13 Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami dan Aman

obat-batuk-buat-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Penyakit batuk bisa menyerang siapa saja termasuk pada ibu hamil. Batuk dalam kondisi tengah hamil memang cukup mengganggu bahkan menimbulkan rasa nyeri. Oleh karena itu, Anda memerlukan obat batuk. Namun, gunakanlah obat batuk untuk ibu hamil yang alami karena cenderung lebih aman bagi Anda dan janin.

Yuk, simak penjelasan ini untuk menemukan beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman bagi janin dan Anda! Temukan juga beberapa cara mengatasi batuk saat hamil tanpa menggunakan obat.

Daftar Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami dan Aman

Obat batuk buat ibu hamil tidak boleh sembarangan terutama jika memilih menggunakan obat-obatan kimia. Namun, jika Anda anti dengan obat kimia maka Anda bisa memilih obat batuk alami untuk ibu hamil. Obat-obat alami ini tak jauh dari herbal yang mudah ditemui kok.

Berikut ini adalah daftar obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan aman:

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan zat bernama alisin. Alisin di dalam bawang putih bersifat antibakteri. Selain bersifat antibakteri, alisin juga memiliki sifat antivirus dan antibiotik. Zat antibakteri ini akan keluar setelah bawang putih dihancurkan.

Batuk yang disebabkan oleh mikroorganisme pun bisa dihilangkan setelah mengonsumsi bawang putih mentah. Dengan begitu, batuk Anda bisa mereda setelah memakan bawang putih mentah. Rasa bawang putih mentah kan tajam?

Iya benar, Anda mungkin tidak akan berani atau tahan mengonsumsi bawang putih mentah sendirian. Anda bisa mencampurnya dengan madu sebagai pemberi rasa manis saat mengonsumsi bawang putih mentah. Lakukan cari ini tiga kali sehari.

2. Madu

Ternyata madu yang dikonsumsi bersama dengan bawang putih bukan hanya bermanfaat sebagai pemanis. Madu juga memiliki manfaat sebagai obat batuk ibu hamil yang alami. Tak hanya batuk, madu pun juga bisa mengobati pilek.

Madu yang dikonsumsi saat batuk juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, madu juga bisa meringankan radang tenggorokan yang biasanya muncul bersamaan dengan kondisi batuk. Madu asli merupakan obat batuk buat ibu hamil yang aman.

3. Lemon

Tidak hanya menyegarkan tenggorokan ketika diminum, lemon juga bisa meredakan batuk saat Anda tengah mengandung. Hal ini terjadi karena lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C di mana terdapat banyak antioksidan di dalamnya.

Zat-zat antioksidan di dalam lemon bersifat antibakteri dan antivirus sebagaimana bawang putih. Batuk Anda bisa mereda jika mengonsumsi lemon secara teratur selama masih batuk. Sebaiknya memilih minuman lemon hangat daripada es lemon.

4. Jahe

Pernah mendengar rekomendasi agar meminum wedang jahe ketika sedang batuk? Rekomendasi tersebut memang benar adanya. Jahe bisa dijadikan salah satu obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan aman.

Apabila Anda batuk kering maka gunakanlah jahe untuk mengobati batuk Anda di saat sedang hamil. Batuk kering sering kali disebabkan oleh infeksi virus dan alergi. Sifat antivirus pada salah satu zat di dalam jahe bisa menyingkirkan virus penyebab batuk kering.

Anda bisa membuat wedang jahe dengan cara mendidihkan dua gelas air dan satu atau dua ruas jahe. Setelah itu, masukkan madu atau gula aren agar memberikan citarasa manis. Minumlah secara teratur. Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak karena akan mengurangi dahak.

5. Bawang Merah

Ternyata, saudara bawang putih, yaitu bawang merah juga dapat menjadi salah satu obat batuk alami untuk ibu hamil. Bawang merah yang masih mentah mengandung zat fitokimia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapat dari fitokimia adalah melegakan pernapasan. Manfaat ini sangat baik bagi Anda yang sedang batuk. Anda bisa memakan bawang merah dengan memasukkan pada masakan yang hendak Anda makan.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memang tidak semudah didapat sebagaimana herbal-herbal yang telah disebutkan sebelumnya. Kok bisa cuka sari apel mengobati batuk pada ibu hamil? Bagaimana caranya?

Konsumsi cuka sari apel memicu tubuh untuk berada pada kondisi yang lebih basa dari yang biasanya. Tubuh yang lebih basa ini ternyata lebih efektif dalam melawan virus yang merupakan penyebab batuk. Minumlah cuka apel bersama dengan air putih hangat sebanyak 2 kali sehari.

7. Kunyit

Di samping jahe, kunyit juga bisa menjadi obat batuk untuk ibu hamil. Anda bisa mencampurnya dengan garam atau susu murni agar terasa lebih gurih. Akan tetapi, jika Anda tidak suka rasanya maka Anda bisa mencampurnya dengan madu sehingga terasa lebih manis. Minumlah minuman kunyit yang hangat untuk mempercepat penyembuhan.

8. Kecap dan Jeruk Nipis

Kecap dan jeruk nipis merupakan perpaduan yang baik untuk mengobati batuk pada ibu hamil. Orang-orang tua dan sepuh masih menerapkan obat batuk buat ibu hamil yang satu ini. Akan tetapi, kecap dan jeruk nipis sebaiknya digunakan pada kondisi batuk berdahak bukan batuk kering.

9. Air Garam

Air garam juga bisa sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil. Selain bisa mencampurnya dengan obat batuk alami yang lain, Anda bisa menggunakan garam sendiri. Akan tetapi, penggunaannya bukan dengan cara memakan tetapi dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam bisa mengurangi infeksi penyebab batuk dan mengencerkan dahak.

10. Sop Daging Hangat

Sop daging hangat yang diracik dengan beberapa bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe merupakan kombinasi yang baik untuk mengobati batuk. Selain itu, daging-dagingan mengandung seng yang bisa melawan virus penyebab batuk.

11. Sayur Bayam Hangat

Tidak hanya daging-dagingan seperti daging sapi, daging ayam, atau daging kambing yang kaya akan seng. Bayam juga memiliki kandungan seng yang cukup memadai untuk meringankan batuk. Konsumsilah sayur bayam hangat.

12. Minyak Gandum

Ada jenis serealia yang menghasilkan minyak bermanfaat untuk mengobati batuk. Serealia tersebut adalah gandum. Minyak yang dihasilkan dari gandum mengandung seng yang mampu melawan virus yang sedang berkembang biak.

13. Air Putih Hangat

Jangan meremehkan manfaat air putih bagi kesehatan. Perbanyaklah konsumsi air putih hangat ketika sedang batuk. Asupan air putih yang cukup akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi sehingga tubuh tetap terasa hangat.