Terbit: 3 April 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Bingung memilih obat batu anak? Meskipun batuk tidak selalu mengindikasikan kondisi yang berbahaya, tapi batuk pada anak dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Berikut adalah berbagai cara mengatasi batuk pada anak yang orang tua wajib ketahui!

10 Obat Batuk Anak dan Cara Mengatasi Batuk Ampuh dan Aman

Obat Batuk Anak yang Aman

Batuk adalah refleks yang dilakukan untuk membersihkan saluran udara di tenggorokan di dada. Batu pada dasarnya merupakan gejala umum dari beberapa penyakit yang dapat dialami oleh anak. Kebanyakan kondisi ini bukan merupakan kondisi yang berbahaya.

Agar batuk cepat reda, berikut obat batuk anak yang bisa dicoba untuk meredakan gejala:

Obat Tetes Hidung

Jika batuk disertai dengan pilek, Anda dapat mencoba obat tetes hidung untuk mengatasinya.

Obat tetes hidung atau nasal drops biasanya tersedia di apotek. Obat ini dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan dan meredakan batuk. Gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk pada kemasan produk.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Penggunaannya relatif aman, namun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker jika ragu untuk menggunakannya.

Pelega Tenggorokan

Lozenges atau permen pelega tenggorokan juga dapat menjadi obat batuk untuk anak.

Obat ini membantu meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh batuk. Konsumsi permen pelega tenggorokan ini hanya direkomendasikan untuk anak di atas usia 5 tahun. Sebelum memberikannya pada anak, perhatikan komposisi produk untuk memastikan keamanan produk.

Obat Batuk Sirup

Pilihan obat batuk anak selanjutnya adalah obat batuk sirup.

Obat batuk OTC (over-the-counter) adalah obat yang bisa didapatkan di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Obat batuk sirup OTC biasanya mengandung dextromethorphan dan/atau diphenhydramine. Perhatikan petunjuk penggunaan obat sebaik mungkin sebelum menggunakannya.

Madu

Madu dapat menjadi salah satu pilihan obat batuk tradisional untuk anak.

Obat satu ini hanya diperbolehkan diberikan pada anak di atas usia satu tahun karena adanya risiko botulisme. Berikan satu sendok madu pada anak beberapa kali sehari. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan segelas air hangat untuk kemudian diminum.

Madu dapat membantu meredakan tenggorokan yang sakit. Sifat antibakterinya juga dapat membantu melawan infeksi.

Vapor Rub

Vapor rub adalah obat oles yang dipercaya dapat meredakan gejala batuk dan pilek.

Obat ini umum digunakan, namun sebenarnya belum adala penelitian yang membuktikan efektivitas obat ini. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan vapor rub pada anak.

Jangan pernah gunakan obat ini pada anak usia di bawah 2 tahun. Pada balita, disarankan untuk mengoleskan hanya pada bagian kaki saja. Jika dioleskan di bagian dada, ditakutkan balita akan menyentuhnya kemudian menyentuh wajah.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Demam pada Anak Paling Ampuh dan Cepat

Cara Mengobati Batuk Anak Lainnya

Terdapat juga beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi batuk pada anak seperti:

Perhatikan Kebutuhan Cairan

Cara ini dapat menjadi obat untuk anak segala usia, termasuk obat batuk anak 1 tahun.

Lebih banyak cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mempermudah batuk. Cairan dapat berupa air putih maupun jus buah. Memberikan cairan hangat seperti sup ayam juga dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Jika anak masih berusia di bawah 6 bulan, maka Anda dapat mencoba untuk memberikan ASI atau susu formula lebih banyak dari biasanya. Cara ini tidak hanya membantu meredakan batuk tapi juga mencegah dehidrasi pada anak yang sakit.

Menggunakan Humidifier di Kamar

Penggunaan humidifier juga dapat menjadi pilihan obat batuk alami untuk anak.

Batuk sering kali disertai dengan gejala hidung tersumbat. Humidifier dapat membantu meningkatkan kelembapan udara, udara yang lembap ini membantu meredakan hidung yang tersumbat.

Pilihlah jenis cold air humidifier yang dipercaya lebih aman untuk anak. Pada malam hari, pasang humidifier di kamar tidur anak. Pada siang hari, Anda dapat memasangnya di ruangan tempat anak paling banyak menghabiskan waktu.

Menyesuaikan Posisi Tidur

Ketika anak mengalami batuk dan pilek, coba untuk menempatkan posisi kepalanya sedikit lebih tinggi ketika tidur.

Anda dapat menambahkan bantal ekstra atau menempatkan ganjalan di bawah kasur agar posisi ujung kasur lebih tinggi. Cara ini dapat dilakukan untuk anak usia di atas 1,5 tahun karena pada usia tersebut anak baru disarankan untuk tidur menggunakan bantal.

Udara Dingin

Udara yang lebih sejuk juga dipercaya dapat menjadi obat batuk anak yang ampuh.

Ajak anak Anda untuk berjalan kaki di luar pada pagi hari saat udara masih sejuk. Sambil menghirup udara segar, Anda juga dapat berolahraga dengan berjalan santai tersebut.

Cara mengobati batuk pada anak satu ini dipercaya dapat membantu mengatasi batuk croup, yang merupakan jenis infeksi saluran pernapasan yang menyebabkan suara batuk yang khas seperti menggonggong.

Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala batuk.

Anda dapat menggunakan diffuser untuk menyebarkan minyak esensial ke udara. Cara ini pada dasarnya lebih aman karena anak mungkin kesulitan untuk menghirup minyak esensial secara langsung.

Namun perlu diketahui bahwa minyak esensial tidak dapat diandalkan sebagai obat utama karena keamanannya untuk anak belum dipastikan dan dosisnya juga tidak diatur.

Itu dia berbagai cara mengobati batuk pada anak yang bisa dicoba. Apabila batuk tidak hilang dalam waktu tiga hari atau batuk dibarengi dengan gejala lain yang lebih serius seperti demam, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisinya.

Beberapa kondisi darurat terkait batuk lainnya adalah seperti batuk berdarah, wajah atau lidah membiru, dan kesulitan bernapas. Jika kondisi ini terjadi, segera bawa anak ke rumah sakit atau pusat layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Anonim. 2018. Using over-the-counter drugs to treat cold symptoms. (Diakses 4 April 2020).https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/over_the_counter_drugs.
  2. Anonim. 2019. Your Child’s Cough. https://www.webmd.com/children/treating-coughs#2. (Diakses 4 April 2020).
  3. Anonim. 2020. Cough Remedies for Babies and Toddlers. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cough-home-remedies-babies-toddlers#1. (Diakses 4 April 2020).
  4. Norris, Taylor. 2018. How to Treat a Cough in Toddlers at Home. https://www.healthline.com/health/parenting/toddler-cough-remedy#TOC_TITLE_HDR_1. (Diakses 4 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi