak 3.5mg, dan dexamethasone sebanyak 1mg.

Manfaat Cendo Xitrol

Ada beberapa manfaat cendo xitrol yang bisa Anda ketahui. Manfaat yang utama adalah untuk mengatasi infeksi mata yang diakibatkan oleh bakteri. Obat cendo xitrol bisa mengobat blefaritis dan konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus.

Manfaat lainnya bisa untuk mengobati kondisi mata berupa keratitis dan endoftamitis yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi pada mata yang disebabkan oleh selain bakteri yaitu akibat virus atau alergi tidak bisa diobati dengan menggunakan cendo xitrol.

Dosis Cendo Xitrol

Manfaat cendo xitrol bisa Anda dapatkan apabila Anda menggunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Dosis cendo xitrol dalam bentuk sediaan obat tetes mata memiliki dosis 1-2 tetes setiap jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada malam hari.

Dosis cendo xitrol dalam bentuk tetes mata bisa Anda kurangi yaitu menjadi 1 tetes setiap 4 jam. Obat mata cendo xitrol dalam bentuk sediaan tablet memiliki dosis pemakaian sebanyak 3-4 kali sehari. Aplikasi obat cendo xitrol baik yang berupa tetes mata atau salep mata tentu hanya untuk bagian mata yang terkena infeksi.

Efek Samping Cendo Xitrol

Ada beberapa efek samping cendo citrol yang penting untuk Anda ketahui. Efek samping cendo xitrol di antaranya adalah alergi, tekanan intraokular mengalami peningkatan, dan terbentuknya katarak subkapsular posterior.

Efek samping cendo xitrol berupa gatal-gatal dan bengkak pada mata bisa juga terjadi apabila memiliki alergi terhadap kandungan. Segera hentikan pemakaian dan kunjungilah dokter Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi