Terbit: 29 September 2018 | Diperbarui: 30 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Aspar K obat apa? Aspar K adalah obat dengan kandungan Kalium L-Aspartat sebagai bahan aktif yang biasa digunakan untuk mengatasi hipokalemia dan beberapa kondisi medis lainnya. Obat Aspar K bisa menimbulkan efek samping tertentu apabila tidak digunakan sesuai aturan pakai.

Aspar K – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat aspar k termasuk informasi tentang indikasi aspar k, kontraindikasi aspar k, bentuk sediaan aspar k, manfaat aspar k, dosis aspar k, dan efek samping aspar k.

  • Nama: Aspar K
  • Kelas Terapi: Suplemen Kalium
  • Monografi Obat: Kalium L- Aspartat

Indikasi Aspar K

Pasien atau konsumen yang kekurangan kalium atau dikenal juga dengan istilah hipokalemia bisa minum obat aspar k. Orang-orang yang sedang memiliki latihan olahraga juga bisa memakai obat aspar k untuk meningkatkan kinerja tubuh selama latihan olahraga.

Obat aspar k juga bisa diberikan kepada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan akibat kekurangan kalium. Beberapa gangguan yang terkait erat dengan kekurangan kalium seperti penyakit jantung koroner, penyakit hati tetraplegia, dan juga masalah keseimbangan elektrolit.

Kontraindikasi Aspar K

Obat aspar k memiliki beberapa kontraindikasi sehingga pasien dengan kontraindikasi tersebut tidak bisa mengonsumsi obat aspar k. Ibu hamil dan ibu menyusui tidak boleh menggunakan aspar k. Peningkatan kalium pada ibu hamil dan ibu menyusui memiliki risiko yang tidak baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Apabila ibu hamil dan ibu menyusui memiliki keluhan hipokalemia atau kekurangan kalium, sebaiknya pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi sehingga mendapatkan solusi yang aman untuk mengatasi masalah hipokalemia tanpa mengganggu keselamatan janin dan kandungan air susu ibu tetap baik.

Pemberian aspar k kepada anak-anak juga sebaiknya tidak dilakukan. Anak-anak kemungkinan besar memiliki kontraindikasi dengan kandungan Kalium L-Aspartat yang bisa berakibat negatif terhadap metabolisme dan tumbuh kembangnya.

Pasien yang didiagnosis memiliki hiperkalemia yaitu kelebihan kalium sudah tentu tidak bisa minum obat aspar k. Hal ini pastinya akan menambah berat kondisi hiperkalemia yang sedang dialami. Selain itu, kontraindikasi juga selalu berlaku untuk orang yang alergi dengan kandungan Kalium L-Aspartat.

Bentuk Sediaan Aspar K

Obat aspar k yang tersedia di pasaran memiliki satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan obat aspar k berbentuk tablet yang berwarna putih. Di dalam setiap tablet aspar k mengandung Kalium L-Aspartat sebanyak 300 mg.

Manfaat Aspar K

Obat aspar k akan mendatangkan manfaat apabila diminum sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang dianjurkan. Manfaat aspar k yang utama adalah untuk mengatasi kondisi kekurangan kalium atau hipokalemia. Di dalam aspar k mengandung Kalium L-Aspartat yang kaya akan ion kalium.

Manfaat aspar k juga bisa meningkatkan kinerja tubuh selama melakukan latihan olahraga. Obat aspar k juga bermanfaat untuk mengatasi ketidakseimbangan elektrolit tubuh karena kekurangan ion kalium. Manfaat aspar k lainnya juga bisa untuk mengganti ion kalium yang hilang akibat muntah-muntah dan diare.

Beberapa masalah medis yang terkait dengan hipokalemia juga bisa diatasi dengan obat aspar k, seperti panyakit jantung koroner dan penyakit liver tetrapledia. Manfaat aspar k juga bisa untuk mengatasi masalah kalium pada pasien yang hendak dan telah melakukan operasi tertentu.

Dosis Aspar K

Manfaat aspar k yang cukup banyak itu bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi obat aspar k dengan dosis yang sesuai anjuran dokter atau dosis lazim yang tertera pada label. Dosis aspar k untuk orang dewasa adalah 1 tablet  dengan frekuensi 3 kali dalam sehari.

Efek Samping Aspar K

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan karena alasan tertentu. Efek samping aspar k akibat adanya alergi bisa berupa sulit bernapas, pusing, mual, muntah, bengkak pada mata atau bibir, gatal-gatal, dan ruam kulit. Ruam kulit selain sebagai reaksi alergi, hal ini juga bisa sebagai efek samping karena kelebihan kalium.

Efek samping aspar k bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan dan akan memicu terjadinya anoreksia. Pada beberapa kasus, gangguan lambung dan diare bisa muncul sebagai efek samping aspar k. Aspar k juga bisa mengakibatkan ketidaknyamana pada dada karena terdapat jantung.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi