Terbit: 10 September 2018 | Diperbarui: 12 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ambeven obat apa? Ambeven adalah obat yang digunakan untuk mengobati sakit wasir atau hemoroid. Komposisi obat ambeven adalah komposisi yang menggunakan bahan-bahan tradisional. Meskipun berbahan tradisional tetapi obat ambeven dikemas secara modern dan praktis.

obat-ambeven-doktersehat

Perlu diketahui, sebelum mendapat penjelasan mengenai obat ambeven, terdapat 2 jenis wasir yang harus Anda tahu. Wasir internal yang terletak di dalam anus dan wasir eksternal yang muncul di bawah kulit sekitar anus. Meski wasir internal terletak di dalam anus, wasir  ini juga bisa menonjol keluar melalui lubang anus.

Mengenal Obat Ambeven

Baca lebih lanjut untuk mengetahui tentang komposisi, indikasi, kontraindikasi, bentuk sediaan, manfaat ambeven, dosis, dan efek samping obat ambeven.

  • Nama: Ambeven
  • Kelas Terapi:  Hemoroid
  • Monografi Obat: Burnet, Coleus Atropurpureus, Curcuma Heyneana, Graptophyllum Pictum, Kaempferia Angustifolia, Rubia Cordifolia, dan Sophora Japonica.

Komposisi Ambeven

Ambeven kapsul mengandung :

  • Graptopyllum pictum – folia 30%
  • Sophora japonica – flos 15%
  • Rubia cordifolia – radix 15%
  • Coleus artropurpureus – folia 10%
  • Sanguisorba officinalis – radix 10%
  • Kaempferia angustifolia – rhizoma 10%
  • Curcuma heyneana – rhizoma 10%

Indikasi Ambeven

Indikasi obat ambeven adalah adanya penyakit hemoroid atau yang biasa dikenal dengan wasir atau ambeien. Obat ambeven dipakai pada pengobatan wasir baik wasir internal maupun wasir eksternal.

Wasir internal terletak di dalam anus dan wasir eksternal yang muncul di bawah kulit sekitar anus. Meski wasir internal terletak di dalam anus, wasir ini juga bisa menonjol keluar melalui lubang anus.

Kedua jenis wasir ini memiliki gejala yang hampir sama yakni berupa gejala rasa nyeri. Selain itu, baik wasir internal maupun wasir eksternal sama-sama mengalami pembengkakan dan bisa terjadi pendarahan pada kasus wasir atau hemoroid yang lebih parah.

Benjolan yang biasa muncul pada saat mengalami wasir akan membuat rasa sakit dan nyeri pada bagian tersebut. Apabila tidak melakukan pengobatan apapun untuk wasir yang Anda alami, benjolan tersebut bisa terinfeksi.

Sementara itu, obat ambeven kapsul dapat digunakan untuk mengatasi wasir yang ada di dalam dubur. Wasir ini dapat dihilangkan atau dikecilkan dengan menggunakan obat ambeven. Bahkan, obat ambeven kapsul mampu menghilangkan gejala penyerta lainnya seperti bengkak, rasa nyeri, serta mencegah timbulnya darah di daerah dubur.

Selain penggunaan obat ambeven, perawatan yang lebih invasif kadang-kadang juga diperlukan. Perawatan ini tergantung kepada letak wasir. Apakah wasir berada di atas, di bawah, atau pada dentate line (garis dentate). Garis dentate adalah area yang membagi dua pertiga bagian atas dari sepertiga saluran anus bagian bawah.

Penanganan tanpa operasi pada wasir akan sangat menyakitkan jika wasir tumbuh pada atau di bawah garis dentate, karena saraf pada area itu bisa mendeteksi rasa sakit. Jika hal ini terjadi, operasi wasir akan disarankan untuk dilakukan.

Kontraindikasi Ambeven

Obat ambeven memiliki beberapa informasi terkait kontraindikasi. Para penderita wasir memang membutuhkan obat ambeven untuk mengobati penyakir wasir yang sedang dideritanya. Akan tetapi, tidak semua penderita wasir bisa langsung minum obat ambeven.

Setiap penderita wasir yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap salah satu atau beberapa komposisi obat yang ada di dalam obat ambeven tidak bisa memakai obat ini untuk mengobati penyakit wasirnya.

Selain itu, penderita wasir yang diketahui memiliki riwayat alergi terhadap obat ambeven atau komponen obatnya yaitu Kaempferia angustifolia, Rubia cordifolia, Graptopyllum pictum, Sophora japonica, Coleus artropurpureus, Curcuma heyneana dan Sanguisorba officinalis, sebaiknya menghindari penggunaan obat ini.

Mungkin dokter akan memberikan solusi lain baik dengan obat alternatif atau tindakan alternatif yakni seperti operasi. Hal ini memberikan solusi yang lebih aman bagi Anda untuk mengatasi penyakit hemoroid.

Selain itu, obat ambeven sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para wanita yang sedang hamil dan menyusui. Meskipun memiliki komposisi ramuan tradisional, bahan-bahan alami yang ada di dalam obat ambeven memiliki risiko bagi janin dan memengaruhi air susu ibu (ASI). Apabila ingin diberikan kepada anak-anak, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Bentuk Sediaan Ambeven

Bentuk sediaan obat ambeven adalah berbentuk kapsul. Kapsul obat ambeven berwarna ungu tua. Obat ambeven tersedia dalam kemasan isi 10 kapsul. Simpanlah obat ambeven di tempat sejuk dan kering agar isinya tidak mengalami kerusakan.

Manfaat Ambeven

Manfaat obat ambeven berguna untuk mengobati gejala penyakit wasir, seperti rasa sakit, pembengkakan pada bagian anus yang terdapat benjolan, dan pendarahan yang mengalir akibat benjolan wasir.

Obat ambeven yang diminum sesuai dosis dan diminum secara teratur bisa mengecilkan benjolan ambeien. Selain itu, manfaat ambeven lainnya adalah tidak hanya untuk mengecilkan benjolan wasir saja melainkan juga bisa untuk menghilangkan benjolan ambeien.

Dosis Ambeven

Obat ambeven tidak bisa dikonsumsi sembarangan dalam hal dosis. Minulah obat ambeven sesuai dengan anjuran dokter atau rekomendasi dosis yang ada di dalam kemasan. Janganlah meminum obat ambeven sampai melebihi dosis karena bisa terjadi overdosis. Hal tersebut bisa membahayakan nyawa Anda.

Dosis ambeven untuk tujuan pengobatan adalah 2 kapsul untuk setiap kali minum dan minumlah untuk 3 kali sehari. Jadi, dosis ambeven adalah 2 kapsul x 3 kali sehari. Apabila tujuannya pemeliharaan makan dosis ambeven menjadi turun yaitu 1 kapsul x 3 kali sehari.

Efek Samping Ambeven

Hampir semua obat memiliki efek samping mulai dari tingkat ringan sampai pada yang berat. Tentunya efek samping ambeven sudah pasti ada bagi penderita wasir yang hipersensitivitas pada kandungan obat ambeien. Efek samping ambeven pada kasus hipersensitivitas atau alergi adalah muncul tanda-tanda alergi.

Selain itu, efek samping yang ada juga bisa terjadi karena overdosis dan memiliki tanda-tanda yang lebih berbahaya sebagai efek samping ambeven. Segeralah hubungi dokter Anda apabila Anda memiliki gejala seperti, mata, wajah, dan dada mengalami pembengkakan, gatal-gatal, sakit kepala, dan mual.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi