Terbit: 4 Februari 2020 | Diperbarui: 5 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Asam lambung sangat diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Akan tetapi, produksi asam lambung yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Selain obat-obatan kimia, asam lambung dapat diobati dengan sejumlah bahan alami. Apa saja obat asam lambung alami yang bisa Anda konsumsi?

8 Obat Asam Lambung Alami (Dijamin Ampuh)

Apa Itu Penyakit Asam Lambung?

Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung yang diproduksi terlalu banyak dan ditambah lagi dengan rusaknya sfingter lambung. Akibatnya, asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit asam lambung seperti ini dalam dunia medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD menjadi penyakit asam lambung yang paling umum dialami orang-orang.

– Iklan –
Iklan DokterSehat - Advertisement

Penyebab asam lambung naik ada banyak, mulai dari pola makan yang tidak teratur, pilihan makanan (diet) yang salah, konsumsi obat-obatan tertentu, obesitas, hingga gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol. Selain itu, penderita asma, diabetes, dan sindrom hernia perut juga tak lepas dari potensi terkena penyakit asam lambung.

Pilihan Obat Asam Lambung Alami

Asam lambung yang naik akan menimbulkan sensasi nyeri dan panas, baik di area dada maupun tenggorokan. Selain itu, perut akan terasa mual dan kembung. Asam lambung bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter maupun produk obat maag yang dijual di pasaran.

Anda juga bisa mengonsumsi obat asam lambung alami. Apa saja obat alami asam lambung? Simak informasinya berikut ini.

1. Lidah Buaya

Cara mengobati asam lambung secara alami bisa dengan memanfaatkan daun lidah buaya. Ya, lidah buaya yang selama ini kita ketahui bermanfaat untuk menyuburkan rambut, ternyata juga merupakan obat asam lambung alami.

Mengonsumsi lidah buaya dipercaya efektif meredakan peradangan lambung yang menyebabkan asam lambung naik. Saat Anda merasakan gejala asam refluks lambung, siapkan daun lidah buaya, lalu olah menjadi jus lidah buaya dan minum sebelum makan.

2. Teh Chamomile

Guna menetralkan asam lambung, Anda juga bisa minum teh chamomile. Obat alami asam lambung ini dapat diminum sebelum tidur, tepatnya satu jam sebelum tidur. Selain mengobati asam lambung naik, teh chamomile juga efektif untuk meredakan stres yang menjadi salah satu pemicu asam lambung naik.

Rebus daun chamomile, lalu tunggu selama kurang lebih 1 menit. Produk teh chamomile saat ini banyak dijumpai di supermarket. Guna menambah cita rasa, Anda bisa mencampur teh chamomile dengan lemon atau madu.

3. Alang-Alang

Alang-alang atau ilalang mengandung arundoin, cylindrin, glukosa, sakharosa, citric acid, coixol, manitol, malic acid, anemonin, fernenol, simiarenol, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan tersebutlah yang berperan dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk untuk meredakan asam lambung.

4. Kunyit

Bukan hanya bisa dijadikan bumbu masakan, kunyit juga bisa mengatasi masalah lambung. hal ini didukung dengan kandungan kunyit yang terdiri dari vitamin C, A, B1, B2, B6, B12, E, serat, karbohidrat, lesitin, nepagin, fenil buaston, dan natrium deklofenak. Selain itu, terdapat juga kandungan antioksidan polifenol yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker.

Kandungan yang ada di dalam kunyit inilah yang bisa membantu meredakan beberapa penyakit, termasuk asam lambung. Anda bisa membuat ramuan kunyit dengan cara merebus parutan kunyit dan meminumnya dua kali sehari secara rutin.

5. Licorice

Licorice adalah akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman ini kerap disebut sebagai tanaman akar manis. Mengonsumsi licorice atau liquorice diklaim efektif dalam meredakan gejala asam lambung naik.

Fungsi akar tanaman manis adalah untuk memperkuat lapisan mukosa (bagian dari lapisan esofagus) agar dapat meminimalisir efek iritasi asam lambung.

6. Baking Soda

Minuman teh yang diberi sedikit baking soda juga ampuh untuk meredakan nyeri dan heartburn di sekitar area dada akibat asam lambung naik. Masukkan 1 sendok teh soda ke dalam teh yang telah diseduh, aduk perlahan, kemudian minum.

Lakukan cara mengobati asam lambung secara alami ini berulang-ulang sesuai kebutuhan, asal tidak lebih dari 7 kali pemakaian dalam sehari. Konsumsi teh baking soda ini juga baiknya maksimal 1 minggu. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti perut mual dan pembengkakan.

7. Permen Karet

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research mengungkapkan fakta menarik, bahwa permen karet bisa menurunkan asam lambung, dengan catatan permen karet yang dikunyah bebas gula.

Setelah selesai makan, Anda bisa mengunyah permen karet selama 30 menit. Permen karet bisa dijadikan alternatif obat asam lambug alami karena saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan mengalami peningkatan. Air liur sendiri berfungsi untuk ‘membersihkan’ asam lambung.

8. Buah-Buahan

Buah-buahan memang punya segudang manfaat, termasuk mengatasi asam lambung. Buah adalah obat asam lambung alami yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi.

Sebagai contoh, buah pisang. Buah berkulit kuning ini efektif mengatasi asam lambung naik karena memiliki kandungan zat yang bersifat antasid alami. Selain pisang, ada juga buah apel. Konsumsi buah apel sebaiknya menjelang tidur agar saat Anda terlelap, tekanan dan volume asam lambung dapat terkontrol.

Cara Mengatasi Asam Lambung Selain Konsumsi Obat Asam Lambung Alami

Selain mengonsumsi obat asam lambung alami, mencegah dan mengatasi kondisi asam lambung naik juga harus diimbangi dengan sejumlah cara, seperti:

1. Makan Teratur

Asam lambung yang naik kerap kali diawali dari pola makan yang tidak teratur. Oleh sebab itu, mulai sekarang buatlaha jadwal makan dan lakukan secara konstan. Tak hanya itu, makan dua jam sebelum  tidur juga tidak disarankan karena dapat menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan saat Anda tengah terlelap.

2. Mengatur Porsi Makan

Cara mengobati asam lambung tentu saja dengan memerhatikan porsi makan Anda. Porsi makan yang berlebihan bisa memicu refluks asam lambung. Makan dalam porsi sedikit namun dalam frekuensi yang sering lebih baik guna menjaga kadar asam lambung tetap stabil.

3. Kurangi Makanan Berlemak dan Bersantan

Jika Anda sudah terlanjur mengalami masalah pada lambung yang mengakibatkan asam lambung sering naik, maka cara terbaik untuk meminimalisir gejala ini muncul kembali adalah dengan mengurangi jenis makanan yang berlemak dan mengandung santan.

Kalaupun Anda masih ingin tetap mengonsumsi makanan-makanan tersebut, hendaknya didahului dengan minum obat asam lambung alami atau obat kimia khusus lambung.

4. Jangan Minum Air di Sela-Sela Makan

Apakah Anda sering minum di sela-sela makan? Hindari kebiasaan ini karena minum saat makan berakibat pada mencairnya asam lambung sehingga makanan yang Anda makan menjadi lebih sulit untuk dicerna. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin asam lambung akan naik.

Itu dia informasi mengenai obat asam lambung alami beserta tips mengatasi asam lambung lainnya yang perlu Anda ketahui. Jika penyakit asam lambung tak kunjung membaik, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah pamungkas guna mengobati penyakit Anda tersebut. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Eko Budidharmaja.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi