Biolysin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

biolysin-tablet-doktersehat

DokterSehat.Com – Biolysin obat apa? Biolysin adalah suplemen vitamin dan mineral yang biasanya diberikan kepada anak-anak guna mendukung pertumbuhan. Vitamin biolysin termasuk obat bebas yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter. Meskipun termasuk obat bebas, biolysin multivitamin harus digunakan sesuai aturan.

Oleh karena itu, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang vitamin biolysin termasuk informasi tentang bentuk sediaan biolysin, kandungan biolysin, harga biolysin tablet dan sirup, manfaat biolysin emulsion, indikasi biolysin, kontraindikasi biolysin, dosis biolysin sirup dan tablet, dan efek samping biolysin multivitamin.

Rangkuman Informasi Obat Biolysin

Nama Biolysin
Golongan Obat Suplemen vitamin dan mineral
Bentuk Sediaan Sirup dan tablet
Jenis-Jenis Biolysin tablet, biolysin syrup, biolysin emulsion, biolysin smart
Kandungan Multivitamin, multimineral, dan tambahan lain
Harga Rp5.000-27.000 (tergantung sediaan dan jenis)
Manfaat Mendukung tumbuh kembang dan memulihkan tubuh pasca sakit
Indikasi Penggunaan Tambahan asupan multivitamin dan mineral, pemulihan pasca saki
Kontraindikasi Hipersensitivitas
Cara pakai Diminum setelah makan
Dosis ½-2 sendok takar/ hari  dan ½-2 tablet/ hari (tergantung usia)
Efek samping Diare, reaksi alergi, iritasi lambung

Bentuk Sediaan Biolysin

Vitamin biolysin memiliki dua bentuk sediaan. Kedua bentuk sediaan biolysin adalah sirup dan tablet. Biolysin syrup dikemas di dalam botol 60 mL dan 100 mL, sedangkan biolysin tablet dijual dalam kemasan strip yang berisi 10 tablet dan dalam kemasan botol yang berisi 30 tablet.

Jenis-Jenis Biolysin Multivitamin

Pada sediaan sirup, ada beberapa jenis biolysin. Ada biolysin syrup (biasa), biolysin smart, dan biolysin emulsion. Ketiga jenis biolysin syrup memiliki sedikit perbedaan pada kandungan dan manfaat.

Dalam bentuk sediaan tablet, ada biolysin kids dan ada biolysin tablet (biasa). Biolysin kids (tablet) cocoknya digunakan untuk anak-anak tetapi bisa juga untuk orang dewasa. Jenis ini memiliki tiga variasi rasa, yaitu jeruk, stroberi, dan blackcurant.

Jenis biolysin tablet (dalam kemasan strip), bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa sesuai dengan dosis. Sesuaikanlah jenis dan bentuk sediaan biolysin multivitamin dengan karakteristik pasien.

Kandungan Biolysin

Secara umum, biolysin multivitamin mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, Vitamin C, niasinamid, Ca-pantotenat, dan L-lisin HCl. Akan tetapi, kandungan biolysin berbeda tergantung pada jenis dan bentuk sediaan biolysin.

Berikut ini adalah kandungan biolysin pada beberapa jenis dan sediaan:

  1. Biolysin syrup (per 5 mL):  5000 IU Vitamin A, 3 mg vitamin B1, 2 mg vitamin B2, 1 mg vitamin B6, 5 mcg vitamin B12, 50 mg vitamin C, 1000 IU vitamin D3 , 3 mg d- panthenol, 300 mg l- lysine HCl 300 mg, dan 20 mg niacinamide.
  2. Biolysin tablet (per tablet): 1500 IU vitamin A, 1,4 mg vitamin B1, 1,6 mg vitamin B2, 1,6 mg vitamin B6 1,6 mg, 3 mcg vitamin B12, 660 mg vitamin C, 400 IU vitamin D3, 5 mg vitamin E, 10 mg Niacinamide, 3 mg Ca Pantotenate, dan 100 mg Lysine HCL.
  3. Biolysin emulsion (per 5 mL): 1000 IU Vitamin A, 0,6 mg vitamin B1, 0,6 mg vitamin B2, 0,6 mg vitamin B6, 300 IU vitamin D3, 75 mg Choline, 7 mg DHA, 21 mg AA, 3 mg minyak ikan kod, dan 50 mg Mg gluconate.
  4. Biolysin smart (per 5 mL): 1000 IU vitamin A, 3 mg vitamin B1, 2 mg vitamin B2, 10 mg vitamin B3, 5 mg vitamin B6, 6 mcg vitamin B12, 2000 IU vitamin D3, 300 mg L-Lysine HCL 300 mg, 25 mg ekstrak temulawak 25 mg, dan 400 mg madu.

Harga Biolysin

Harga biolysin multivitamin dipengaruhi oleh jenis dan bentuk sediaan biolysin. Biolysin sirup, biolysin tablet, biolysin smart, dan biolysin emulsion dibanderol dengan harga yang berbeda-beda.

Inilah daftar harga biolysin pada beberapa jenis dan sediaan:

Biolysin syrup 60 mL Rp14.000-15.000/ botol
Biolysin syrup 100 mL Rp18.000-20.000/ botol
Biolysin tablet (kids) Rp15.000/ botol
Biolysin tablet Rp5.000/ strip
Biolysin emulsion 250 mL Rp22.000-27.000/ botol
Biolysin smart Rp14.000-20.000/ botol

Manfaat Biolysin

Manfaat vitamin Biolysin secara umum adalah untuk menambah asupan zat gizi sehingga mendukung tumbuh kembangnya. Selain itu, manfaat biolysin multivitamin juga untuk membantu pemulihan anak pasca sakit atau tindakan operasi. Biolysin smart memiliki manfaat tambahan, yaitu membantu perkembangan otak anak.

Indikasi Biolysin

Biolysin bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa yang membutuhkan tambahan asupan multivitamin dan multimineral harian. Selain itu, penggunaan biolysin syrup maupun biolysin tablet juga diindikasikan pada pasien yang baru sembuh dari sakit.

Kontraindikasi Biolysin

Sama seperti kebanyakan suplemen vitamin dan mineral, vitamin biolysin tidak memiliki kontraindikasi khusus. Akan tetapi, anak yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan biolysin sebaiknya tidak mengonsumsi biolysin.

Dosis Biolysin

Meskipun biolysin multivitamin termasuk obat bebas dan merupakan suplemen, penggunaannya harus sesuai dengan dosis. Ini bisa membantu untuk mencapai manfaatnya dan menghindarkan efek samping.

Berikut ini adalah dosis biolysin untuk beberapa jenis dan sediaan:

Biolysin syrup
  1. Anak dibawah 1 tahun: ½ sendok takar/ hari
  2. Anak 1-12 tahun: 1 sendok takar/ hari
  3. Dewasa: 1-2 sendok takar/ hari
Biolysin tablet (kids) 1 tablet/ hari
Biolysin tablet
  1. Anak: 1 tablet/ hari
  2. Dewasa : 1-2 tablet/ 1 kali sehari
Biolysin emulsion
  1. Anak dibawah 1 tahun: ½ sendok takar/ hari
  2. Anak 1-12 tahun: 1 sendok takar/ hari
  3. Dewasa: 1-2 sendok takar/ hari
Biolysin smart
  1. Anak usia 0-1 tahun: ½ sendok takar/ hari
  2. Anak di atas 1 tahun: 1 sendok takar/ hari

 

Apabila dosis di atas berbeda dengan dosis yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter, maka ikutilah dosis yang ada pada kemasan dan anjuran dokter.

Efek Samping Biolysin

Pada umumnya, pemakaian biolysin tidak menimbulkan efek samping tertentu karena kandungan bahan-bahan yang ada di dalam biolysin cenderung bisa dicerna oleh tubuh. Namun, pada beberapa kasus, penggunaan biolysin bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Efek samping biolysin yang mungkin muncul adalah diare karena adanya masalah pencernaan pada orang tersebut. Biolysin juga bisa memicu iritasi lambung jika digunakan sebelum makan.

Orang-orang yang memiliki hipersensitivitas akan mengalami efek samping berupa reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut ditandai dengan beberapa hal seperti mual, muntah, sakit perut, sesak napas, diare, gatal-gatal, ruam kulit, dan pembengkakan wajah.

Apabila Anda mengalami efek samping tersebut, hentikanlah pemakaian biolysin. Segeralah mengunjungi rumah sakit atau klinik terdekat guna mendapatkan tindakan medis agar efek samping tidak berkembang semakin parah.