Bodrex – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

bodrex-migra-doktersehat

DokterSehat.Com – Bodrex obat apa? Bodrex adalah obat yang bisa meredakan flu, batuk, migrain, dan sakit kepala. Oleh karena itu, ada beberapa jenis varian obat bodrex, yaitu bodrex flu dan batuk kering, bodrex flu dan batuk berdahak, bodrex migra, dan bodrex extra. Beberapa jenis obat bodrex tersebut termasuk obat bebas.

Anda bisa membeli bodrex tanpa resep dokter baik di toko obat berizin maupun di apotek. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu beberapa informasi penting terkait sebelum menggunakan bodrex, seperti bentuk sediaan, kandungan, harga, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, dan efek samping.

Rangkuman Informasi Obat Bodrex

Nama Bodrex
Golongan Obat Analgesik Non-Opioid
Bentuk Sediaan Kaplet
Kandungan Analgesik Non-Opioid kombinasi
Harga Rp1.600-2.200/ strip (4 kaplet)
Manfaat Meredakan migran, sakit kepala, flu, dan batuk
Indikasi Penggunaan 1-2 kaplet sebanyak 3 kali sehari (tergantung jenisnya)
Kontraindikasi Hipersensitivitas, gangguan fungsi hati
Cara pakai Diminum setelah makan
Dosis Tergantung jenis bodrex dan usia
Efek samping Reaksi alergi, kerusakan hati, kerusakan ginjal

Bentuk Sediaan Bodrex

Bentuk sediaan obat bodrex yang ada dipasaran tersedia dalam dua jenis, yaitu kaplet dan sirup. Namun, bodrex extra dan bodrex migra hanya memiliki bentuk sediaan kaplet. Dalam setiap 1 strip obat bodrex berisi 4 kaplet dengan dua jenis warna.

Simpanlah obat bodrex di tempat kering dan pada suhu kamar. Selain itu, jangan menyimpan obat bodrex di tempat yang mudah terkena paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari bisa memengaruhi struktur kimia dan cara kerja bahan aktif obat bodrex.

Kandungan Bodrex

Kandungan bahan aktif yang ada di dalam obat bodrex berbeda sesuai dengan variannya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada manfaat masing-masing varian bodrex.

Berikut ini adalah kandungan setiap satu kaplet obat bodrex migra, bodrex extra, bodrex flu-batuk kering, dan bodrex flu-batuk berdahak:

Jenis obat bodrex Kandungan
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak) 500 mg Paracetamol, 12 mg Dekstrometorfan, dan 30 mg Pseudoefedrin Hidroklorida
Bodrex flu dan batuk berdahak 500 mg Paracetamol, 50 mg Gliseril Guaiakolat, 10 mg Fenilefrin, dan 8 mg Bromhexine HCL
Bodrex migra 350 mg Paracetamol, 150 mg Propifenazon, dan 50 mg Caffeine
Bodrex extra 350 mg Paracetamol, 200 mg Ibuprofen, dan 50 mg Caffeine

Jenis dan jumlah kandungan bahan aktif pada varian bodrex tersebut berbeda-beda kan. Namun, persamaannya adalah obat bodrex merupakan obat yang memiliki kandungan kombinasi.

Kandungan yang ada di dalam bodrex extra dan migra adalah kandungan yang termasuk ke dalam Analgesik Non-Opioid (Paracetamol, Propifenazon, dan Ibuprofen) yang berfungsi untuk meredakan sakit kepala, demam, dan peradangan. Penambahan kafein pada dua varian bodrex tersebut bertujuan untuk mencegah rasa kantuk.

Obat bodrex flu dan batuk kering mengandung bahan aktif yang termasuk pada kelas Analgesik Non-Opioid (Paracetamol), Antitusif (Dekstrometorfan) yang berfungsi menekan pusat batuk, dan Dekongestan (Pseudoefedrin Hidroklorida) yang berfungsi melegakan hidung tersumbat.

Pada bodrex flu dan batuk berdahak memiliki bahan aktif pada kelas Analgesik Non-Opioid (Paracetamol), Ekspektoran (Gliseril Guaiakolat) yang berfungsi untuk mengencerkan dahak, Dekongestan (Fenilefrin), dan Mukolitik (Bromhexine HCl) yang berfungsi membantu ekspektorasi.

Manfaat Bodrex

Pada umumnya, manfaat bodrex yang utama adalah untuk meredakan demam dan nyeri karena semua obat bodrex mengandung paracetamol. Namun, setiap jenis bodrex memiliki tambahan manfaat selain manfaat umum tersebut.

Inilah beberapa manfaat tambahan pada setiap jenis obat bodrex selain manfaat utama:

Jenis obat bodrex Manfaat Tambahan
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak) Menekan pusat batuk dan melegakan hidung tersumbat
Bodrex flu dan batuk berdahak Mengencerkan dahak, melegakan hidung tersumbat, dan membantu ekspektorasi
Bodrex migra Meredakan sakit kepala sebelah
Bodrex extra Meredakan sakit kepala

Indikasi Bodrex

Penggunaan obat bodrex harus memiliki indikasi. Setiap varian bodrex memiliki sedikit perbedaan indikasinya. Jadi ketahuilah indikasi setiap obat bodrex agar tepat guna. Bodrex migra digunakan untuk orang yang mengalami sakit kepala sebelah atau migrain.

Orang yang sakit kepala tidak sebagian tepat untuk memilih bodrex exra. Jika Anda mengalami batuk tidak berdahak, maka gunakan obat bodrex flu dan batuk kering. Sebaliknya, jika batuk berdahak gunakan bodrex flu dan batuk berdahak.

Kontraindikasi Bodrex

Orang-orang yang memiliki hipersensitivitas pada masing-masing bahan bodrex tidak bisa menggunakan obat bodrex. Sebagai contoh, jika Anda memiliki alergi terhadap paracetamol, propifenazon, atau kafein, maka Anda tidak bisa menggunakan bodrex migra.

Semua jenis bodrex juga tidak bisa digunakan jika Anda mengalami gangguan fungsi hati berat. Hal ini dikarenakan penggunaan obat bodrex meningkatkan kerja organ hati. Bodrex flu dan batuk kering tidak bisa digunakan pada penderita asma dan batuk produktif.

Penggunaan bodrex extra harus dihindari pada ibu hamil, penderita ulkus peptikum, asma, rinitis, polip hidung, dan urtikaria. Lakukan konsultasi dengan dokter jika Anda memiliki salah satu atau beberapa kontraindikasi untuk menemukan solusi pengobatan lain.

Dosis Obat Bodrex

Pakailah obat bodrex sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis bodrex tidak sama pada setiap jenis bodrex. Selain itu, faktor usia juga memengaruhi penggunaan dosis bodrex. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin memberikan bodrex pada anak-anak.

Berbagai jenis dosis bodrex untuk setiap jenisnya bisa dilihat di bawah ini:

Jenis obat bodrex Dosis
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak)
  • Dewasa: 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari
  • Anak: ½ kaplet sebanyak 3 kali sehari
Bodrex flu dan batuk berdahak Dewasa: 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari
Bodrex migra Dewasa: 1 kaplet 3 kali sehari
Bodrex extra
  • Dewasa: 1-2 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari
  • Anak: ½-1 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari

Efek Samping Bodrex

Pemakaian obat bodrex yang tidak sesuai dengan aturan dan dosis yang tepat bisa menimbulkan efek samping tertentu. Penderita hipersensitivitas bisa mengalami reaksi alergi yang ditandai dengan pusing, diare, mual, muntah, sesak napas, dan bengkak di wajah.

Efek samping bodrex juga bisa menyebabkan kerusakan hati terutama jika Anda menggunakan obat bodrex dengan dosis berlebih atau Anda memiliki gangguan fungsi hati. Kemungkinan kerusakan ginjal bisa terjadi pada beberapa kasus.

Harga Bodrex

Obat bodrex dibanderol dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada lokasi dan jenisnya.

Berikut ini adalah beberapa daftar harga bodrex eceran:

Jenis obat bodrex Harga
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak) Rp1.600/ strip
Bodrex flu dan batuk berdahak Rp1.800/ strip
Bodrex migra Rp2.200/ strip
Bodrex extra Rp2.000/ strip

 

 

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id