Terbit: 1 Oktober 2018
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cefat adalah obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri seperti infeksi saluran kemih, infeksi tenggorokan, infeksi kulit dan jaringan lunak, serta infeksi lain akibat bakteri. Cek Cefat obat apa, komposisi, manfaat, aturan pakai, efek samping, dan harga obat dalam pembahasan ini.

Cefat: Komposisi, Indikasi, Aturan Pakai, Harga, dll

Ringkasan Informasi Obat Cefat

Nama Obat Cefat 
Kandungan Obat Cefadroxil monohydrate (sefadroksil monohidrat)
Kelas Obat Antibiotik 
Kategori Obat resep
Manfaat Obat Mengobati berbagai infeksi bakteri.
Kontraindikasi Hipersensitivitas terhadap sefalosporin.
Sediaan Obat Kapsul dan sirup kering. 
Harga Rp13.500/kapsul

*Harga obat mungkin berbeda di setiap apotek.

Cefat Obat Apa?

Cefat adalah obat dengan kandungan sefadroksil monohidrat yang biasa digunakan untuk mengatasi beberapa jenis infeksi bakteri, seperti infeksi saluran kemih, infeksi saluran empedu, bronkitis, pneumonia, infeksi tenggorokan, infeksi kandung kemih dan ginjal yang tidak parah, infeksi kulit dan jaringan lunak, osteomielitis, artritis, septikemia, peritonitis, sepsis puerperalis (infeksi darah), dan infeksi lainnya.

Obat Cefat yang beredar di pasaran memiliki dua bentuk sediaan, yaitu kapsul dan sirup kering. Cefat dengan bentuk sediaan kapsul memiliki kekuatan 250 mg dan 500 mg, sedangkan obat Cefat sirup kering memiliki kekuatan 125 mg/5 mL dan 250 mg/5 mL.

Obat ini termasuk ke golongan sefalosporin generasi pertama. Obat ini hanya untuk infeksi bakteri, bukan infeksi virus. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan saran dan resep dokter.

Merek Dagang Obat Cefat

Cefat adalah merek dagang obat dari manufaktur Sanbe. Obat generiknya bernama Cefadroxil atau Sefadroksil. Obat dengan kandungan bahan aktif yang sama mungkin tersedia dengan merek dagang lain yang belum tercantum dalam pembahasan ini.

Indikasi Obat Cefat

Obat dengan bahan aktif Cefadroxil digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, infeksi saluran empedu, infeksi saluran napas, infeksi kelamin, infeksi kulit, dan infeksi jaringan lunak.

Selain itu, pasien yang sedang mengalami impetigo, faringitis, sinusitis, pneumonia, meningitis, peritonitis, osteomielitis, artritis, septikemia, peritonitis, dan sepsis bisa mengonsumisi obat Cefadroxil untuk mengatasi kondisi medis.

Kontraindikasi Obat Cefat

Obat Cefat memiliki kontraindikasi bagi pasien yang alergi atau hipersensitif dengan kandungan sefadroksil monohidrat. Hal ini bisa menimbulkan reaksi alergi bagi pasien yang alergi. Anda perlu tahu juga bahwa pasien yang alergi dengan penisilin biasanya juga memiliki alergi sefadroksil monohidrat.

Perhatian dan Peringatan Penggunaan

Meskipun bukan sebuah kontraindikasi, ada juga beberapa kondisi medis yang perlu menjadi perhatian sebelum Anda mengonsumsi obat Cefadroxil. Pasien yang memiliki gangguan fungsi ginjal dan kolitis sebaiknya berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Apabila Anda pernah sedang hamil atau menyusui sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter. Beberapa jenis obat memiliki kemungkinan interaksi terhadap kandungan sefadroksil monohidrat, termasuk cefixime (Suprax), cefotaxime (Claforan), cefprozil, dan lainnya.

Interaksi Obat Cefat

Interaksi obat adalah reaksi yang mungkin terjadi saat dua kandungan obat atau lebih bertemu dan mungkin melemahkan atau meningkatkan fungsi obat. Ini akan memicu efek samping tertentu.

Jangan gunakan bahan aktif Cefadroxil dengan obat golongan aminoglikosida, diuretik kuat, dan probenesid dalam waktu bersamaan. Anda mungkin bisa mengonsumsinya dengan memberi jeda beberapa jam pada setiap obat.

Konsultasi pada dokter bila Anda sedang mengonsumsi obat lain untuk menghindari interaksi obat, termasuk obat resep lain, obat bebas, obat herbal, vitamin, atau suplemen lainnya.

Baca Juga: 12 Antibiotik Alami untuk Atasi Infeksi Tubuh

Efek Samping Cefat

Efek samping yang paling mungkin terjadi adalah reaksi alergi bagi pasien yang memiliki alergi dengan kandungan sefadroksil. Gejala alergi atau hipersensitivitas berupa sesak napas, mual, muntah, pusing, gatal-gatal, ruam kulit, dan bengkak di mata, bibir, atau wajah.

Segeralah mencari bantuan medis atau mengunjungi dokter apabila terjadi salah satu atau beberapa tanda-tanda reaksi alergi tersebut. Hal ini untuk mencegah kondisi yang lebih parah lagi.

Pada beberapa kasus, reaksi anafilaksis dan urtikaria juga mungkin terjadi. Penggunaan obat Cefadroxil yang dilakukan bersamaan dengan obat aminoglikosida bisa menimbulkan efek samping berupa nefrotoksisitas.

Depresi sumsum tulang terutama granulositopenia bisa saja terjadi sebagai efek samping walaupun jarang. Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah gangguan gastrointestinal atau gangguan lambung, kolitis, dan terkadang bisa juga memicu adanya pseudomembran.

Dosis Cefat

Anda bisa mendapatkan manfaat Cefat apabila mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis Cefat yang umum untuk orang dewasa adalah 0.5-1 gram setiap 12 jam sekali. Sedangkan dosis untuk anak adalah 25-50 mg/kgBB/hari dalam 2 dosis terbagi selama satu hari.

Baca Juga: 13 Golongan Obat Antibiotik yang Perlu Diketahui

Cara Pakai Obat Cefat

Gunakan obat ini sesuai perintah dokter. Umumnya, Anda dapat mengonsumsi obat ini dengan atau tanpa makanan. Silakan konsumsi obat ini bersama makanan atau setelah makan untuk mengurangi risiko gangguan sistem pencernaan seperti mual, muntah, atau nyeri perut.

Habiskan obat sesuai resep. Bila tidak dihabiskan karena merasa sudah sembuh, ini akan memicu resistensi obat atau obat tidak akan berfungsi efektif lain untuk menyembuhkan infeksi bakteri di masa depan.

Petunjuk Penyimpanan Obat Cefat

Berikut ini petunjuk penyimpanan obat-obatan secara umum:

  • Simpan obat di tempat yang sejuk dan wadah yang kering.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.
  • Buang bungkus obat dengan cara merusaknya lalu masukkan ke tempat sampah untuk mengurangi risiko penyalahgunaan limbah obat atau bungkus obat.

Itulah pembahasan tentang Cefat obat apa. Cefat 500 mg adalah obat antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri tertentu. Hubungi dokter bila batuk berlanjut. Semoga informasi ini bermanfaat!

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Drugs. 2021. CEFADROXIL 500MG CAPSULES. https://www.drugs.com/uk/cefadroxil-500mg-capsules-leaflet.html. (Diakses pada 30 Juni 2021).
  2. MIMS. 2021. Cefadroxil. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/cefat. (Diakses pada 30 Juni 2021).

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi