DokterSehat.Com – Cal-95 obat apa? Cal-95 adalah suplemen yang digunakan untuk mengatasi kekurangan kalsium dan memenuhi kebutuhan kalsium pada anak, wanita hamil, dan ibu menyusui. Seperti yang kita ketahui, kalsium sangatlah penting bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan tulang dan gigi. Suplemen ini juga dijadikan sebagai terapi suportif dalam penyembuhan osteoporosis (pengeroposan tulang).

cal-95-doktersehat

Cal-95 merupakan jenis obat bebas yang bisa Anda dapatkan di apotek dengan atau tanpa resep dokter. Ketahui lebih jauh tantang Cal-95 mulai dari kandungan, manfaat, dosis, dan juga efek sampingnya berikut ini!

Kandungan Cal-95

Cal-95 mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Berikut adalah zat-zat yang terkandung dalam suplemen ini:

  1. Coral Calcium 500 mg

Coral calcium adalah garam kalsum yang diambil dari koral atau fosil dari terumbu karang. Coral calcium memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, mencegah pengeroposan tulang, menjaga kesehatan jantung, mengatasi kram otot, mengatasi sakit kepala, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

2. Magnesium 100 mg

Magnesium adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Kebutuhan Magnesium harian untuk orang dewasa adalah sekitar 400-450 mg dan biasanya bersumber dari makanan seperti sayuran hijau, buah, dan kacang-kacangan. Kekurangan magnesium bisa menjadi pemicu seseorang mengalami osteoporosis.

3. Natural Soy Isoflavone 20 mg

Isoflavone adalah salah satu senyawa penting yang banyak terkandung dalam kedelai. Senyawa ini bisa bertindak sebagai antioksidan dan memiliki manfaat untuk tubuh baik untuk memenuhi nutrisi harian atau untuk meredakan gejala berbagai penyakit.

4. Vitamin D3 200 IU

Vitamin D3 merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D3 berfungsi untuk membantu penyerapan fosfor dan kalsium, sehingga vitamin ini juga sangat penting dalam penyembuhan osteoporosis.

5. Vitamin K1 25 mcg

Vitamin K1 merupakan jenis vitamin K yang umumnya berasal dari tanaman atau nabati. Vitamin K1 memiliki beberapa manfaat untuk tubuh seperti berperan dalam proses pembekuan darah, mencegah penyakit jantung, dan tentunya juga menjaga kesehatan tulang.

6. Zinc

Zinc juga merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh. Zinc memiliki peran dalam kesehatan tulang sehingga dibutuhkan dalam pengobatan osteoporosis.

7. Boron

Boron merupakan senyawa yang bisa Anda temukan dalam sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Fungsi dari Boron adalah mengatasi nyeri, meningkatkan kemampuan kognitif otak, mengatasi pengapuran tulang sendi atau osteoarthritis, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Manfaat Cal-95

Sudah diketahui bahwa Cal-95 mengandung berbagai vitamin dan mineral yang memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh. Berdasarkan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, manfaat Cal-95, yaitu:

  • Memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Sangat baik digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan
  • Mengatasi dan mencegah osteoporosis alibat berbagai sebab seperti menopause atau gastrektomi atau kondisi lain yang bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga menyebabkan pengeroposan tulang.
  • Kondisi lain yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan vitamin lainnya.

Dosis Cal-95

Dosis Cal-95 untuk anak-anak hingga dewasa sama yaitu disarankan untuk dikonsumsi 1-3 kapsul per hari. Jangan gunakan obat ini di luar dosis yang disarankan, kecuali Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. Konsumsi obat ini sebaiknya dilakukan sesudah makan.

Efek Samping Cal-95

Cal-95 bentuknya merupakan suplemen sehingga relatif aman untuk digunakan. Belum ada laporan timbulnya efek samping akibat dari penggunaan obat ini. Jika Anda mengalami gejala aneh setelah konsumsi suplemen ini, segera konsultasikan ke dokter.

Perhatian dan Peringatan

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menggunakan suplemen ini:

  • Jangan gunakan suplemen ini pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap komponen-komponen yang terkandung dalam obat ini.
  • Jangan konsumsi suplemen ini bersamaan dengan makanan atau produk kaya serat, terutama pada penderita gangguan ginjal.
  • Obat ini aman digunakan untuk semua kalangan, namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum menggunakan suplemen ini.

Itu dia sekilas informasi tentang kandungan, manfaat, dosis, dan juga efek samping dari suplemen Cal-95. Semoga bermanfaat!