Cendo Fenicol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-cendo-fenicol-doktersehat

DokterSehat.Com – Cendo Fenicol obat apa? Cendo Fenicol adalah obat mata yang mengandung kloramfenikol. Obat cendo fenicol biasa digunakan untuk mengatasi masalah mata karena infeksi akibat bakteri. Penggunaan obat mata cendo fenicol haruslah sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang dianjurkan.

Obat cendo fenicol biasanya dipakai untuk mengatasi masalah mata yang diakibatkan oleh aktivitas bakter seperti Haemophilus influenzae, Streptococcus viridans, Salmonella sp, Streptococcus pneumoniae, dan Staphylococcus aureus.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat cendo fenicol termasuk informasi tentang indikasi cendo fenicol, kontraindikasi cendo fenicol, bentuk sediaan cendo fenicol, manfaat cendo fenicol, dosis cendo fenicol, dan efek samping cendo fenicol.

  • Nama: Cendo Fenicol
  • Kelas Terapi: Antiinfeksi untuk Mata » Antibakteri
  • Monografi Obat: Kloramfenikol

Indikasi Cendo Fenicol

Penggunaan obat cendo fenicol tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan harus sesuai dengan indikasi. Pasien atau konsumen yang mengalami masalah mata seperti kotoran mata yang berlebihan bisa memakai obat cendo fenicol.

Selain itu, obat cendo fenicol juga bisa diberikan kepada orang yang memiliki keluhan Konjungtivitis. Konjungtivitis merupakan masalah infeksi mata akibat bakteri Streptococcus Hemolyticus, Staphylococcus Aureus, Haemophilus Influenzae, dan E.Coli.

Pemakaian obat mata cendo fenicol juga boleh digunakan apabila pasien atau konsumen memiliki beberapa keluhan adanya peradangan di bagian selaput bening mata atau yang biasa disebut sebagai keratitis.

Orang yang memiliki keluhan berupa Trakhoma dan Dakriosistitis juga diperbolehkan memakai obat cendo fenicol. Adanya masalah peradangan pada bagian lapisan dalam mata atau biasa juga disebut sebagai Uveitis boleh menggunakan obat cendo fenicol.

Kontraindikasi Cendo Fenicol

Ada beberapa hal yang merupakan kontraindikasi terhadap obat cendo fenicol. Orang-orang yang memiliki kontraindikasi ini tidak bisa menggunakan obat cendo fenicol. Hal ini dikarenakan kontraindikasi bisa memperburuk kondisi medis.

Kontraindikasi yang biasa terjadi adalah adanya alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan kloramfenikol di dalam obat cendo fenicol. Pasien dengan riwayat alergi terhadap kandungan kloramfenikol sebaiknya menghindari pemakaian obat cendo fenicol.

Bentuk Sediaan Cendo Fenicol

Obat cendo fenicol yang tersedia di pasaran memiliki dua jenis bentuk sediaan. Kedua bentuk sediaan obat cendo fenicol di antaranya adalah berupa bentuk sediaan tetes mata (eye drop) dan bentuk sediaan salep mata (oint).

Baik dalam bentuk sediaan tetes mata maupun bentuk sediaan salep, kedua bentuk sediaan obat cendo fenicol sama-sama mengandung kloramfenikol. Dalam bentuk sediaan tetes mata, terdapat sebanyak 1% kloramfenikol di dalam setiap 1 mL obat cendo fenicol.

Di dalam bentuk sediaan salep, yaitu Cendo Fenicol salep mata mengandung 1% kloramfenikol di dalam setiap 1 gram salep mata cendo fenicol. Kedua bentuk sediaan ini memiliki perbedaan penggunaan dan dosis yang berbeda.

Manfaat Cendo Fenicol

Ada beberapa manfaat cendo fenicol yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan obat cendo fenicol sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang dianjurkan. Manfaat cendo fenicol yang utama adalah untuk mengobati masalah mata akibat infeksi bakteri.

Selain itu, manfaat cendo fenicol juga bisa untuk mencegah tumbuhnya jamur. Hal ini dikarenakan obat cendo fenicol mengandung antibiotik yang berasal dari bakteri streftomyces venezuelae yang bisa mencegah tumbuhnya jamur.

Dosis Cendo Fenicol

Obat cendo fenicol tidak boleh digunakan secara berlebihan karena bisa menyebabkan overdosis yang merugikan kesehatan mata. Cendo fenicol juga tidak boleh digunakan dengan kurang karena Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Jadi, dosis cendo fenicol yang tepat adalah dosis yang sesuaid dengan petunjuk dokter. Biasanya, dosis cendo fenicol dalam bentuk tetes mata ataupun salep mata adalah sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Teteskan 1-2 tetes cendo fenicol di bagian mata yang sakit. Dalam bentuk salep mata maka oleskanlah pada salah satu sisi mata yang sakit. Dosis tersebut bisa jadi berlebih karena dokter akan menyesuaikan dengan kondisi medis mata Anda.

Efek Samping Cendo Fenicol

Efek samping cendo fenicol bisa menyebabkan iritasi dan bengkak pada mata apabila terdapat alergi dengan kandungan kloramfenikol. Selain itu, efek samping cendo fenicol karena penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan peradangan di bagian syaraf mata. Segeralah pergi ke dokter atau rumah sakit apabila mengalami efek samping tersebut.