Mahasiswa UGM Buat Obat Anti Kanker dari Kaki Seribu

kaki_seribu_kanker_doktersehat_1
Photo Source: imexplore.files.wordpress.com

DokterSehat.Com– Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 lalu, korban meninggal akibat kanker di Indonesia mencapai 8,2 juta orang. Dari jumlah ini, kasus kanker payudara menjadi yang paling banyak menyebabkan kematian dengan total 12,90 persen kasus. Yang menjadi masalah adalah, berbagai pengobatan seperti kemoterapi dianggap kurang efektif untuk menyelamatkan nyawa penderita kanker payudara.

Dilansir dari ugm.ac.id, tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bernama Gemilang Sekar Hapsari, Alya Lulu’ah, serta Firda Ridhayani bersama dengan bimbingan drh. Retno Murwanti, MP PhD mencoba untuk mencari obat anti kanker yang dibuat dari serangga yang dianggap menjijikkan oleh banyak orang; kaki seribu.

Sekar menyebutkan bahwa kandungan para benzoquinone dalam kaki seribu diduga memiliki kandungan anti kanker. Kandungan ini diduga mampu memicu apoptosis atau kematian sel, khususnya sel kanker secara stimultan.

Ketiga mahasiswa ini kemudian mencari kaki seribu yang ada di kawasan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah. Kaki seribu ini kemudian diekstrak dengan etanol 96 persen. Setelah melakukan penelitian dengan lebih mendalam, dihasilkan fakta bahwa kaki seribu memiliki kandungan benzoquinone yang mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara hingga 50 persen.

Penelitian lebih mendalam akan dilakukan oleh para mahasiswa ini. Diharapkan, dapat ditemukan obat anti kanker yang bisa menolong penderita kanker, khususnya kanker payudara yang memang dikenal luas sangat mematikan di masa depan.

Untuk saat ini, penderita kanker payudara mau tidak mau harus rutin memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter dan menjalani berbagai terapi yang diperlukan seperti kemoterapi demi mendapatkan kesembuhan.