Becom C: Manfaat, Dosis, Efek Samping

DokterSehat.Com – Becom C obat apa? Becom C adalah merek suplemen multivitamin dengan kandungan vitamin C dan juga vitamin B kompleks. Suplemen ini memiliki fungsi untuk memenuhi asupan vitamin harian atau mencegah dan mengobati defisiensi vitamin B kompeks dan vitamin C.

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin B kompleks dan vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga sistem ketahanan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Kenali lebih jauh tentang kandungan, manfaat, dosis, dan efek samping dari vitamin yang satu ini.

Kandungan Becom C

Becom C tersedia dalam bentuk kaplet berwarna merah muda. Kandungan Becom C terdiri dari vitamin B kompleks, vitamin C, Nicotinamide, dan Calcium Pantothenate. Berikut adalah rincian dari kandungan Becom C beserta dengan manfaatnya:

1. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks yang terdapat dalam suplemen ini antara lain vitamin B1 50 mg, vitamin B2 25 mg, vitamin B6 10 mg, dan vitamin B12 sebanyak 5 mcg. Setiap vitamin memiliki perannya masing-masing seperti berikut ini:

  • Vitamin B1 yang berperan dalam metabolisme karbohidrat.
  • Vitamin B2 membantu memelihara fungsi tubuh dan prosuksi sel darah merah.
  • Vitamin B6 yang berperan penting untuk kulit, darah, dan saraf pusat.
  • Vitamin B12 berperan dalam sistesis DNA hingga memelihara sintem saraf.

2. Vitamin C 500 mg

Kandungan terbanyak dalam suplemen ini vitamin C. Vitamin yang satu ini memang sangat penting dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuh. Manfaat vitamin C antara lain adalah mencegah berbagai macam penyakit, memperbaiki jaringan kulit, menjaga kesehatan mata dan masih banyak lagi.

3. Nicotinamide 100 mg

Nicotinamide pada dasarnya merupakan bentuk lain dari vitamin B3 yang juga merupakan vitamin B kompleks. Nicotinamide memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan menjaga saluran pencernaan.

4. Calcium pantothenate 18,4 mg

Calcium pantothenate atau pantothenic acid juga merupakan jenis dari vitamin B kompleks yaitu vitamin B5. Fungsi dari kalsium pantotenat adalah untuk menjaga metabolisme tubuh serta meningkatkan stamina tubuh.

Selain komponen yang sudah disebutkan di atas, Becom C juga mengandung bahan pewarna yaitu Pigmen Red No. 40 FDC (food, drus, cosmetic) dan Pigemen Yellow No. 6 FDC. Becom C juga mengandung pengawet makanan Metilparaben dan Propilparaben. Paraben sering kali disebut sebagai bahan berbahaya bagi tubuh, tetapi pada dasarnya penggunaan dalam jumlah tertentu masih sangat diperbolehkan.

Manfaat Becom C

Berdasarkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya, manfaat Becom C sebagai suplemen adalah sebagai berikut:

  • Membantu masa pertumbuhan anak
  • Membantu pemulihan ketika atau setelah sakit
  • Mencegah dan menyembuhkan defisiensi vitamin B kompleks dan vitamin C.

Dosis Becom C

Becom C merupakan jenis supelem yang dijual bebas dan tidak memerlukan resep dokter. Meskipun begitu, tetap gunakan suplemen ini sesuai dengan aturan penggunaannya. Berikut adalah dosis Becom C yang disarankan:

  • Anak-anak: 1 kaplet diberikan 1 kali sehari
  • Dewasa: 1 hingga dua kaplet diberikan satu kali sehari

Jangan menggunakan suplemen ini melebihi yang dianjurkan. Jarang ditemukan memang gangguan akibat terlalu banyak konsumsi vitamin, tapi pada dasarnya setiap vitamin juga sudah memiliki takarannya sendiri yang dibutuhkan oleh tubuh.

Efek Samping Becom C

Belum ditemukan efek samping dari penggunaan suplemen ini. Tapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sebaiknya tidak menggunakan obat ini secara berlebihan. Overdosis vitamin B kompleks dan overdosis vitamin C juga bisa memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

Overdosis vitamin B kompleks bisa menyebabkan pusing, perubahan warna urin dan tinja, dan berbagai gannguan pencernaan lain seperti diare, sembelit, mual, dan sakit perut. Sedangkan overdosis vitamin C juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, batu ginjal, dan memicu penyakit kardiovaskular.

Jika Anda merasakan gejala seperti yang disebutkan di atas, tandanya Anda menggunakan suplemen ini dengan dosis yang berlebihan. Segera kurangi dosis atau hentikan penggunaan suplemen dan konsultasi ke dokter.

Perhatian dan Peringatan

Pastikan penggunaan suplemen ini aman dengan memahami hal-hal yang perlu menjadi perhatian dan peringatan bagi Anda:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang hipersensif pada komponen-komponen yang menyusun obat ini.
  • Jika Anda memiliki gangguan lambung, sebaiknya dosis dikurangi pada penggunaann awal yaitu cukup ½ kaplet per hari dikonsumsi setelah makan.
  • Diskusikan dengan dokter tentang penggunaan obat yang sedang Anda jalani (jika ada) untuk menghindari adanya interaksi obat.