Terbit: 17 Juli 2020 | Diperbarui: 27 Juli 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada sejumlah obat bronkitis yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah pernapasan yang satu ini. Apa saja obat-obatan yang dimaksud? Simak informasi seputar pengobatan bronkitis—alami dan medis—berikut ini!

12 Obat Bronkitis yang Ampuh (Alami dan Medis)

Apa Itu Bronkitis?

Bronkitis adalah suatu penyakit yang terjadi ketika saluran bronkial (saluran yang menjadi ‘jalan’ bagi udara dari dan menuju paru-paru) mengalami peradangan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami gejala batuk disertai dahak, pun kesulitan bernapas.

Bronkitis sendiri terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Bronkitis akut, adalah bronkitis yang paling umum terjadi. Jenis ini tergolong ringan dan bisa sembuh dengan sejumlah pengobatan sederhana dalam kurun waktu beberapa minggu.
  • Bronkitis kronis, adalah bronkitis yang berjalan dalam waktu yang lama. Penderita tidak akan pernah bisa benar-benar sembuh dari penyakit ini. Pengobatan bronkitis yang dilakukan hanya sebatas meredakan gejala yang kambuh.

Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus, namun pada kasus yang jarang juga bisa disebabkan oleh bakteri. Sementara itu, bronkitis kronis adalah efek jangka panjang dari faktor-faktor seperti kebiasaan merokok dan paparan bahan kimia.

Obat Bronkitis (Alami)

Pada kasus yang ringan, bronkitis dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan sekalipun. Kendati demikian, Anda bisa mencoba sejumlah obat bronkitis alami berikut ini untuk lebih mengoptimalkan proses penyembuhan. Apa saja obat alami tersebut?

1. Madu

Cara mengobati bronkitis secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Peran madu pada kasus ini adalah untuk mengatasi gejala batuk.

Madu juga diperkaya oleh zat yang bersifat antivirus dan antibakteri. Penelitian membuktikan jika madu dapat mengatasi infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan.

2. Minyak Esensial

Selain madu, pengobatan bronkitis secara alami juga bisa dengan memanfaatkan minyak esensial. Menurut studi, minyak esensial terbukti efektif untuk meredakan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan.

Beberapa jenis minyak esensial yang dapat Anda gunakan antara lain sebagai berikut:

  • Eucalyptus
  • Basil
  • Rosemary
  • Minyak daun teh
  • Peppermint

3. Ginseng

Ginseng—lebih tepatnya ekstrak ginseng—juga bisa dijadikan alternatif obat bronkitis. Berdasarkan sejumlah studi, ekstrak ginseng terbukti mampu membasmi bakteri yang hinggap di paru-paru pada kasus bronkitis kronis.

Tidak hanya itu, khasiat ginseng untuk mengobati bronkitis juga dikarenakan tanaman ini mengandung zat yang bersifat antiinflamasi.

4. Jahe

Sejumlah ahli menemukan bahwa jahe memiliki sifat antiinflamasi sehingga dianggap mampu mengatasi peradangan yang terjadi di saluran pernapasan pada kasus bronkitis akut. Guna mendapat hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi jahe dalam bentuk aslinya alih-alih jahe yang sudah diolah menjadi suplemen obat.

Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat untuk kemudian mengonsumsinya secara rutin sampai gejala bronkitis mereda.

5. Kunyit

Jenis rempah lainnya yang juga bisa berfungsi sebagai obat bronkitis alami adalah kunyit. Menurut sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2011 silam, kunyit yang menjadi salah satu bumbu wajib masakan khas India ini mengandung zat antiinflamasi. Bahkan, kandungan zat antiinflamasi pada kunyit diklaim lebih tinggi ketimbang jahe.

Selain itu, kunyit juga mengandung zat antioksidan yang bisa membantu meredakan iritasi sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas yang baik tentunya diperlukan guna mengoptimalkan proses penyembuhan.

6. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga ternyata dapat Anda manfaatkan sebagai medium pengobatan bronkitis, lho. Ya, sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2016 silam mengemukakan bahwasanya bawang putih efektif untuk melawan virus yang menjadi penyebab bronkitis akut.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung maupun yang sudah dalam bentuk obat-obatan. Akan tetapi, baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila Anda juga memiliki gangguan perdarahan.

7. Air Garam

Berkumur air garam menjadi cara mengobati bronkitis selanjutnya yang juga patut Anda coba. Air garam berfungsi untuk mengatasi dahak, pun membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

Larutkan 2 sendok teh garam di dalam segelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan cara menengadahkan kepala selama beberapa detik. Lakukan metode ini secara rutin 1-2 kali sehari sampai gejala dirasa sudah mereda.

8. Istirahat dan Minum Air Putih yang Banyak

Seperti yang sudah disinggung di awal, bronkitis sejatinya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu obat-obatan. Akan tetapi, hal ini dapat terwujud apabila Anda memiliki waktu istirahat yang cukup disertai konsumsi air putih yang banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi dulu aktivitas Anda selama dalam masa penyembuhan, ya.

Obat Bronkitis (Medis)

Selain dengan bahan-bahan alami, pengobatan bronkitis juga bisa dilakukan dengan medium obat-obatan medis. Berikut ini adalah beberapa jenis obat bronkitis yang umum disarankan oleh dokter.

1. Obat Pereda Nyeri

Jenis obat pertama yang bisa Anda gunakan terkait bronkitis adalah obat pereda nyeri. Sesuai dengan namanya, obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri yang muncul, terutama di tenggorokan. Obat pereda nyeri yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Acetaminophen
  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Naproxen

Perlu dicatat, penggunaan Aspirin untuk mengobati gejala bronkitis tidak diperkenankan bagi anak-anak. Konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter Anda.

2. Obat Batuk

Guna mengatasi gejala berupa batuk yang disertai dengan dahak, Anda bisa memanfaatkan obat batuk yang bisa didapatkan di apotek maupun swalayan terdekat. Obat batuk yang dimaksud yakni dari golongan ekspektoran. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker mengenai prosedur penggunaan obat bronkitis yang satu ini.

3. Bronkodilator

Bronkitis juga ditandai dengan gejala sulit bernapas. Hal ini tak lain karena saluran napas yang menyempit akibat meradang dan membengkaknya saluran bronkial. Guna mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan bronkodilator. Bronkodilator bekerja dengan cara membuka saluran pernapasan yang tersumbat tersebut.

4. Antibiotik

Obat antibiotik untuk mengatasi bronkitis digunakan hanya jika gangguan saluran napas ini disebabkan oleh bakteri. Namun seperti yang kita ketahui, sebagian besar kasus bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus sehingga penggunaan antibiotik terbilang jarang dilakukan.

 

  1. Anonim. Bronchitis. https://www.webmd.com/lung/understanding-bronchitis-basics (Diakses pada 17 Juli 2020)
  2. Anonim. Home Remedies for Bronchitis. https://www.webmd.com/lung/home-remedies-bronchitis (Diakses pada 17 Juli 2020)
  3. Cronkleton, E. 2018. 7 Home Remedies for Bronchitis. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bronchitis#symptoms (Diakses pada 17 Juli 2020)
  4. Leonard, J. 2017. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317705 (Diakses pada 17 Juli 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi