Terbit: 25 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Arkavit obat apa? Arkavit adalah suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks. Ada juga jenis arkavit C yang memiliki kombinasi kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C yang semakin bermanfaat bagi kesehatan dan stamina tubuh.

Arkavit – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Anda bisa membeli suplemen atau obat arkavit secara bebas di apotek tetapi ketahui aturan pakainya. Oleh karena itu, baca terus penjelasan ini untuk mengetahui bentuk sediaan arkavit, kandungan arkavit, harga arkavit, manfaat arkavit, indikasi arkavit, kontraindikasi arkavit, dosis arkavit, dan efek samping obat arkavit.

Rangkuman Informasi Obat Arkavit

Nama Arkavit
Golongan Obat Suplemen dan Vitamin
Bentuk Sediaan Kaplet
Kandungan Vitamin B kompleks dan Vitami
Manfaat Meningkatkan imunitas, mempercepat pemulihan tubuh setelah sakit, dan lainnya
Indikasi Penggunaan Orang dewasa yang sehat, sakit, atau baru sembuh dari sakit tertentu
Kontraindikasi Tidak ada
Cara pakai Diminum setelah makan
Dosis 1-2 kaplet sehari bagi orang dewasa
Efek samping Perubahan buang air kecil
Harga Rp300 – Rp700 per kaplet (Arkavit) dan Rp500 – Rp1.000 per kaplet Arkavit C)

Bentuk Sediaan Arkavit

Suplemen Arkavit hanya tersedia dalam satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan arkavit adalah kaplet atau tablet. Jenis obat arkavit C juga memiliki bentuk sediaan kaplet. Baik arkavit biasa maupun arkavit C memiliki jumlah dan jenis kemasan yang mirip.

Kedua jenis arkavit dijual dalam kemasan dos atau strip. Setiap satu dos berisi 10 strip dan setiap 1 strip berisi 10 kaplet. Jadi, dalam 1 dos terdapat 100 kaplet. Sebaiknya Anda menyimpan vitamin arkavit di tempat yang kering.

Di samping itu, perlu juga menyimpan arkavit di tempat yang tidak terlalu terbuka sehingga bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Hal ini bertujuan agar kandungan yang ada di dalam arkavit tidak mengalami kerusakan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Kandungan Arkavit

Obat arkavit mengandung vitamin B kompleks. Ada pula jenis arkavit C yang mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C. Kandungan dari setiap satu kaplet arkavit terdiri dari 2 mg vitamin B1, 2 mg vitamin B2, 2 mg vitamin B6, 10 mg Ca-Pantotenat, dan 20 mg nikotinamid.

Pada arkavit C, jumlah dan komposisi kandungannya berbeda dan lebih lengkap. Setiap satu kaplet arkavit C mengandung 50 mg vitamin B1, 25 mg vitamin B2, 50 mg vitamin B3, 20 mg vitamin B5, 10 mg vitamin B6, 5 mg vitamin B12, dan 500 mg vitamin C.

Manfaat Arkavit

Fungsi arkavit mirip dengan kebanyakan fungsi suplemen atau multivitamin pada umumnya. Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C yang ada di dalam arkavit memiliki beberapa manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat arkavit biasa dan manfaat arkavit C:

  • Menurunkan peluang sakit atau mencegah sakit
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh ketika sedang menderita penyakit tertentu seperti penyakit infeksi
  • Mempercepat pemulihan pasca sakit
  • Memelihara kesehatan tubuh
  • Mencegah sakit sariawan
  • Menjaga fungsi organ-organ tubuh agar tetap baik
  • Menjaga sistem organ tubuh tetap berfungsi dengan baik
  • Mencegah terjadinya kekurangan vitamin larut air (vitamin B dan vitamin C)
  • Mencegah masalah medis yang terkait dengan defisiensi vitamin B dan vitamin C
  • Dan lainnya

Indikasi Arkavit

Penggunaan vitamin arkavit sebaiknya dilakukan jika Anda memiliki indikasinya. Suplemen arkavit bisa digunakan untuk orang dewasa yang sedang sakit atau orang yang baru saja sembuh dari penyakit tertentu.

Selain itu, arkavit biasa atau arkavit C juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

Arkavit juga bisa digunakan pada orang yang mengalami kekurangan asupan vitamin B dan vitamin C. Namun, sebaiknya pemakaian arkavit dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dokter agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kontraindikasi Arkavit

Pada dasarnya, suplemen arkavit tidak memiliki kontraindikasi karena merupakan suplemen yang hanya terdiri dari kandungan vitamin sehingga cenderung aman dikonsumsi.

Peringatan Penggunaan Arkavit

Meskipun obat arkavit tidak dikontraindikasikan dengan apa pun, tetapi Anda juga perlu berhati-hati sebelum menggunakan arkavit. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan arkavit guna memastikan Anda tidak memiliki hipersensitivitas terhadap arkavit.

Selain itu, pemberian vitamin arkavit sebaiknya tidak dilakukan pada anak-anak tanpa adanya rekomendasi dari dokter spesialis anak. Selain itu, penggunaan obat arkavit juga tidak dilakukan jika Anda sedang menjalankan terapi obat tertentu.

Konsultasikanlah dengan dokter mengenai hal tersebut dan beri tahu semua jenis obat herbal, obat medis, dan suplemen yang pernah, sedang, dan akan Anda jalankan. Ini bertujuan agar Anda tidak mengalami efek samping obat Arkavit yang merugikan kesehatan tubuh.

Penggunaan arkavit harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang lebih banyak. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam arkavit biasa dan arkavit C merupakan vitamin B dan vitamin C yang merupakan vitamin larut air.

Dosis Arkavit

Dosis arkavit adalah 1-2 kaplet per hari bagi orang dewasa. Ikutilah dosis arkavit yang dianjurkan dokter jika berbeda dengan dosis tersebut.

Efek Samping Obat Arkavit

Penggunaan arkavit biasa ataupun arkavit C cenderung aman karena merupakan suplemen vitamin B dan vitamin C. Ini membuat obat arkavit relatif tidak mengakibatkan efek samping yang membahayakan.

Namun, Anda juga perlu tahu bahwa efek samping obat arkavit yang mungkin timbul seperti peningkatan jumlah urin karena Anda disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air. Reaksi alergi bisa muncul jika Anda memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan arkavit.

Harga Arkavit

Harga obat arkavit biasa dengan arkavit C memiliki perbedaan. Perbedaan harga tersebut didasarkan pada jenis dan jumlah kandungan arkavit C lebih lengkap daripada vitamin arkavit biasa.

Obat arkavit biasa dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp300 hingga Rp700 per kaplet. Hal ini berbeda pada harga obat arkavit C yang berada pada kisaran Rp500-1.000 per kaplet.

Mungkin saja, Anda bisa mendapatkan arkavit biasa atau arkavit C dengan selisih harga yang lebih murah atau lebih mahal tergantung pada ketentuan penjual. Pembelian vitamin arkavit dalam jumlah banyak cenderung mendapatkan harga yang lebih murah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi