Obat Alternatif Untuk Kesehatan

doktersehat-drugs-obat-kotrasepsi-arginine-obat-palsu

DokterSehat.Com– Setiap manusia ingin hidup sehat sehingga mereka mengkonsumsi vitamin dan obat-obatan (terutama pada keadaan sakit). Jika mengkonsumsi obat dari dokter saya tidak bisa berkomentar karena itu adalah sesuatu yang wajib bila ingin sembuh atau sehat. Seringkali kita mengkonsumsi hal lain yang dipercaya dapat menjadikan hidup lebih sehat seperti obat paten Tiongkok atau tumbuhan obat yang dipercaya membantu penyembuhan. Untuk obat umum dan multivitamin untuk sementara saya tidak bahas.

Tahu tidak mengapa saya sebut obat paten Tiongkok terlebih dahulu baru tumbuhan obat Indonesia yang dipercaya untuk penyembuhan? Obat patent Tiongkok bukanlah obat alternatif karena mereka pasti telah melakukan ujian klinis sehingga dapat dipercaya khasiatnya. Akan tetapi untuk tumbuhan obat Indonesia, digunakan karena dipercaya turun-temurun dan belum teruji secara klinis. Sebagai informasi tumbuhan obat Indonesia adalah yang terlengkap ke-2 di dunia setelah Brazil tapi komoditasnya sangat kecil sekitar 3.6% di dunia, 10% di Asia di bawah Tiongkok.

Siapakah yang perlu disalahkan? Kekayaan alam yang tak pernah dimamfaatkan karena manusia yang tak pernah mau belajar dan mencari sesuatu yang baru. Btw berikut adalah beberapa informasi tentang tumbuhan obat Indonesia dan obat patent terobosan Tiongkok. O yah setiap obat pasti ada aturan penggunaan dan efek sampingnya, tapi untuk saat ini saya hanya menginformasikan khasiatnya saja.

Tumbuhan obat unggulan Indonesia:

  • Bratawali (Tinospora crispa miers) memiliki khasiat anti piretik, analgesik, tonikum, obat sakit perut, sakit kuning dan sakit kulit.
  • Cabe Jawa (Piper retrofractum vahl) berkhasiat sebagai anti piretik, analgesik, stimulan, diaforetik, karminatif, obat gosok.
  • Jati Belanda (Guazuma ulmifolia L) untuk karminatif, obat batuk, encok, asma, pelangsing tubuh.
  • Kaki kuda (Cetella asiatica L) untuk diuretik, anti piretik, anti infeksi, anti toksik, obat asma.
  • Keji Beling (Sericocalyx crispus L) berkhasiat sebagai diuretik, obat disentri, wasir.
  • Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus BL) memiliki khasiat diuretik, anti inflamasi, obat batu ginjal dan encok.
  • Meniran (Phylanthus niruri L) memiliki khasiat diuretik, anti piretik, anti bakteri, anti hepatotosik, anti diare, obat sariawan mulut.
  • Salam (Syzygium polyanthum walp) untuk obat mencret, adstringen
  • Sambiloto (Andrographis paniculata nees) khasiat diuretik, anti piretik, anti biotik, anti radang, obat sakit perut, typhus, gatal, kencing manis, kena racun.
  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza roxb) untuk anti inflamasi, anti hepatotosik, anti radang, obat empedu, sembelit, wasir, diare.