Terbit: 22 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Atopiclair obat apa? Atopiclair adalah obat kulit yang digunakan untuk mengobati beberapa masalah kulit seperti gatal, nyeri, terbakar, dan lainnya. Penggunaan Atopiclair harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai. Jika tidak, bisa timbul efek samping tertentu.

Atopiclair – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Oleh karena itu, yuk ketahui lebih dalam informasi tentang Atopiclair melalui penjelasan ini. Penjelasan ini berisi informasi tentang bentuk sediaan, komposisi, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping Atopiclair cream dan lotion, dan kisaran harganya.

Rangkuman Informasi Obat Atopiclair

Nama Atopiclair
Golongan Obat Obat kulit
Bentuk Sediaan Krim dan lotion
Kandungan Tergantung bentuk sediaan
Manfaat Menjaga kelembatan kulit, mengatasi gatal, nyeri, dan lainnya
Indikasi Penggunaan Mengalami peradangan kulit, eksim, dan lainnya
Kontraindikasi Hipersensitivitas
Cara pakai Diolesi ke kulit yang bermasalah secara tipis-tipis
Dosis 3x sehari
Efek samping Reaksi alergi, iritasi
Harga Rp360.000-400.000/botol dan  Rp200.000-230.000/tube

Bentuk Sediaan Atopiclair

Atopiclair yang ada di pasaran tersedia dalam dua bentuk sediaan. Kedua bentuk sediaan Atopiclair adalah Atopiclair lotion dan Atopiclair cream. Atopiclair lotion dikemas dalam kemasan botol dengan berat bersih sebesar 120 mL/botol, sedangkan Atopiclair cream dikemas dalam kemasan tube dengan netto sebesar 40 mL/tube.

Jangan menyimpan Atopiclair secara sembarangan. Simpanlah Atopiclair di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Selain itu, jangan menyimpan Atopiclair di tempat yang mudah terpapar sinar matahari. Ini bertujuan agar kandungan yang ada di dalam Atopiclair tidak mengalami perubahan kimia dan khasiatnya.

Komposisi Atopiclair

Tidak hanya sediaan saja yang berbeda, kandungan zat yang ada di dalam Atopiclair cream dan lotion juga berbeda. Atopiclair cream mengandung Na hyaluronate, Glycyrrhetinic Acid, Butyrospermum Parkii Butter, Vitis Vinifera, dan Telmensteine.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Pada bentuk sediaan lotion, kandungan Atopiclair lebih kompleks. Kandungan Atopiclair lotion di antaranya adalah Shea Butter, Hyaluronic Acid, Telmesteine, Glycyrrhetic Acid, Proanthocyanidin, Ascrbyl Tetraisopalmitate, Tecopherol Acetate, natural a-bisobolol, Allantoin, dan Montanov 202 (arachidyl glucoside + arachidylbehenyl alcohol).

Meskipun berbeda, semua bahan aktif yang ada di dalam Atopiclair komposisi nya saling melengkapi sehingga memiliki manfaat yang cukup banyak. Manfaat kombinasi kandungan Atopiclair dimulai dari menghaluskan kulit atau menjaga kelembapan hingga meredakan peradangan kulit.

Manfaat Atopiclair

Manfaat Atopiclair pada kedua bentuk sediaan cenderung sama. Tidak hanya untuk orang dewasa, bahkan tidak jarang dokter merekomendasikan Atopiclair lotion dan Atopiclair cream untuk bayi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat Atopiclair lotion dan cream:

  • Menghaluskan kulit
  • Menjaga kelembapan kulit
  • Meredakan gejala eczema
  • Mengurangi rasa gatal
  • Mengatasi sensasi terbakar
  • Meredakan nyeri akibat peradangan yang terjadi
  • Melindungi dan mengobati kulit dari iritasi
  • Membuat kulit yang terluka cepat sembuh

Beberapa manfaat obat Atopiclair mungkin ada yang belum disebutkan di atas. Hal ini dikarenakan Atopiclair memiliki komposisi yang cukup banyak dan setiap bahan tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Indikasi Atopiclair

Pemakaian Atopiclair tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Obat Atopiclair baik digunakan jika direkomendasikan oleh dokter. Dokter akan melakukan diagnosis jika Anda merasakan beberapa tanda seperti rasa gatal, nyeri, sensasi terbakar, mengalami eczema, teriritasi, dan terluka.

Janganlah berpikir jika Anda gatal, maka Anda bisa langsung menggunakan Atopiclair walaupun telah disebutkan sebagai salah satu tanda. Sebaiknya, Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter sehingga Atopiclair cream atau Atopiclair lotion bisa digunakan dengan aman di kulit Anda.

Kontraindikasi Atopiclair

Orang-orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap salah satu kandungan yang ada di dalam Atopiclair tidak bisa menggunakan obat ini. Atopiclair juga dikontraindikasikan pada pasien yang memiliki alergi terhadap kacang, minyak kacang, dan protein terutama dari unggas.

Penderita hipersensitivitas yang memaksakan diri untuk tetap menggunakan Atopiclair bisa mengalami reaksi alergi yang dapat berisiko fatal bagi keselamatan jiwanya. Oleh karena itu, jika Anda pernah mengalami alergi pada salah satu atau beberapa zat yang ada di dalam komposisi Atopiclair, maka beritahukan kepada dokter.

Dengan begitu, dokter akan merekomendasikan Anda obat kulit yang lebih aman sesuai dengan kondisi medis Anda! Masalah kulit pun bisa diobati tanpa mengalami efek samping karena adanya kontraindikasi.

Peringatan Penggunaan Obat Atopiclair

Atopiclair adalah obat luar, jadi jangan sampai Atopiclair tertelan ketika sedang menggunakannya. Di samping itu, obat Atopiclair juga tidak boleh mengenai area mata karena bisa berbahaya bagi penglihatan Anda.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menekan botol atau tubu Atopiclair agar sediaannya tidak melompat atau masuk ke area tubuh yang berisiko. Tekan kemasan Atopiclair dengan lembut dan perlahan.

Apabila isi Atopiclair sudah mulai menipis, pastikan Atopiclair dalam kondisi tertutup dulu saat Anda mengocok atau mengguncang-guncangnya. Ketika isinya sudah mulai turun, maka Anda bisa membuka tutup dan menekan kemasan dengan lembut.

Dosis Atopiclair

Walaupun termasuk obat luar, penggunaan Atopiclair tidak boleh berlebihan dan harus sesuai dengan dosis. Dosis Atopiclair adalah 3 kali dalam sehari. Cara menggunakan Atopiclair adalah dengan mengoleskannya secara tipis pada area kulit yang mengalami masalah yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sambil mengoleskan lotion atau krim Atopiclair, Anda bisa memberikan pijatan yang lembut agar zat-zat Atopiclair secara efektif diserap oleh kulit. Pijatan lembut juga merangsang aliran darah yang lancar dan itu bagus untuk kondisi kesehatan kulit.

Efek Samping Atopiclair

Tidak seperti obat oral yang umumnya memiliki banyak efek samping. Obat Atopiclair bisa dikatakan lebih minim efek samping tetapi jangan meremehkannya. Efek samping Atopiclair yang umumnya muncul adalah reaksi alergi.

Orang-orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap kandungan obat Atopiclair bisa mengalami reaksi alergi yang ditandai dengan adanya gatal, ruam kulit, iritasi, dan kulit kemerahan.

Hentikanlah penggunaan Atopiclair jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi tersebut. Segeralah mengunjungi dokter atau mencari bantuan medis terdekat agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat sehingga reaksi alergi tidak berkembang semakin parah.

Harga Atopiclair

Obat Atopiclair memiliki harga yang berbeda tergantung bentuk sediaan dan berat bersihnya. Harga Atopiclair lotion lebih mahal daripada Atopiclair cream karena Atopiclair lotion umumnya dikemas dengan ukuran yang lebih besar.

Atopiclair lotion netto 120 mL adalah Rp360.000-400.000/botol, sedangkan Atopiclair cream 40 mL dibanderol dengan harga Rp200.000-230.000/tube. Mungkin Anda mendapati harga yang berbeda dari kisaran harga ini. Akan tetapi, perbedaan harganya tidak terlalu besar.

 

 

Sumber:

  1. Drugs: Atopiclair. https://www.drugs.com/cdi/atopiclair.html [diakses pada 21 Mei 2019]


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi