Benadryl – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

benadryl-batuk-berdahak-doktersehat

DokterSehat.Com – Benadryl obat apa? Benadryl adalah obat yang bisa meredakan dan mengobati batuk. Obat Benadryl termasuk obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek ataupun toko obat berizin.

Meskipun Benadryl bisa dibeli secara bebas, penggunaannya harus tetap sesuai dengan aturan dan dosis yang dianjurkan dokter. Oleh karena itu, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Benadryl.

Rangkuman Informasi Obat Benadryl

Nama Benadryl
Golongan Obat Antihistamin, ekspektoran, mukolitik
Bentuk Sediaan Sirup
Kandungan Diphenhydramine hydrochloride – Ammonium Chloride dan Bromhexine Hydrochloride – Guaifenesin
Harga Rp20.000-28.000/ botol (50 mL)
Manfaat Mengobati batuk
Indikasi Penggunaan Batuk berdahak, batuk tidak berdahak (kering), flu dan batuk
Kontraindikasi Hipersensitivitas, ibu menyusui, anak-anak, dan lainnya
Cara pakai Diminum setelah makan
Dosis Tergantung usia (lihat di bawah)
Efek samping Reaksi alergi, rasa kantuk

Bentuk Sediaan Benadryl

Obat Benadryl memiliki bentuk sediaan sirup atau disebut juga Benadryl Sirup. Ada dua jenis Benadryl Sirup, yaitu Benadryl Original dan Benadryl Batuk Berdahak. Keduanya memiliki kemasan botol dengan berat bersih 50 mL.

Penyimpanan obat Benadryl tidak boleh sembarangan. Benadryl sirup sebaiknya disimpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu, obat Benadryl juga perlu disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Hal ini bertujuan agar kandungan Benadryl sirup tidak mengalami perubahan struktur kimia. Perubahan struktur kimia pada kandungan bahan aktif bisa memengaruhi cara kerja dan khasiat Benadryl sirup.

Kandungan Benadryl

Kandungan Benadryl sirup pada keduaj jenis cukup berbeda. Pada Benadryl Original, kandungannya berisi Diphenhydramine hydrochloride dan Ammonium Chloride. Di mana setiap 5 mL sirup mengandung  12.5 mg Diphenhydramine hydrochloride dan 125 mg Ammonium Chloride .

Jenis Benadryl Original memiliki bahan-bahan aktif yang tergolong ke dalam antihistamin. Bahan obat yang tergolong antihistamin bisa mengurangi sekresi nasal dan bersin tetapi kurang efektif untuk kongesti hidung.

Obat Benadryl batuk berdahak mengandung Guaifenesin dan Bromhexine Hydrochloride. Setiap 5 mL sirup Benadryl batuk berdahak mengandung 4 mg Bromhexine Hydrochloride dan 100 mg Guaifenesin.

Kandungan yang ada di dalam sirup Benadryl batuk berdahak tergolong mukolitik (Bromhexine Hydrochloride) yang berfungsi membantu ekspektorasi dan ekspektoran (Guaifenesin) yang berfungsi untuk mengencerkan dahak.

Baca Juga: Guaifenesin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Manfaat Benadryl

Meskipun sama-sama tergolong obat batuk, kedua jenis Benadryl sirup memiliki manfaat spesifik yang berbeda. Manfaat Benadryl Original adalah untuk mengurangi sekresi nasal dan bersin. Penderita yang mengalami flu dan batuk bisa merasakan manfaat ini.

Benadryl Original juga bermanfaat untuk mengatasi gejala lainnya seperti bersin-bersin, meredakan rasa gatal pada rongga hidung dan tenggorokan, serta mengatasi mata berair karena alergi.

Manfaat Benadryl Batuk Berdahak lebih menjurus pada pengenceran dahak sehingga mudah dikeluarkan. Akibatnya, saluran pernapasan pun menjadi lebih lega. Gangguan pernapasan karena dahak pun terselesaikan.

Benadryl Batuk Berdahak tentunya tidak cocok untuk mengobati batuk kering. Kasus batuk kering memerlukan kandungan obat golongan Antitusif yang bisa menekan pusat batuk dan melegakan tenggorokan.

Indikasi Benadryl

Jangan sampai keliru dalam menggunakan obat Benadryl. Kondisi batuk memiliki sedikitnya dua macam, yaitu batuk berdahak dan batuk kering (tidak berdahak). Jika Anda mengalami batuk disertai dahak, maka gunakan Benadryl Batuk Berdahak.

Benadryl Original tidak cocok untuk pasien dengan gejala batuk berdahak. Jenis original untuk orang-orang yang mengalami flu dan batuk tanpa dahak. Sebaiknya Anda memastikan indikasi medis ini dengan melakukan konsultasi dengan dokter.

Kontraindikasi Benadryl

Perhatikanlah kontraindikasi sebelum menggunakan Benadryl sirup. Benadryl Original tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi hipersensitivitas, ibu menyusui, bayi prematur, bayi baru lahir, dan anak di bawah usia 2 tahun.

Benadryl Original juga dikontraindikasikan pada kondisi hipertrofi prostat, retensi urin, porfiria, pasien dengan risiko glaukoma sudut sempit, obstruksi pyloroduodenal, dan penyakit hati dan epilepsi.

Pasien yang memiliki gangguan fungsi ginjal biasanya mendapatkan dosis yang lebih rendah. Penggunaan pada ibu hamil ataupun anak-anak bisa saja dilakukan tetapi harus dengan izin dari dokter.

Anak usia di bawah 4 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui tidak bisa menggunakan obat Benadryl Batuk Berdahak. Kandungan di dalamnya tidak cocok untuk anak di bawah 4 tahun dan bisa memengaruhi laktasi serta kehamilan.

Penderita hipersensitivitas juga tidak bisa menggunakan Benadryl Batuk Berdahak. Hal ini dikarenakan bisa memicu terjadinya reaksi alergi. Oleh karena itu, pastikan diri Anda tidak memiliki kontraindikasi ini sebelum menggunakan Benadryl sirup.

Dosis Benadryl

Pemakaian Benaryl sirup harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis Benadryl sirup tidak sama pada kedua jenis dan dipengaruhi oleh usia.

Inilah dosis Benadryl Original yang tepat (dosis diminum setiap 4 jam):

  • Di atas 12 tahun: 10 ml (2 sendok takar)
  • Anak 6-12 tahun: 5 ml (1 sendok takar)

Inilah dosis Benadryl Batuk Berdahak yang tepat:

  • Anak di bawah 2 tahun: sesuai dengan rekomendasi dokter
  • Anak 2-6 tahun: 3 x 2,5 ml per hari
  • Anak 6-12 tahun: 3 x 5 ml per hari
  • Dewasa: 3 x 10 ml per hari

Apabila dosis tersebut berbeda dengan yang diresepkan dokter, maka ikutilah sesuai anjuran dokter. Pasalnya, dokter lebih mengetahui kondisi Anda.

Efek Samping Benadryl

Obat Benadryl sirup memiliki efek samping tertentu yang perlu diketahui. Efek samping Benadryl Original bisa menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu, jangan menggunakan Benadryl Original jika sedang berkendara atau bekerja dengan alat berat.

Tidak seperti Benadryl Original, Benadryl Batuk Berdahak tidak menimbulkan rasa kantuk. Kedua jenis obat Benadryl dapat menimbulkan reaksi alergi jika digunakan oleh orang yang memiliki hipersensivitas terhadap kandungan yang ada di dalamnya.

Reaksi alergi tersebut ditandai dengan sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, diare, sulit bernapas, gatal, ruam kulit, dan pembengkakan di sekitar area wajah. Hentikan penggunaan Benadryl sirup dan segeralah memeriksakan diri ke dokter bila mengalami efek samping ini.

Harga Benadryl

Benadryl Original dan Benadryl Batuk Berdahak memiliki harga yang mirip. Harga kedua jenis Benadryl sirup ini cukup terjangkau bagi banyak kalangan masyarakat. Satu botol Benadryl Original atau Batuk Berdahak berkisar antara Rp20.000-28.000.

 

 

Sumber:

  1. Benadryl: Benadryl Original. https://www.benadryl.co.id/produk-kami/benadryl-original#pertanyaan-umum [diakses pada 13 Mei 2019]
  2. Benadryl: Benadryl Batuk Berdahak. https://www.benadryl.co.id/produk-kami/benadryl-batuk-berdahak#pertanyaan-umum [diakses pada 13 Mei 2019]