Terbit: 6 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagian penderita asam urat diminta untuk rutin mengonsumsi obat-obatan oleh dokter demi mencegah datangnya serangan asam urat yang membuat persendian mengalami gejala nyeri, kaku, panas, hingga membengkak. Hanya saja, ada orang yang menyebut obat-obatan asam urat ini bisa memicu gangguan ginjal. Apakah anggapan ini memang benar?

Obat Asam Urat Bisa Sebabkan Gangguan Ginjal?

Kaitan antara obat asam urat dengan gangguan ginjal

Pakar kesehatan menyebut obat-obatan untuk penyakit asam urat yang diberikan sesuai dengan resep dokter tidak akan menyebabkan dampak buruk tersebut. Dokter biasanya telah menentukan resep yang tepat agar aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Hanya saja, jika penderita asam urat membeli obat di warung atau apotek dengan sembarangan tanpa resep dokter, bisa jadi obat-obatan ini memang bisa menyebabkan munculnya gangguan ginjal.

Hal ini disebabkan oleh dosis obat yang dikonsumsi menjadi tidak tepat. Selain itu, frekuensi konsumsi obat-obatan ini juga tidak sesuai dengan kondisi tubuh atau kemampuan ginjal. Hal imilah yang akhirnya membuat fungsi ginjal menurun dengan signifikan.

Obat asam urat sebaiknya didapatkan dari dokter

Alih-alih membeli obat asam urat sendiri di warung, apotek, atau bahkan di toko online, pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk berkonsultasi ke dokter demi mendapatkan obat asam urat yang tepat. Hal ini disebabkan oleh kondisi setiap penderita asam urat yang berbeda-beda sehingga penanganannya tentu harus berbeda setiap orang. Dengan berkonsultasi ke dokter, kita pun bisa mendapatkan obat yang sesuai dan aman sehingga tidak akan mudah mengalami efek samping.

Hanya saja, jika memang tidak ada pilihan selain membeli obat asam urat sendiri, sebaiknya kita tidak mengonsumsinya lebih dari satu pekan. Selain itu, selalu konsumsi obat ini sesuai dengan aturan di label kemasan. Jangan sembarangan mengombinasikannya dengan obat lain karena dikhawatirkan bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Mengatasi serangan asam urat

Jika kita mengalami gejala serangan asam urat di persendian, sebaiknya segera melakukan berbagai langkah ini demi mengatasinya sesegera mungkin.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kita lakukan.

  1. Beristirahat

Jika gejala serangan asam urat muncul, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus beraktivitas karena bisa membuat gejalanya menjadi semakin parah. Jika sendi sudah terasa nyeri dan sulit untuk digerakkan dengan nyaman, beristirahatlah demi membuat peradangan berkurang.

  1. Memberikan kompres dingin pada persendian

Cobalah untuk memberikan kompres dingin pada bagian persendian yang terkena gejala asam urat. Kompres ini bisa dibuat dari es batu yang dibungkus dengan kain atau kantung khusus. Letakkan ke persendian yang terasa nyeri atau membengkak demi menurunkan peradangannya.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Jika kita memperbanyak asupan air putih, maka tubuh akan terhidrasi dengan baik dan hal ini akan membantu ginjal meluruhkan kelebihan zat asam urat lewat urine. Hal ini diharapkan mampu mengatasi gejala serangan asam urat dengan efektif.

  1. Jika perlu, minumlah obat pereda nyeri

Jika kita memang masih harus melakukan berbagai aktivitas, jangan ragu untuk meminum obat pereda nyeri seperti yang berjenis ibuprofen. Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat yang mengalami gangguan ginjal untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum meminumnya.

  1. Perhatikan makanan

Cobalah untuk menurunkan asupan makanan hewani seperti daging merah, daging olahan, makanan cepat saji, dan lain-lain jika serangan asam urat datang demi mencegah penumpukan purin di dalam tubuh.

Dengan memperhatikan berbagai hal ini, diharapkan gejala serangan asam urat bisa segera mereda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi